Banyaknya produk perawatan wajah yang ada di pasaran seringkali bikin kita bingung dan jadi nggak tahu manfaat spesifik dari produk tersebut. Lalu banyak yang asal coba saja, tanpa tahu apa kegunaannya. Nggak terkecuali para pengguna toner yang masih awam. Karena masih coba-coba, pakainya pun jadi ‘bolong-bolong’, manfaat toner-nya kan jadi nggak teraplikasi sempurna~

Meski berbasis air, toner memiliki kandungan bahan-bahan aktif yang membantu mengatasi masalah kulit secara spesifik. Jika digunakan dengan benar, lambat-laun kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari jerawat. Hipwee Tips sudah merangkum beberapa manfaat toner yang mungkin belum kamu tahu. Cek yuk ulasannya!

1. Toner wajah dapat membantu menyeimbangkan pH atau potensi hidrogen pada kulitmu

menyeimbangkan PH via solo.tribunnews.com

Advertisement

Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral. Nah, toner ini akan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit wajah. Wajahmu jadi terhindar dari minyak dan infeksi sehingga lebih cerah dan halus.

2. Toner juga bisa membantu menghilangkan racun-racun dari polusi dan sisa-sisa kimia yang mengendap di kulitmu lo!

menghilangkan racun via www.cleanandclear.co.id

Racun lingkungan seperti asap, kabut, dan residu kimia lainnya bisa dihilangkan dengan toner. Kalau kamu rutin pakai toner, wajah akan tampak lebih cerah dan sehat. Jangka panjangnya, menggunakan toner juga akan membantu menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan mengurangi keriput.

3. Kadar minyak berlebih pada wajah dapat menyumbat pori-pori. Toner akan membuat pori di wajahmu tampak lebih kecil

mengecilkan pori-pori via kawaiibeautyjapan.com

Pori-pori wajah yang besar biasanya memungkinkan lebih banyak kotoran, minyak, dan racun yang masuk di wajah. Toner dipercaya dapat mengencangkan pori-pori wajah, sehingga wajah pun akan lebih terlindungi dari kotoran dan racun dari lingkungan.

4. Dengan rutin memakai toner, jerawat  di wajahmu akan cepat hilang dan mencegahnya supaya nggak menimbulkan bekas

menghilangkan jerawat via www.kepogaul.com

Advertisement

Munculnya jerawat akan membuat wajah tampak lebih kusam, belum lagi bekas jerawat yang biasanya menggangu penampilan. Nah, dengan menggunakan toner, kamu bisa mencegah timbulnya jerawat di wajah. Toner akan  menghapus penumpukan minyak, residu, dan sel-sel kulit mati yang bikin kulit rentan berjerawat.

5. Toner dapat menghidrasi dengan memberikan asupan air yang cukup bagi kulit wajah

menghidrasi kulit via www.suara.com

Asupan air yang cukup sangat penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembapan pada kulit wajah. Jika kulit wajah terhidrasi dengan tepat, otomatis kamu pun akan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit. Kalau kulit wajahmu halus dan bebas keriput, kosmetik apa pun jadi lebih mudah teraplikasi, kan?

6. Selain untuk menghidrasi, toner juga dipercaya dapat memberikan lapisan yang baik untuk menjaga kelembaban kulitmu

melapisi kulit via www.wanita.me

Kulit yang terhidrasi akan membentuk lapisan luar yang terproteksi terhadap serangan buruk seperti  seperti radikal bebas dan paparan sinar matahari. Dengan toner, kulit jadi lebih tahan dan nggak rentan terhadap kerusakan lingkungan. Pastikan untuk menggunakan toner terlebih dahulu setiap sebelum menggunakan pelembap atau serum. Karena kondisi kulit yang lembap lebih mudah menyerap kandungan dalam produk perawatan.

Sekarang kamu jadi tahu kan alasan kenapa perlu rutin menggunakan toner setelah mencuci wajah? Sebelum menggunakannya, pilihlah toner yang kandungannya disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya