Menjaga berat badan tetap ideal bukan hal yang sederhana. Apalagi kalau badan kita termasuk yang “sensitif” pada asupan makanan dan cepat melar. Tapi tenang, ada banyak hal kok yang bisa kamu lakukan supaya berat badanmu tetap berada di angka yang seharusnya. Selain olahraga, perhatikan pula piring makan kita. Menu sehat harus senantiasa mampir di atasnya.

Kebiasaan mengkonsumsi sarapan sehat akan membantumu menstabilkan berat. Nah, simak yuk sarapan apa saja yang bisa kamu buat!

1. Tak perlu repot-repot meracik bumbu. Menu teh hijau + telur rebus + potongan apel ini akan menjaga berat badanmu

Telur rebus

Telur rebus plus sedikit merica. Jangan lupa apelnya! via www.acozykitchen.com

Advertisement

Resep sarapan SATU ini cara membuatnya mudah sekali. Pertama-tama, cukup seduh segelas teh hijau tanpa gula. Untuk makanannya, rebus 2 butir telur. Sebagai penutup potong-potonglah 1 buah apel merah. Gampang ‘kan?

Menu sehat ini mengandung kira-kira 135-240 kalori, 7-14 gram protein, dan 4,5-8 gram serat. Dijamin perutmu tetap kenyang sampai waktu makan siang.

2. Kata siapa menjaga berat badan itu menyiksa? Bikin aja peanut butter sandwich yang gak bohong lezatnya

Peanut butter and jelly

Peanut butter and jelly via www.huffingtonpost.com

Peanut butter atau selai kacang memang berlemak, tapi lemak yang dimaksud di sini adalah lemak baik. Jadi jangan khawatir: memakan peanut butter sandwich untuk sarapan nggak akan bikin kamu bertambah tambun, kok. Jika dimakan secara wajar (maksimal 4 sendok makan untuk cewek dan 6 sendok makan untuk cowok), peanut butter justru bisa membantu menjaga berat badan kita. Demikian menurut riset tahun 2001 dari International Journal of Obesity.

Advertisement

Memakan satu tangkup peanut butter sandwich untuk sarapan adalah cara yang mudah untuk menjaga berat badan. Kamu cuma tinggal mengoles peanut butter ke atas roti, dan habiskan deh. Di atas peanut butter kamu juga bisa mengoles sedikit selai buah. Jadi deh jelly and peanut butter sandwich yang lezat!

3. Tinggalkan dulu sarapan ala Indonesia. Santap potongan buah campur yogurt kalau mau tubuh tetap terjaga

Sarapan ala Indonesia nggak cuma terlalu berat buat perut, tapi juga bisa bikin lemak makin menumpuk. Soto ayam, nasi goreng, gudeg atau mie instan seharusnya disantap saat makan siang saja. Ketika tubuh baru bangun dari tidur dan “berpuasa” semalaman, seharusnya kita memberinya makan yang bergizi tapi ringan.

Nah — salah satu menu makanan yang bergizi, ringan, bisa menjaga berat, dan mudah dibuat adalah potongan buah campur plain yogurt. Kamu tinggal membeli plain yogurt di minimarket dan memakannya dengan potongan buah pisang, stroberi, mangga, atau pepaya. Yumm! Kalau mau “naik level”, kamu juga bisa membuat resep strawberry, mint and yogurt parfait seperti di atas. Begini caranya:

Yang kamu butuhkan:

  • 6 buah stroberi, dipotong-potong
  • 1 sendok makan air
  • 1 sendok makan daun mint, dipotong kecil-kecil
  • 200 ml plain yogurt 
  • 2 genggam sereal granola (kalau ada)

Cara membuatnya:

  1. Masukkan semua buah stroberi yang sudah dipotong-potong ke dalam panci. Masukkan juga 1 sendok makan air ke dalamnya. Didihkan selama 5 menit sampai sedikit mencair dan muncul gelembung di permukaan panci
  2. Matikan api. Tambahkan 1 sendok makan daun mint ke dalam panci
  3. Masukkan setengah yogurtmu ke dalam gelas, disusul granola, disusul juga stroberi plus mint yang baru kamu masak. Tutup bagian atasnya dengan sisa yogurt yang ada. Hias dengan daun mint dan buah stroberi utuh. Voila! Sarapan sehatmu untuk hari ini sudah jadi.

4. Malas sarapan pagi-pagi? Kalau iya, isi saja perutmu dengan Banana Breakfast Smoothie ini

Banana smoothie

Banana smoothie via www.callmefudge.com

Harus diakui, kadang kita malas sekali untuk sarapan pagi-pagi. Bangun tidur, rasanya ingin cepat-cepat mandi, ganti baju, lalu pergi ke kampus atau kantor. Tapi mengisi perut secara teratur itu penting untuk menjaga metabolisme, lho. Kalau sering bolos sarapan, metabolismemu bisa terganggu dan lemak jadi bertumpuk.

Supaya hal macam ini tak terjadi, saat malas sarapan kamu bisa membuat segelas Banana Breakfast Smoothie. Yang kamu butuhkan adalah:

  • 120 ml susu rendah lemak
  • es batu, hancurkan
  • 1 sendok makan madu
  • 2 jumput kacang mete, potong kecil-kecil
  • 1 buah pisang matang, sebelumnya dinginkan dulu di freezer
  • 120 ml plain yogurt

Campurkan semua bahan kecuali yogurt ke dalam blender, lalu blender selama 2 menit sampai halus. Tambahkan yogurt, blender sampai semua bahan tercampur. Jadi deh!

Resep diolah dari Myrecipes.com.

Empat resep ini sudah menunggu untuk dicoba olehmu. Mana nih yang mau kamu bikin lebih dulu? 🙂

PS: Punya resep sarapan sehat yang bisa membantu menjaga berat badan? Boleh lho bagi-bagi di kolom komentar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya