6 Cara Menyelamatkan Masakan yang Terlalu Asin, Nggak Selalu Mesti Ditambah Air

Menyelamatkan masakan keasinan

Nggak cuma pemula, orang yang sering masak pun pasti pernah bikin masakan yang keasinan. Apalagi kalau disambi mengerjakan hal lain waktu memasak. Terlebih kalau kamu buru-buru karena mau kedatangan tamu.

Advertisement

Jangan keburu dibuang, makanan keasinan masih bisa kamu selamatkan dengan bahan lainnya. Melansir dari beberapa sumber, berikut cara menyelamatkan makanan keasinan yang sudah Hipwee Tips rangkum.

1. Menambahkan air masih jadi cara ampuh untuk menyelamatkan masakan keasinan

tambahkan air via thecountrybasket.com

Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk sup dan tumis. Atau, kamu bisa menambahkan perasaan lemon atau cuka agar masakanmu lebih segar. Nah, biar rasanya nggak rusak, masukkan sedikit demi sedikit dan koreksi terus.

2. Kentang dan tahu juga bisa digunakan untuk menyerap rasa asin masakan lo!

tambahkan kentang via snapguide.com

Kedua bahan ini bisa digunakan pada sup dan pasta yang keasinan. Selain dimasukkan pada sup, kentang juga bisa kamu letakkan di mangkuk saji. Diamkan dulu selama beberapa saat, kalau kentang sudah berubah warna, berarti kandungan garam sudah terserap dan makanan siap dinikmati.

Advertisement

3. Kalau sering masak, pasti kamu tahu kalau gula bisa menetralisir rasa asin

tambahkan gula via www.thespruceeats.com

Lebih baik jangan langsung menambahkan gula terlalu banyak. Kalau kebanyakan, rasa masakan jadi aneh dan nggak enak lagi.

4. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan susu pada masakan tertentu

tambahkan susu via www.kitchenstewardship.com

Selain susu, kamu juga bisa memakai santan. Kedua bahan ini bisa kamu pakai pada masakan seperti opor misalnya. Nggak cuma menyerap rasa asin, santan dan susu juga bikin makanan lebih creamy lo!

5. Beberapa makanan yang digoreng bisa kamu kurangi asinnya dengan dicuci

Memang sih terdengar aneh, tapi cara ini cukup manjur untuk mengurangi rasa asin. Tapi biar tetap gurih dan renyah, disarankan untuk mengoreng lagi masakanmu, ya!

6. Menambahkan keju mozzarella juga bikin spageti yang keasinan jadi lebih lezat

tambah mozarella via eatexploreetc.com

Kandungan susu keju mozzarella yang tinggi bisa membuat rasa asin lebih berkurang. Mozzarella bisa kamu tambahkan ketika memasak atau dengan dibakar di atas spageti yang sudah jadi.

7. Jika cara di atas masih nggak cukup ampuh, nikmati makananmu dengan sepiring nasi saja

makan pakai nasi via www.medicalnewstoday.com

Karena dimakan bersamaan dengan nasi, makanan yang keasinan akan lebih bisa ditoleransi. Tapi, jika memang makanan tersebut asinnya keterlaluan, mending jangan dipaksakan. Selain nggak enak, ini juga bisa menyebabkan darah tinggi.

Sebenarnya masih banyak bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan masakan keasinan. Namun, penggunaan bahan ini tergantung pada masakan yang dimasak. Misalnya dengan menambahkan bahan-bahan makanan seperti sayuran, mi, nasi, atau daging, sesuai masakan yang ada. Tapi biasanya, bahan utamalah yang paling bisa menyelamatkan makanan keasinan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE