Media sosial menjadi dunia baru yang bisa kamu perlakukan layaknya dunia nyata. Di layar televisi, kamu bisa melihat selebriti-selebriti yang punya banyak penggemar. Nah, di dunia maya, kamu bisa menemukan selebtwit dan selebgram yang followersnya menjadi puluhan ribu.

Banyaknya followers di dunia maya ini bisa membawa banyak keuntungan tentu. Mulai dari popularitas yang tak ubahnya seperti artis layar kaca, bisa juga menjadi kesempatanmu mencari uang. Tapi menjadi populer di dunia maya juga tidak sembarangan. Ada usaha-usaha yang harus kamu lakukan.

Nah, untukmu yang ingin jadi selebritis di dunia maya, Hipwee akan kasih tahu caranya. Kini, followers puluhan ribu bukan mustahil lagi!

1. Buat tipe posting-an yang unik dan otentik. Kalau nggak bisa bermanfaat, yang alay dan konyol pun tak mengapa

Tatank Galaw 🙁 via ask.fm

Kamu pasti tahu bahwa Indonesia termasuk Negara yang paling aktif menggunakan media sosial. Mulai dari anak SD sampai orang-orang tua semua memakai media sosial. Untuk menarik perhatian netizen yang berjuta-juta itu, tentunya kamu harus memberikan satu konten yang unik. Buatlat posting-an yang khas dan otentik.

Advertisement

Kamu bisa mencontoh akun-akun edukatif seperti @GNFI atau akun informatif lainnya. Kalau kamu tidak bisa menjadi akun yang bermanfaat, jangan kecil hati. Kamu ingat akun di @dadang di twitter? Atau Tatank Galaw di Line? Yup, mereka terkenal karena kealayannya yang maksimal.

2. Ketenaran di mesia sosial bisa mengikuti prestasimu di dunia nyata. So, raihlah prestasi sebanyak-banyaknya!

Rio Haryanto via www.rioharyanto.com

Karena dunia maya adalah dunia kedua setiap orang, banyak orang yang populer di dunia nyata populer juga di dunia maya. Artis-artis layar kaca adalah contohnya. Orang-orang hebat di sekitarmu juga bisa menjadi buktinya. Karena itu, bila kamu ingin menjadi populer di dunia maya, buat saja prestasi sebanyak-banyaknya di dunia nyata. Dengan kecemerlangan hidupmu di dunia nyata, otomatis orang juga akan tertarik mengikuti kicauanmu di dunia maya. Wiih…

3. Jangan kudet alias kurang update. Ketahuilah berbagai informasi di luar sana, kamu pun harus belajar buat mendapatkannya

Jangan malas cari tahu via creativemarket.com

Salah satu kunci untuk menjadi terkenal di media sosial adalah pengetahuan yang luas. Yup, jangan dikira menjadi terkenal itu gampang saja. Kamu harus selalu update tentang isu-isu dunia, meski sebenarnya kamu tidak tertarik. Dengan luasnya wawasan yang kamu punya, kata ketinggalan zaman nggak pernah ada di kamusmu. Sehingga, bila ada obrolan yang hangat di media sosial, kamu bisa nimbrung dengan mudahnya. Kalau mencari informasi saja malas, ya jangan mimpi untuk menjadi terkenal!

4. Ikuti akun-akun komunitas yang terkenal, dan jangan lupa untuk aktif di sana. Dijamin followers-mu akan meningkat dengan segera

Ikuti komunitas via www.tumblr.com

Aktif di sebuah komunitas juga bisa membuat popularitasmu meningkat. Biasanya, orang cenderung akan mem-follow orang lain yang memiliki kegemaran yang sama. Niatnya tentu agar bisa saling berbagi pengalaman dan informasi. Berawal dari sana, kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Semakin aktif kamu di sebuah komunitas, kamu akan semakin banyak mendapatkan teman. Dan tentu saja, semakin banyak orang yang akan mengikuti akun media sosialmu. Lumayan ‘kan?

5. Kalau kamu sudah punya teman yang populer duluan, sering-sering mention dia. Nanti lama-lama orang akan melirikmu juga

Rajin mentionan sama teman yang sudah terkenal via sapiperjaka.wordpress.com

Dunia maya adalah dunia yang saling berkesinambungan. Ketika seseorang sudah populer, orang lain pasti tertarik untuk mengikuti kehidupannya. Termasuk orang-orang yang berinteraksi dengannya. Bila kamu punya sahabat yang sudah terkenal lebih dulu, kamu harus memanfaatkannya dengan baik. Istilahnya nebeng popularitas. Sering-seringlah ngobrol dengannya di media sosial, lama kelamaan followers-nya akan melirikmu juga.

Kalau kamu nggak punya teman yang terkenal, jangan sedih. Kamu bisa mem-follow banyak akun dan rajin meretweet atau memberikan jempol pada setiap postingan mereka. Buat mereka merasa berhutang budi, dan akhirnya balas memberikan jempol pada postinganmu juga. Dengan begitu, akunmu tersebar ke penjuru dunia. Yeaaay!

6. Kalau kamu ingin terkenal di instagram, jangan sekali-kali posting foto yang abal-abal. Meski hanya selfie, ada teorinya juga

Kuasai teknik selfie via appamatix.com

Untuk menjadi selebgram, tentunya kamu harus memberikan foto-foto yang unik dan membuat netizen melirik. Pertama-tama, pastinya kamu harus mengerti bagaimana sebuah foto yang baik dibuat. Jangan asal jeprat-jepret, karena meskipun hanya selfie, tetap ada teori-teori yang bisa kamu pelajari.

Selain itu, buatlah tema yang unik. Kalau kamu hobi jalan-jalan, posting saja foto-foto tempat unik yang kamu datangi. Nggak hanya artis kok yang fotonya bisa di-like oleh ribuan pengguna instagram. Asal kamu punya keunikan, kamu juga bisa menjadi selebgram.

7. Mintalah para olshop untuk mengendorse-mu secara gratis. Lumayan, namamu melambung berkat penjualan online 🙂

Fokusnya yang kanan, bukan kiri. via www.kaskus.co.id

Kalau kamu aktif di twitter, Instagram, atau Line, kamu tentu sering ketemu akun-akun anonim yang mempromosikan akun anonim lainnya. Nah, kamu bisa menempuh cara itu juga. Pilihlah satu akun yang sudah banyak pengikutnya, dan mintalah dia untuk meng-endorse akun milikmu. Biasanya memang ada biaya yang harus dikeluarkan. Tapi nggak apa-apa ‘kan? Siapa tahu setelah terkenal, kamu bisa mendulang uang dari akunmu yang fenomenal itu.

8. Sering-seringlah membuat pernyataan yang kontroversial, biar diajakin twitwar. Wahahahaha…

Sering-sering bikin sensasi via www.kapanlagi.com

Sensasi dan kontroversi adalah kunci utama untuk populer di dunia maya. Kamu tahu kan majelis dunia maya itu kejamnya seperti apa? Terkadang apa yang dikatakan tanpa sengaja bisa menjadi bahan bully-an yang tak reda-reda. Tapi nggak apa-apa, justru bagus untuk kamu yang ngebet jadi terkenal di sana.

Buat saja penyataan-pernyataan yang kontroversial dan siap-siap saja diajak twitwar. Semakain panas twitwar yang kamu lakukan, semakin mata netizen akan tertuju padamu. Tinggal tunggu waktu followers-mu menanjak terus sampai puluhan ribu.

Semakin banyak followers yang kamu dapatkan, semakin orang-orang memperhatikan apa saja yang kamu lakukan. Bukan nggak mungkin suatu saat nanti kamu benar-benar jadi artis dunia nyata. Ah, namanya juga usaha. Hehehehe… #migmeindonesia