7 Trik Cerdas Memanfaatkan Sayuran Sisa Bahan Masakan. Satu Lagi Pelajaran Jadi Istri Idaman

Memanfaatkan sayuran sisa

Kalau masak sup, pasti kamu sering membuang sisa sayurannya begitu saja ke tempat sampah, kan? Memang sih kelihatannya nggak bisa terpakai lagi, tapi sebenarnya sisa sayuran bisa kamu manfaatkan untuk jadi olahan lain yang berguna lo! Apalagi jika sayurnya masih memiliki pangkal atau batangnya bisa ditanam lagi.

Advertisement

Nah, daripada mubazir coba deh manfaatkan bagian sayurmu yang sisa dengan cara ini. Bikin makin irit dan uang bulanan nggak pailit tentunya. Simak ulasan tips berikut untuk tahu caranya, ya!

1. Sisa sayur seperti daun kol, selada, tomat, atau mentimun bisa kamu buat menjadi salad sayur yang sehat

salad sayur via remajaremaja.com

Kamu hanya perlu mencampurkan sisa-sisa sayur tersebut ke dalam wadah dan diberi tambahan mayones untuk sausnya. Kalau nggak ada mayo, kamu bisa memakai minyak zaitun yang diberi perasan lemon supaya lebih segar.

2. Batang sayuran atau wortel yang nggak dipakai bisa dijadikan kaldu sayur

kaldu sayur via sajiansedap.grid.id

Bersihkan dulu sayuran sisa tadi, kemudian rebus dan saring airnya. Supaya awet dan bisa dipakai untuk keperluan memasak jangka panjang, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas.

Advertisement

3. Buatlah piza teflon dengan memanfaatkan sisa bayam yang habis dipakai untuk tumisan

piza bayam via cookpad.com

Kalau nggak ada adonan piza, kamu bisa menggantinya dengan roti tawar kok. Supaya lebih nikmat, campur bayam dengan minyak zaitun lebih dulu sebelum dipanggang. Kamu pun bisa menambahkan keju mozzarela dan sosis di atasnya lo!

4. Daripada sisa mentimunmu membusuk, mending awetkan menjadi acar

acar timun via www.liputan6.com

Cukup campurkan mentimun dengan cuka, air, dan gula menggunakan perbandingan 3:2:1. Kamu bisa menyimpannya dalam stoples yang ditutup supaya lebih awet dan enak. Atau, fermentasi mentimunmu menjadi kimchi dengan menambahkan sawi dan bubuk cabe Korea.

5. Kulit kentang bisa kamu gunakan untuk jadi penyedap rasa yang lezat lo!

keripik via cemilku.com

Tahu nggak sih kalau kulit kentang bisa diolah jadi micin? Rasanya yang gurih bisa bikin masakan jadi lebih sedap. Caranya mudah, panggang kulit kentang menggunakan oven selama tiga jam, kemudian haluskan menggunakan food processor. Nah, supaya makin nikmat, tambahkan garam laut secukupnya.

Nggak cuma penyedap, kulit kentang pun bisa jadikan camilan lezat seperti keripik. Caranya ialah dengan mengovennya pada suhu tinggi. Agar lebih gurih, tambahkan mentega atau minyak zaitun, ya!

6. Jangan salah, sisa sayur juga bisa dibuat infused water

infused water via cookpad.com

Beberapa sayur yang bisa dijadikan infused water di antaranya ialah mentimun, wortel, seledri dan selada. Nah, biar lebih segar dan enak kamu bisa menambahkan irisan lemon atau madu. Selain menyegarkan, campuran sayuran ini juga memiliki efek yang bagus baik tubuh dan kulit.

7. Nggak cuma diolah, beberapa batang sayur bisa kamu tanam lagi di pot

tanam kembali via www.merdeka.com

Kalau mau, kamu bisa menanam wortel atau pakcoy di dapur rumahmu dengan menggunakan wadah pot kecil. Supaya bisa tumbuh, pilihlah tanah gembur yang cukup air. Sesekali keluarkan dari rumah dan beri sinar matahari yang cukup agar cepat berkembang.

Alih-alih langsung membuang sisa-sisa sayuran ini, kamu bisa kok memanfaatkannya jadi olahan yang berguna. Tapi, nggak semua sayur bisa kamu olah kembali, sebab beberapa di antaranya mengandung zat beracun jika dipanaskan. Ada baiknya kamu selalu mengecek ketentuan gizi dulu sebelum mengolah sayuran sisa ini, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE