8 Cara Mencegah Bopeng Karena Bekas Jerawat. Kalau Terlanjur Bakal Lebih Susah Lagi Hilangnya

Mencegah bopeng

Jerawat yang nongol di wajah memang menjengkelkan, apalagi kalau sudah meninggalkan bekas. Jerawat yang meradang hingga timbul sampai lapisan terdalam dermis akan bikin jaringan kulitnya rusak. Ini yang memicu bopeng. Padahal, kalau tekstur wajah sudah nggak rata, sulit banget untuk mengembalikannya lagi seperti semula.

Advertisement

Nah, sebelum bekas jerawatmu berubah jadi bopeng, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.

1. Daripada terlanjur membekas, segera obati jerawatmu ketika baru muncul

pakai obat segera via www.verywellhealth.com

Mengobati jerawat yang baru muncul bisa meminimalisir peradangan dan iritasi. Dengan begitu, risiko munculnya bopeng pun bisa kamu cegah. Pakai obat jerawat yang benar dan sesuai dengan anjuran dokter, ya!

2. Rajin-rajinlah mencuci wajah supaya kulit tetap bersih dan jerawat nggak makin parah

rajin cuci muka via www.allure.com

Cucilah wajahmu dua kali sehari saat pagi dan malam hari. Gunakan sabun cuci muka yang mengandung benzoil peroksida dan sulfur agar bakteri penyebab jerawat di wajah bisa kamu musnahkan.

Advertisement

3. Hentikan dulu eksfoliasi wajah agar jerawat nggak meradang

jangan scrubbing dulu via www.favful.com

Saat berjerawat, kamu dilarang melakukan scrubbing wajah atau eksfoliasi karena bisa bikin lapisan kulit mengelupas dan menimbulkan luka di jerawat. Kalau sudah luka, ujung-ujungnya meninggalkan bekas di kulit wajah, kan?

4. Facial? Mending jangan dulu deh~

jangan facial dulu via www.wellandgood.com

Ketika facial, komedo-komedo dan jerawat nasi akan dipencet untuk mengeluarkan isinya. Tapi, kalau yang dipencet justru jerawat yang belum matang atau jerawat yang lagi bengkak-bengkaknya, bisa-bisa malah menimbulkan luka dan menyebabkan bopeng di wajah.

5. Jangan coba-coba memegang bahkan memencet jerawat sekalipun sudah matang

jangan dipencet via www.insider.com

Saat menyentuh jerawat, kotoran yang ada di permukaan kulit akan masuk ke lapisan terdalam. Hal ini bisa menimbulkan infeksi dan memperlama proses penyembuhan jerawat. Parahnya, ini bisa bikin jerawatmu membekas dan malah jadi bopeng lo!

Advertisement

6. Gunakanlah tabir surya agar jerawat nggak makin meradang dan menimbulkan bekas saat terkena sinar matahari

pakai sunscreen via consent.yahoo.com

Sinar UV bisa menyebabkan bekas jerawat jadi lebih gelap dan lukanya makin cekung. Nah, daripada makin parah, selalu gunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu.

7. Lakukan perawatan di rumah dengan memanfaatkan bahan alami untuk mengempiskan jerawat

manfaatkan bahan alami via theeverydayblogger.com

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya atau madu untuk merilekskan wajah. Tapi, jangan sembarang bahan kamu aplikasikan ke wajah, sebab bisa bikin kulit makin sensitif dan iritasi.

8. Hentikan dulu penggunaan makeup karena bisa menyumbat pori-pori wajah

jangan dulu pakai makeup via www.insider.com

Pori-pori yang tersumbat bisa bikin wajah makin berjerawat dan sulit disembuhkan. Tapi, kalau memang kamu harus terpaksa pakai makeup, aplikasikan tipis-tipis saja. Dibanding memakai bedak two way cake, mending pakai bedak tabur yang lebih ringan.

Jika jerawatmu malah tampak makin parah dan nggak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter kulit. Sebab, kalau terlanjur bopeng, kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk mengembalikan tekstur kulit aslimu.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE