9 Resep Masakan Jepang ini Lezat dan Gampang Banget Dibuat. Daripada Beli Mending Masak Sendiri

Masakan Jepang

Selain makanan Korea, masakan Jepang pun akrab di lidah orang Indonesia lo. Tak sedikit orang yang menjadikan sushi sebagai makanan Jepang favorit. Selain itu, masakan Jepang dari ikan mentah seperti sashimi pun digilai lantaran rasanya yang lezat. Kalau pengin yang hangat, masakan Jepang berkuah bisa jadi pilihan yang menggugah selera. Berasal dari luar negeri, cara memasak makanan Jepang kurang familier untuk orang awam. Makanya tak banyak orang yang bisa memasaknya. Padahal ada makanan yang Jepang yang mudah dibuat.

Advertisement

Alih-alih membeli masakan Jepang di restoran, bagaimana kala buat sendiri aja? Selain irit, SoHip pun bisa menyesuaikan bahan masakannya dengan selera. Yuk, intip aja resep masakan Jepang praktis di bawah ini!

1. Menjadi makanan Jepang yang mudah dibuat di rumah, onigiri cuma butuh 3 bahan utama aja

Onigiri | Photo by sayama via pixabay.com

Nasi kepal ala Jepang ini disebut onigiri. Dengan tiga bahan utama saja, kamu sudah bisa membuat onigiri lezat. Berbahan dasar simpel dan cara memasak yang anti-ribet, onigiri cocok banget untuk SoHip yang pengin membuat bekal nih. Langkah pertama, siapkan 400 gram beras, wijen hitam, dan nori. Untuk isian, kamu bisa siapkan bahan-bahan ini:

  • 1 cup tuna suwir, boleh diganti dengan jenis ikan lainnya
  • 2-3 sdm mayonaise
  • 1/4 bawang bombay dicincang dan ditumis
  • 2 sdm kacang polong
  • 1 tangkai daun bawang yang sudah dicincang
  • lada dan garam
Advertisement

Setelah semua bahan tersedia, tanak beras hingga matang. Setelah itu, campurkan semua bahan isian. Bila nasi sudah matang sempurna, ambil dan isi nasi dengan semua bahan isian yang telah diracik. Kepalkan nasi sampai berbentuk segitiga. Sentuhan terakhir, bungkus nasi dengan nori dan taburi dengan wijen hitam. Mudah banget kan?

2. Pengin jajanan Jepang? Takoyaki bisa jadi andalan untuk pengganjal perut di saat kelaparan

Takoyaki | Photo by Pxhere via pxhere.com

Resep masakan Jepang halal dan mudah ini sebaiknya kamu jajal di rumah deh. Ketimbang beli takoyaki, kamu bisa memasaknya sendiri. Cocok banget nih untuk camilan atau jajanan pengganjal perut. Bahan-bahannya pun nggak susah, bisa didapatkan di toko terdekat. Bahan yang perlu disiapkan:

Advertisement
  • 100 gram terung terigu
  • 2 buah gurita yang dipotong kecil
  • 340 ml air/susu cair
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt bawang putih yang dihalus
  • 1 butir telur
  • 1 daun bawang

Langkah-langkah membuatnya:

  • Haluskan semua bahan menjadi adonan, kecuali gurita, ya
  • Tuang adonan ke cetakan, lalu masukkan gurita
  • Balik adonan hingga berbentuk bulat. Tunggu sampai matang, takoyaki sudah siap dihidangkan.

3. Bikin tempura udang yang “kriuk” itu gampang kok, bisa dimasak di rumah

Tempura | Photo by Ally J via pixabay.com

Tanpa buku maskaan Jepang pun, kamu pasti bisa memasak tempura di rumah. Masakan Jepang dengan bahan dasar terigu ini diminati karena menawarkan rasa gurih dan renyah sekaligus. Biasanya tempura terbuat dari sayuran atau makanan laut yang dibalut adonan tepung terigu. Bahan yang diperlukan:

  • 200 gram udang besar, bisa diganti bahan lain
  • Minyak goreng secukupnya
  • 250 ml air es
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gram tepung maizena
  • 1 butir telur ayam

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan celupan, kecuali udang dan minyak goreng
  • Celupkan udang ke adonan, kkemudian goreng ke dalam minyak panas
  • Setelah matang, tiriskan dan hidangkan dengan mayones atau saus

4. Memiliki cita rasa manis, dorayaki cocok untuk camilan di rumah

Dorayaki | photo by Hiroshi Yoshinaga via www.flickr.com

Kalau bosan dengan makanan yang gurih, ada baiknya menjajal dorayaki. Nggak perlu beli, kamu bisa membuatnya di rumah lo. Bahan-bahannya meliputi:

  • 130 gram tepung terigu protein tinggi
  • 80 gram gula halus
  • 50 ml air
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdt soda kue
  • selai aneka rasa sesuai selera

Langkah awal kocok telur terlebih dahulu. Lalu tambahkan gula halus, madu, tepung terigu, soda kue, dan air. Aduk halus adonan dan diamkan selama 10 menit. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Kemudian tuangkan adonan dorayaki dan masak hingga berpori. Jangan lupa dibalik dan isi dengan selai.

5. Makan sehat ala orang Jepang dengan Japanese salad. Bisa jadi pilihan buat kamu yang pengin diet dan hemat

Japanese salad | Photo by louis chan via www.flickr.com

Jepang memiliki masakan salad sendiri yang disebut Japanese salad. Masakan ini pas banget buat kamu yang sedang menjalani program diet. Karena bisa dimasak dengan mudah di rumah, kamu pun bisa hemat. Bahan-bahan yang harus disediakan:

  • 1 buah mentimun Jepang, 1 buah tomat. Kedunya diiris tipis
  • 100 gram selada, 2 lembar nori
  • Bahan saus meliputi: 3 sdm rice vinegar, 1 sdm minyak wijen, 1 sdm kecap Jepang, 1 sdt gula pasir, 1 sdt jahe parut

Setelah bahan-bahan ada, campuran mentiman, tomat, selada dan nori. Aduk rata lalu simpan ke dalam lemari es. Kemudian buat adonan sausnya. Sajikan salad dengan siraman suus dan taburan wijen. Hmm, lezat~

6. Cara mudah membuat sushi di rumah. Nggak banyak bahan tapi dijamin bikin perut kenyang

sushi | photo by Bernadette Wurzinger via pixabay.com

Siapa bilang nggak bisa membuat sushi sendiri di rumah? Kamu cuma menyiapkan bahan-bahan:

  • 2 lembar nori
  • 200 gram nasi pulen
  • 2 lembar telur dadar
  • 5 sendok makan mayones
  • 1 buah mentimun
  • 1 buah alpukat
  • 8 potong crab stick
  • 2 sdm saus dan 1 sdm cuka

Cara membuatnya sangat gampang. Taruhlah selembar nori di tatakan bambu, kemudian letakkan nasi pulen. Oleskan mayones dan susun bahan isian. Biar lebih berbumbu, tambahkan saus, ya. Kemudian tinggal digulung dan dipotong-potong.

7. Sup miso, resep masakan Jepang berkuah yang nggak bikin ribet di dapur nih

Sup miso | Credit: cathykid from Taiwan台北市 鰻料理 – 魚心, CC BY 2.0 via commons.wikimedia.org

Untuk membat sup miso, kamu hanya membutuhkan bahan:

  • 1 liter air
  • 1 bawang bombai
  • 3 sdm miso
  • 1 sdt dashi bubuk
  • 50 gram kacang polong
  • 150 gram tahu sutera
  • 5 buah jamur shiitake
  • 2 batang daun bawang

Langkah memasak yang pertama, didihkan air dan masukkan bawang bombai, miso, dan dashi. Setelah itu masukkan sisa bahan lainnya. Hanya sebentar, masak 5 menit saja.

8. Masakan Jepang dari daging sapi, beef teriyaki yang bisa kamu bikin di rumah. Mudah kok proses masaknya

Beef teriyaki | Photo by ALFONSO CHARLES via pixabay.com

Bikin beef teriyaki kayak di restoran itu nggak terlalu susah lo. Bahan-bahan yang disiapkan:

  • 300 gram daging sukiyaki
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 buah bawang bombai
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah paprika hijau
  • 1 sdmwijen
  • bahan perendam: 4 sdm kecap jepang, 1 sdt merica bubuk, 2 cm jahe, 2 sdt gula pasir, 2 sdt wijen

Sebelum masuk ke maskan inti, campurkan dulu bumbu perendam. Setelah itu masukkan sukiyaki dan diamkan seam 30 jam. Kemudian tumis bawang bomba dan bawang putih. Masukkan daging dan bahan perendam. Masak hingga berubah warna. Jadi deh, jangan lupa taburi dengan wijen.

9. Satu lagi makanan Jepang berkuah yang sedap. Shabu-shabu, hidangan hangat di rumah saat hujan

Shabu-shabu | photo by lnain336 via pixabay.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gram daging sapi
  • 200 gram sawi putih
  • 10 buah jamur shiitake
  • 1 buah tahu sutra
  • 2 sdmminyak goreng
  • 5 lembar daun jeruk
  • perasan 1 jeruk nipis
  • garam dan gula
  • Bumbu halus: 6 buah cabai merah, 3 siung bawang putih, 2 cm jahe

Pertama, tumis bumbu dan daun jeruk. lalu masukkan tumisan bumbu ke dalam air mendidih. Tambahkan daging sapi, sawi, jamur shiitake, tahu sutra, garam, dan gula. Masak hingga matang dan hidangkan dengan air jeruk nipis.

Nah itu dia resep masakan Jepang yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE