Meningkatkan kemampuan diri sendiri sebenarnya nggak perlu dilakukan dengan berbagai cara ribet. Kamu nggak perlu ikut kursus atau mengambil course yang memakan waktu berjam-jam lamanya. Cukup dengan menyisihkan waktu untuk mengerjakan soal-soal latihan ini kecerdasanmu bakal terasah dengan sendirinya.

Nih…coba langsung kerjain aja ya!

1. Apa tujuan utama teks ini? Kamu cukup jeli nggak sama kata yang jarang terdengar di sini?

Melihat soal macam ini apakah kamu merasa harus membaca teks panjangnya? Udah males duluan karena banyak yang harus dibaca?

Soal macam ini dibuat untuk mengecek pemahamanmu terhadap sebuah keadaan. Kamu nggak perlu membaca semua teks kok untuk tahu konteksnya. Kuncinya adalah dengan memperhatikan bagian akhir paragraf yang biasanya jadi kesimpulan.  

Merasa menemukan kata aneh yang jarang kamu dengar? Nah, kamu juga mesti perhatian dengan hal ini. Catat dan temukan artinya biar kemampuan vocabulary-mu meningkat.

Sssst…ada lho cara untuk memecahkan soal Bahasa Inggris dengan mudah. Kamu bisa langsung mengeceknya di sini.

2. Latihan silogisme bisa mengasah logikamu. Jadi nggak asal lagi kalau berargumen

Rangga itu ganteng karena dia cool.

Nico cowok yang cool.

Maka, apakah Nico juga termasuk cowok ganteng?

Dalam berpendapat kadang kita merasa paling benar. Padahal fakta yang kita punya belum tentu saling mendukung. Nah biar nggak keki lagi kalau berpendapat coba deh latihan silogisme macam ini. Biar logikamu mulus sebelum berargumen.

3. Ada yang ingat fungsi jaringan kolenkim?

Clue: jaringan kolenkim adalah jaringan yang membuat tumbuhan bisa berdiri tegak. Jadi gak klemer-klemer gitu waktu berdiri

4. Maka nilai B adalah…..

Untuk mengerjakan soal ini kamu harus bisa menguasai cara penyelesaian persamaan kuadrat plus baris dan deret. Kalau nggak bisa ya udah lah bye-bye~

5. Menghitung massa dengan menggunakan persamaan

Iya. Hipwee juga clueless kok. Nih, Hipwee kasih caranya kalau memang udah mentok

6. Ayo coba kita hitung gaya geseknya sama-sama. Yang teliti ya!

Sekilas, kalau nggak teliti kita bisa saja langsung menghitung gaya geseknya saja. Padahal kalau mau lebih teliti begini nih yang akan kamu lakukan.

7. Gunakan kejadian yang terjadi di dunia nyata untuk memahami konsep-konsep geografi yang rumit. Daripada cuma menghapal kan?

8. Masih ingat cara menyelesaikan persamaan di grafik ini?

Setelah melihat 8 soal ini percayakah kamu kalau semua soal-soal ini adalah soal SBMPTN? Bahkan buat kamu yang masih SMA, udah mahasiswa, atau udah kerja ternyata soal SBMPTN bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecerdasanmu.

Pertanyaannya, gimana bisa menemukan soal-soal SBMPTN dan menemukan tutorial untuk menemukan jawabannya? Sebenarnya simpel dan gampang kok. Sekarang ada Quipper Video yang bisa memberimu panduan untuk menyelesaikan soal-soal SBMPTN di mana saja. Lewat Quipper Video kamu bisa mengakses semua soal latihan SBMPTN di. Pembelajarannya menyenangkan, kamu juga akan dibimbing oleh tutor profesional dan berpengalaman.