Pengen lancar Bahasa Inggris, Korea, India sampai Bahasa Arab di era sekarang itu nggak perlu kursus dan bayar mahal. ‘Kan sudah ada banyak situs dan aplikasi bahasa yang bisa dipakai!

Namun, kalau kamu cuma asal-asalan, metode belajar tanpa kursus alias singkat ini tentu tidak mudah. Dari mulai mendengarkan, menulis, berbicara, membaca, menonton video, hingga berkunjung ke negara tersebut atau minimal berbicara langsung dengan native speaker. Wah, kalau harus les privat kebayang nggak berapa biaya yang harus kamu habiskan?

Hipwee Tips akan membantumu dengan merekomendasikan aplikasi dan channel Youtube terbaik untuk belajar 6 bahasa asing ini. Semuanya gratis tapi hasilnya pasti bakalan manis!

1. Bahasa pertama yang harus kamu kuasai tentu Bahasa Inggris, materinya yang paling lengkap ada di situs British Council dan BBC

BBC Learning English via youtube.com

Untuk materi reading, vocabulary, grammar, listening, dan writing lengkap ada di  website britishcouncil.org dan bbc.co.uk. Materinya sangat beragam dengan media yang beragam pula seperti gambar di video. Jadi pasti akan sangat menyenangkan saat kamu belajar. Kalau materi speaking, kamu bisa berlatih di talkenglish.com.

Advertisement

Sementara itu, aplikasi yang bisa kamu unduh jumlahnya juga sangat banyak. Kalau kamu belajar dengan tujuan untuk tes TOEFL atau IELTS lebih baik kamu men-download aplikasi yang khusus untuk itu, lihat saja ratingnya untuk memilih mana yang terbaik.

2. Gunakan aplikasi Hello Chinese untuk belajar Bahasa Mandarin, belajar dari dasar dengan metode yang super asyik dan nyenengin

Hello Chinese via youtube.com

Kenapa harus belajar Bahasa Mandarin?
Bahasa Mandarin sering disebut sebagai bahasa investasi masa depan karena China diprediksi akan jadi kiblat ekonomi dunia nantinya. China juga merupakan negara dengan tingkat diaspora terbesar di dunia.

Hello Chinese adalah pilihan aplikasi ponsel terbaik untuk belajar Bahasa mandarin karena kamu bisa belajar dari tahapan yang sangat dasar tentang huruf, kata, dan pengucapan. Untuk menambah wawasan kamu bisa mengunjungi situs Chinese Tools, yang menyediakan materi super lengkap. Agar lebih interaktif, kunjungi juga channel youtube Osver Channel, sangat cocok untuk anak muda sepertimu.

3. Untukmu yang pengen lancar berbahasa Arab, akan lebih mengasyikkan kalau belajarnya lewat channel YouTube LearnArabicwithMaha

Channel LearnArabicwithMaha via youtube.com

Kenapa harus belajar Bahasa Arab?
Bukan hanya untuk kamu yang beragama Islam, penguasaan Bahasa Arab sangat penting untuk memperluas jaringan dan pengetahuan. Asal kamu tahu jumlah penutur Bahasa Arab jumlahnya hampir setengah milyar orang.

Kenapa belajarnya lebih baik pakai Bahasa Inggris? Karena lebih interaktif, sementara ini belum ada aplikasi untuk pembelajar berbahasa Indonesia yang cukup kece. Tapi kalau kamu mau mencoba bisa download aplikasi Bahasa Arab Dasar. Untuk yang berbahasa Inggris kamu bisa mengunduh Learn Arabic dan menambah latihan di website Madinaharabic serta channel YouTube LearnArabicwithMaha.

4. Lebih mudah dari Bahasa Inggris tapi sama-sama dikenal luas secara internasional, Bahasa Spanyol paling mudah dipelajari lewat Duolingo

Duolingo via technoven.com

Kenapa harus Belajar Bahasa Spanyol?
Bahasa Spanyol merupakan bahasa wajib kedua yang perlu dipelajari setelah Bahasa Inggris di Amerika. Bahasa Spanyol memang memiliki banyak sekali penutur di sejumlah negara Eropa dan Amerika dan punya nilai lebih di dunia bisnis.

Gunakan aplikasi duolingo untuk menguasai dasar-dasar Bahasa Spanyol. Kalau kamu enggan memenuhi memori ponselmu, cukup buka website duolingo.com untuk belajar. Penguasaan Bahasa Spanyol-mu akan semakin lengkap kalau belajar di StudySpanish.com atau di channel YouTube SpanishDict.

5. Ingin belajar Bahasa Jepang dari awal dengan metode yang menyenangkan? NHK World solusi yang tepat untukmu

NHK World via jpn.id.tk

Kenapa harus belajar Bahasa Jepang?
Jepang Si Macan Asia punya kekuatan bisnis dan politik yang luar biasa di Asia maupun di mata dunia. Menguasai bahasanya akan membuka banyak kesempatan untukmu.

Di NHK World tersedia materi lengkap untuk tingkat pemula hingga tingkat lanjut. Enaknya semua itu bisa kamu nikmati dalam Bahasa Indonesia. Semua materi juga bisa kamu download secara gratis dari sana. Kalau kamu sukanya nonton YouTube bisa buka channel Learn Japanese with JapanesePod101.com. Untuk belajar huruf-hurufnya kamu bisa download aplikasi Obenkyo di ponselmu.

6. Biar nggak cuma bisa manggil “Oppa” doang, mending kamu mulai berkunjung ke situs-situs belajar Bahasa Korea dari sekarang

Korean Word Game via youtube.com

Kenapa harus belajar Bahasa Korea?
Kamu tahu Hallyu ‘kan? Secara Perlahan Korea sedang merajai Asia dan ada kemungkinan juga akan menguasai dunia. Kamu pun bisa ikut menggenggamnya dengan mempelajari bahasanya.

Pertama belajar Hangul dulu di di website korean.go.kr milik pemerintah korea. Setelah itu mulai praktikkan pengetahuan yang kamu dapatkan di learnkorean.com. Jangan lupa juga untuk main game seru di koreanwordgame.com. Ingin yang ada Bahasa Indonesianya? Buka channel YouTube-nya mbak Han Yoo Ra dulu coba 🙂

So, bahasa mana yang ingin kamu pelajari dulu? Intinya, nggak ada batasan waktu dan usia untuk terus belajar, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!