Jangan Asal Beli, 6 Kriteria Jas Hujan ini Dinilai Awet dan Aman. Warna Mencolok Salah Satunya

Memilih jas hujan

Beberapa hari ini, hujan deras mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Kamu yang sering berkendara naik motor, tentu bakal dibuat kerepotan. Apalagi kalau hujan datangnya pas jam berangkat atau pulang kuliah maupun kerja. Mau nggak mau, kamu harus mengenakan jas hujan agar nggak basah dan tetap aman.

Advertisement

Sejauh ini, mulai banyak dijual jas hujan dengan berbagai model. Tapi, alangkah baiknya jika kamu mempertimbangan beberapa faktor berikut sebelum memilih jas hujan.

1. Meski praktis, namun baiknya hindari membeli jas hujan model ponco

jas hujan ponco via www.federaloil.co.id

Jas hujan ponco bisa berkibar dan menggangu pengemudi lainnya ketika dipakai berkendara. Selain itu, jas ponco juga berisiko tersangkut di jeruji, apalagi kalau kamu ngebut. Karena nggak menutup seluruh bagian kaki, sepatu dan celana panjang bagian bawahmu pun tetap akan basah lo! Kecuali model ponconya sudah dimodifikasi sedemikian rupa biar nggak membahayakan, ya!

2. Pilihlah jas hujan berbahan PVC atau polvynil chloride

Di antara bahan yang lain, PVC memiliki pori-pori lebih rapat sehingga saat dipakai, air hujan nggak akan tembus. Sepintas memang terasa panas, tapi karena tebal, jas hujan PVC nggak akan mudah sobek.

Advertisement

3. Upayakan untuk nggak beli jas hujan dengan sambungan dijahit, pilih yang sambungan pres

jas hujan full press via brohasbi.blogspot.com

Jas hujan yang sambungan dijahit bisa bikin air hujan merembes dan membasahi pakaianmu. Baiknya, pilihlah jas hujan yang dibuat dengan proses pres karena pori-porinya lebih rekat dan nggak tembus air.

4. Memang terlihat sepele, tapi kamu juga perlu mengecek ritsleting jas hujan

Kalau mau awet, kamu bisa memilih ritsleting berbahan tembaga atau kuningan. Sebab, bahan ini nggak akan mudah berkarat dan rusak seperti ritsleting plastik atau besi.

5. Jas hujan berwarna terang dan mencolok justru dinilai lebih aman

warna terang via www.blanja.com

Biasanya, saking lebatnya hujan, pandangan pengemudi jadi terganggu. Mengenakan jas hujan berwarna gelap nggak akan terlihat oleh pengemudi lain, sehingga berisiko tersenggol atau bahkan tertabrak. Makanya, pilihlah jas hujan berwarna merah, kuning, atau hijau agar ketika hujan lebat tetap bisa terlihat oleh pengendara lain.

Advertisement

6. Nggak cuma warna, kamu juga harus memilih jas hujan yang punya garis mata kucing baik di lengan, dada, atau punggungnya

ada garis mata kucingnya via www.bukalapak.com

Karena memantulkan cahaya, garis mata kucing akan membuat jas hujan tampak menyala ketika hujan lebat atau bahkan saat gelap sekalipun. Hal ini bisa membuat pengendara lain lebih awas terhadapmu, sehingga kamu pun nggak berisiko mengalami kecelakaan.

Ketika membeli jas hujan, jangan cuma mempertimbangkan harganya saja. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa faktor-faktor yang sudah Hipwee jelaskan di atas. Selain lebih aman, jas hujan yang sesuai juga akan membuatmu lebih nyaman berkendara, bukan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE