Sebagai kaum hawa, kamu tentu udah nggak asing lagi sama catok rambut. Alat panas ini sanggup mengubah bentuk rambutmu dari lurus ke bergelombang, dan sebaliknya, dari bergelombang ke lurus. Rambutmu pun terlihat cantik dan rapi, siap dibawa nge-date atau menghadiri acara-acara resmi.

Karena ada banyak banget gaya yang bisa kamu coba dengan catok rambut ini, rugi kalau yang kamu bikin cuma gaya rambut yang itu-itu saja. Lihat deh 11 gaya yang sudah Hipwee kumpulkan di bawah ini. Istimewanya lagi, semua gaya ini bisa kamu praktikkan sendiri! Gak usah ke salon deh cuma buat dapat rambut yang indah.

1. Pakai catok, gak bisa asal. Sudahkah kamu tahu cara meluruskan rambut yang benar?

yang kamu tahu, pasti alat catok bikin rambut jadi lurus deh via lifestyle.dreamers.id

Yang kamu pasti tahu, alat catok bisa membuat rambutmu jadi lurus. Tapi, sudahkah kamu tahu cara meluruskan rambut yang benar?

Begini nih caranya. Pertama, siapkan sisir bergerigi rapat, heat protection spray, dan catok. Lalu mulai catok rambutmu dari bagian belakang kepala. Catok rambut secara horizontal dari sisi telinga kanan ke sisi telinga kiri.

Advertisement

Catoklah dengan sabar, jangan ambil terlalu banyak rambut dengan alat catokmu. Semprotkan heat protection spray, lalu sisir dengan lembut. Kemudian, casecara perlahan dari akar ke ujung rambut dengan kecepatan yang konstan. Saat mencatok ujung rambut, selipkan ujungnya ke arah dalam supaya hasilnya terlihat apik.

2. Rambutmu juga bisa cantik dengan kuncir kuda sederhana. Begini caranya!

Polished ponytail via www.cosmopolitan.co.uk

Punya rambut lurus, tapi mau kuncir kuda yang bergelombang? Gampang! Kumpulkan dulu semua rambutmu dengan kuncir, lalu ikat kuncir kuda. Setelah itu, ambil ujung rambutmu dan putar 180 derajat dengan alat catok ke arah yang berbeda-beda. Terakhir, semprotkan spray supaya tekstur kunciranmu tebal dan akarnya mengkilap.

3. Mau coba gaya rambut retro, nggak usah ke salon! Kamu juga bisa coba di rumah sendiri

Soft retro curls via www.hairromance.com

Coba deh praktikkan model yang satu ini. Pertama-tama, blow dry rambutmu. Balik catokan sehingga ujung bawahnya ada di atas. Ambil rambut dengan secara vertikal, tarik rambutmu ke arah bawah dan putar 360 derajat.

Sisir dengan jarimu setelah rambut mendingin. Jadi deh!

4. Model rambut ala grungy bends: sederhana tapi cantik

simple ‘kan? via www.cosmopolitan.co.uk

Ambil bagian rambutmu dengan catokan. Pegang catokan dengan arah vertikal, lalu putar ke kiri 45 derajat sehingga catokanmu miring diagonal. Tarik rambut ke bawah hingga tersisa 5 cm dan putar catok ke kiri 180 derajat, setelahnya biarkan beberapa menit. Ulangi cara tadi untuk tampilan rambutmu yang sempurna. Berikan pijat pada akar rambut juga ya. Kamu bisa tambahkan sea salt spray atau dry shampoo agar rambutmu terlihat lebih tebal dan kaku.

5. Mau coba rambut ikal lucu ala messy beach waves? Oke juga nih

messy beach waves via www.thewonderforest.com

Pegang catokmu secara vertikal, lalu ambil rambutmu dari daerah di dekat tulang pipi. Dengan tangan kanan, lingkarkan rambutmu mengelilingi catok rambut (kalau kamu tidak punya pengeriting rambut dan hanya punya alat catok yang meluruskan, lingkarkan rambutmu di salah satu “mulut buaya” catokan, lalu jepit). Setelah selesai, kamu bisa menata rambutmu menjadi ikal menggunakan jari-jari agar terlihat sedikit berantakan. Semprotkan dry shampoo atau salt spray untuk memberikan tekstur tebal pada rambut hasil catok. Hasilnya dijamin keren!

6. Coba yuk gaya rambut ikal yang agak kusut: crimped waves

Crimped waves via www.wildruffle.com

Pertama, kepang secara acak bagian rambut dari atas ke dekat ujung, sisakan 4-5 cm jarak dari akar. Semprotkan hairspray dan biarkan hingga kering. Gunakan catok seperti biasa pada bagian kepangan, lakukan beberapa kali dan biarkan sampai dingin ya. Setelahnya lepaskan kepangan dengan jari dan tata rambutmu sesuai keinginan.

7. Mau rambut pendek tapi nggak dipotong?  Coba gaya 20s faux bob deh

20s faux bob via www.cosmo.ph

Nggak selalu rambut bermodel pendek harus dipotong. Kalau kamu pintar menatanya dengan baik, kamu bisa mencoba model 20s faux bob. Kamu juga nggak perlu memotong rambut. Ikuti caranya yuk!

Mulailah dengan memposisikan catok secara horizontal. Mulai dari bagian pangkal rambut, jepit rambut dan gunakan catok seperti biasa sambil membentuk huruf “S” dengan bagian jepit yang pendek. Setelah selesai, putar menggunakan jari untuk mendapatkan hasil ikal yang sempurna. Sikat kembali rambutmu memakai paddle brush. Selesai deh!

8. Ada cara lebih cepat buat kamu yang mau berambut ikal biasa

yang udah gampang buat apa dibikin sulit? via www.zoepfeundmakeup.com

Kamu yang terburu-buru oleh waktu dan kesibukan, pastinya butuh kecepatan ekstra dalam beraktivitas. Walaupun terburu oleh waktu, kamu juga boleh dong tampil menawan. Kamu bisa menguncir tinggi rambutmu dan ikalkan menggunakan alat catok. Setelah ikal seluruh rambut dan terlihat bagus, lepaskan kuncirmu dan geleng-gelengkan kepala agar rambut terlihat menawan sesuai tatanan yang dinginkan.

Ternyata ada banyak cara membuat rambut indahmu semakin bergaya. Bisa vintage, retro, glamour, atau gaya sederhana yang masih terlihat menarik. Kalau kamu kreatif dan mau meluangkan waktu sedikit saja untuk bereksperimen dengan rambut, kamu bisa menggunakan alat catok ini. Penggunaannya mudah dan alatnya gampang dicari, terus kamu tunggu apa lagi? Langsung saja yuk praktikkan!