Model Meja Setrika yang Mempermudah Pekerjaan Rumah Tangga. Ada yang Bisa Masuk ke Laci Juga

Meja setrika

Menyetrika menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang akan selalu menanti, selama kamu nggak pakai jasa laundry. Untuk mendukung kegiatan menyetrika, tentu dibutuhkan meja setrika. Ketimbang menyetrika di lantai dan hanya beralaskan kain seadanya, menggunakan meja setrika akan membuat pakaian hasil setrika menjadi lebih sempurna — selain juga mempermudah pergerakan. Meja setrika sendiri punya mecam-macam jenis, ada yang kaki mejanya tinggi, meja setrika lipat, atau memiliki tempat khusus untuk meletakkan setrika.

Advertisement

Nah, sebelum membeli meja setrika laundry, ada baiknya perhatikan dulu tips-tips memilih meja setrika yang disesuaikan dengan kebutuhan berikut ini. Di dalam artikel ini, juga akan dibahas mengenai model-model meja setrika yang akan mempermudah pekerjaan rumah tangga sekaligus juga rekomendasi terbaiknya. Baca sampai habis, ya!

Tips memilih meja setrika yang sesuai dengan kebutuhan

1. Pertimbangkan tipe meja setrika

Secara umum, terdapat dua tipe meja setrika, yaitu meja setrika tipe duduk dan tipe berdiri. Dengan mengetahui karakteristik masing-masing tipe, kamu bisa memilih tipe yang paling tepat untuk digunakan.

Advertisement

Tipe duduk

meja setrika tipe duduk via www.bukalapak.com

Meja setrika duduk ini cukup praktis dan fleksibel karena bisa dipindah-pindah tempat. Pemasangannya nggak rumit dan pas dipakai olehmu yang mengutamakan kemudahan penggunaan. Kalau meja setrika dilengkapi dengan kaki pendek, kamu bisa menggunakannya berlesehan di lantai. Tapi kalau desainnya flat tanpa kaki, kamu bisa langsung meletakkannya di meja atau bisa juga di atas kasur.

Advertisement

Kekurangannya, meja setrika duduk seperti ini akan membuatmu cepat lelah saat menggunakannya. Permukaannya yang cenderung nggak begitu luas juga menyulitkanmu untuk menyetrika bagian-bagian detail pada pakaian. Karena itu, meja setrika duduk ini cocok digunakan untuk menyetrika sedikit pakaian dalam waktu yang singkat.

Tipe berdiri

meja setrika tipe berdiri via www.bukalapak.com

Dibandingkan meja setrika duduk, tipe meja setrika berdiri nggak akan bikin postur tubuhmu terlalu membungkuk saat menyetrika, sehingga nggak cepat pegal dan lelah jika harus menyetrika dalam waktu yang lama. Menggunakannya pun nggak harus berdiri, bisa juga sambil duduk di kursi. Tipe ini cocok digunakan untuk menyetrika dalam jumlah banyak.

Karena kaki mejanya lumayan panjang, kamu perlu tempat yang cukup luas untuk menempatkan meja setrika berdiri. Pilihlah meja setrika berdiri yang tingginya sedikit di bawah pinggang agar nyaman digunakan.

2. Pertimbangkan bentuk meja setrika

Meja setrika tersedia dalam beragam bentuk yang berbeda. Bentuk meja akan memengaruhi kemudahan saat menyetrika pakaian. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan, ya!

Boat type atau melingkar

boat type via my-best.id

Tipe melingkar ini paling banyak tersedia di Indonesia. Bentuk meja setrika ini punya kemiripan dengan kapal yang memiliki ujung segitiga menyempit dan membulat. Bentuk meja setrika ini cocok untuk menyetrika berbagai jenis pakaian seperti kemeja, rok, celana, dan sebagainya. Selain itu, area permukaan yang cukup lebar juga memungkinkanmu untuk menyetrika seprai dengan lebih mudah. Tentunya dengan teknik bergantian untuk menyetrika tiap sisinya, ya!

Human body type atau kotak

human body type via store.beforward.jp

Meja setrika ini memiliki bentuk seperti torso manusia. Bentuknya yang agak kotak cocok untuk menyetrika blus, kemeja, atau kaus. Kamu hanya perlu meletakkan pakaian di area yang menyerupai torso. Human body type ini pun bisa dengan mudah menarik dan menyetrika area yang membulat semisal bagian bahu. Juga dapat menggunakan area ujungnya untuk menyetrika kerah atau lengan baju. Dengan begitu, kamu akan tetap memperoleh hasil yang rapi meski belum terbiasa menyetrika.

3. Cek ada atau nggaknya sleeve board pada meja setrika

sleeve board via www.pinterest.com

Meja setrika yang dilengkapi sleeve board atau finish horse akan membuat kegiatan menyetrikamu menjadi lebih nyaman. Bagian ini merupakan tambahan pada meja setrika berupa meja kecil yang berfungsi untuk membantu menyetrika bagian yang melengkung pada pakaian misalnya lengan baju dan pundak. Ada produk tertentu yang sleeve board-nya bisa diputar atau dilepas sehingga area menyetrika lebih luas.

Tipe meja setrika seperti ini akan menghasilkan pakaian yang super rapi dan halus tanpa repot. Karenanya, meja setrika seperti ini cocok dijadikan meja setrika laundry.

4. Pilih meja setrika berdasarkan material lapisan penutupnya

lapisan penutup meja via store.thequiltshow.com

Kamu juga perlu mengecek material lapisan penutup pada meja setrika. Lapisan penutup berbahan aluminium merupakan konduktor panas yang baik sehingga dapat digunakan untuk menyetrika dengan lebih efisien. Meski material aluminium ini nggak bisa dicuci dan belum banyak beredar di Indonesia, tapi kamu bisa menyetrika dengan lebih cepat dengan meja setrika seperti ini.

Sedangkan material pelapis selain aluminium mudah dicuci saat kotor, desainnya juga beragam. Ada juga model meja setrika yang nggak dilengkapi lapisan penutup, tapi ketahanannya nggak akan bertahan lama.

5. Pastikan ukuran meja setrikanya pas

pastikan ukurannya via myplasticfreelife.com

Sesuaikan juga ukuran meja setrika dengan tempat tinggalmu. Nggak hanya dalam kondisi terpasang saat akan digunakan, tapi pertimbangkan juga kemudahan penyimpanannya. Meja setrika ukuran besar tentu akan memudahkanmu untuk menyetrika seprai atau kain besar lainnya, tapi juga membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup besar pula. Sedang meja setrika ukuran kecil, meski mudah penyimpanannya, tapi bakal menghabiskan waktu yang cukup lama dan nggak efisien saat menyetrika.

Kamu pun perlu mengetahui ketinggian meja setrika lipat saat dalam kondisi terpasang. Oleh karena itu, perhitungkan jenis pakaian yang sering disetrika serta space yang tersedia untuk memasang dan menyimpan meja tersebut.

Model-model meja setrika modern yang bisa jadi referensi pilihan

1. Meja setrika laci, bisa disembunyikan saat nggak dipakai. Gunakan meja setrika model lipat agar lebih mudah penyimpanannya

meja setrika laci via www.remodelista.com

2. Meja setrika kayu lipat seperti ini akan meminimalisir penggunaan tempat penyimpanan. Cara penggunaannya tinggal kamu buka dan lipat engselnya 

meja setrika kayu lipat via www.diynetwork.com

3. Meja setrika minimalis dengan storage ini terdapat roda yang memudahkanmu untuk memindahkan mejanya ke mana-mana. Di bagian bawahnya storage untuk menyimpan peralatan menyetrika atau menaruh pakaian yang akan disetrika

meja setrika portabel via www.k-bid.com

4. Agar rumahmu tampak luas, sediakan meja setrika yang bisa digantung di belakang pintu. Biasanya meja setrika seperti ini dilengkapi dengan kaki-kaki terpisah

meja setrika pintu via www.wayfair.com

5. Buatlah lemari khusus setrika agar nggak merepotkanmu menggeser-geser atau mengeset meja setrika setiap kali akan menyetrika. Meja lipat hingga setrikanya dapat kamu simpan di lemari tersebut

model lemari via www.houzz.com

Menyetrika termasuk salah satu pekerjaan rumah tangga yang berat dan terkadang membosankan. Banyak yang mengaku bahwa menyetrika tak lebih enteng dari mencuci. Itulah kenapa banyak orang melempar baju cucian bersihnya untuk disetrika di laundry. Nah, menggunakan meja setrika yang sesuai akan membuat kegiatan menyetrika terasa lebih ringan. Semoga kelak kamu bisa memperoleh inspirasi untuk memilih meja setrika terbaik sesuai kebutuhan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE