Kamu sering beli sepatu? Beli tas? Atau barang yang dikemas di dalam kardus? Pasti kamu tak asing lagi dengan silica gel yang terbungkus dalam kertas kecil persegi panjang berwarna putih, layaknya teh celup.

Pihak produsen menyertakan bungkusan gel warna-warni ini dalam kardusmu sebagai bahan perawatan barang yang kamu beli. Namun banyak orang yang tidak mengerti kegunaan bungkusan gel ini, dan justru menganggapnya remeh. Alih-alih menggunakannya untuk merawat barang yang kamu punya, gak jarang mereka malah langsung membuangnya ke tempat sampah.

Advertisement

Padahal sebenarnya, selain merawat benda yang kamu punya, silica gel punya berbagai manfaat lho. Benda ini juga bisa kamu beli secara bebas dengan harga yang murah meriah (Rp200/bungkus atau Rp30.000-an/kg). Penasaran apa aja manfaatnya? Berikut uraian dari Hipwee!

1. Agar bibit tanaman atau biji-bijian yang kamu simpan tak berkecambah, selipkan saja silica gel di dalamnya.

Silika gel untuk menyimpan bibit

Silika gel untuk menyimpan bibit via www.oceanecology.ca

Kamu sering sebal ketika bibit atau biji yang kamu jadikan sebagai hiasan atau hanya sebagai simpanan untuk penelitian tiba-tiba berkecambah dan tumbuh calon batang? Hal ini terjadi karena kelembaban tinggi atau banyaknya kandungan air di sekitar biji. Nah, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan cara mudah. Selipkan saja bungkusan silica gel di dalamnya. Silica gel ini akan menyerap air dalam atmosfer sehingga kelembaban di sekitar biji berkurang. Jadi gak heran, kondisi jadi makin kering lantas bijimu bisa lebih tahan lama tanpa takut berkecambah.

2. Kamu tak perlu lagi khawatir alat-alat otomotif, listrik dan pertukangan menjadi cepat karatan. Sertakan saja silica gel dalam kotak penyimpanan.

Silika gel untuk menyimpan alat-alat kerumah tangga

Silika gel untuk menyimpan alat-alat kerumah tangga via pixgood.com

Kamu penggemar otomotif? Atau suka otak-atik listrik? Atau gemar memperbaiki bangunan rumah? Pasti kamu punya seperangkat alat-alat tukang seperti obeng, tang, bor, gergaji yang sebagian besar berbahan besi. Nah agar alat-alat ini lebih awet, sertakan beberapa bungkus silica gel di dalam kotak penyimpanan. Silica gel mampu menyerap air dan mengurangi kelembaban. Hal ini menguntungkan karena bisa bikin alat-alatmu terhindar dari proses oksidasi yang bikin karatan. Jadi, barangmu tak cepat rusak dan tetap berfungsi optimal tanpa takut berkarat.

3. Dengan menyelipkan silica gel yang harganya murah, koleksi buku tua nan langkamu bisa terhindar dari kerusakan dan jamur.

Gunakan silica gel untuk merawat buku tua

Gunakan silica gel untuk merawat buku tua via wonderfulengineering.com

Advertisement

Punya buku langka adalah keberuntungan bagi kamu para pecinta buku. Meski buku terlihat tua dan lusuh, kamu tetap merasa senang memilikinya. Alih-alih menyimpannya bertahun-tahun, hal ini justru bikin bukumu cepat jamuran. Agar koleksimu itu tak cepat rusak, kamu harus menjaganya dengan perawatan khusus.

Caranya mudah kok, taruh saja satu bungkus silica gel sekitar tumpukan buku atau di dalam lemari penyimpanan. Dengan begitu, jamur yang sering tumbuh karena kelembaban tinggi menjadi urung diri. Jadi bukumu lebih awet, tak lusuh, tak mudah sobek, dan yang jelas terhindar dari jamuran yang bikin koleksi buku tuamu cepat rusak. Selain itu, aroma buku tua yang kadang lembap juga tak lagi terlalu menyengat.

4. Bunga pemberian dari orang tercinta jangan dibiarkan layu dan hancur begitu saja. Awetkanlah dengan silica gel yang mudah didapat.

Silika gel untuk mengeringkan bunga

Silika gel untuk mengeringkan bunga via kellyorzel.com

Bunga adalah salah satu tanda cinta yang biasa digunakan banyak orang. Gak jarang kamu akan mendapatkannya dari orang tercinta. Jika biasanya kamu akan membuang begitu saja saat sudah layu, sekarang kamu bisa mengawetkannya agar cinta kalian tetap terjaga. Caranya mudah kok. Pertama-tama masukkanlah silica gel pada wadah besar. Lalu masukkan bunga dan timbun secara merata agar silica gel bisa masuk ke sela-sela permukaan bunga. Lakukan dengan perlahan. Dan jangan lupa pilih silica gel yang halus ya.

Tutup rapat dan simpan di tempat yang sejuk selama 3-5 hari. Nah, setelah itu kamu bisa menata bunga keringmu di vas. Dengan cara ini, dijamin keindahan bunga tak lagi mudah pudar.

5. Kamu sering kesal karena handukmu bercak jamur saat disimpan? Tenang, gunakan saja silica gel sebagai penangkalnya.

Silika gel buat handuk

Silika gel buat handuk via wonderfulengineering.com

Siapa sih yang gak kesal saat menyimpan handuk di lemari tapi malah tiba-tiba jamuran dan bau tak sedap? Sekarang kamu bisa menangkalnya dengan silica gel. Taruh saja dua bungkus silica gel di dalam lemari handuk. Nah, jika warna silica gel sudah berubah, kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Dengan menerapkan tips ini, handukmu bisa lebih nyaman saat dipakai lagi.

6. Agar stok makanan anjing dan kucing kesayanganmu tetap lezat sampai kapan saja, jangan lupa sisipi silica gel di kantongnya ya.

Silika gel buat makanan anjing

Silika gel buat makanan anjing via www.huffingtonpost.com

Rasa sayang pada binatang bisa ditunjukkan dengan memberikannya makanan yang lezat dan enak. Makanan untuk hewanmu bisa tetap lezat dan enak jika kamu menyimpannya dengan cara yang benarMetodenya praktis dan gampang kok, sisipi saja dua kemasan kecil silica gel di dalam kardus makanan hewanmu. Bungkus silica gelnya dengan kertas supaya terlihat ketika kamu menuangkannya ke dalam mangkok. Dengan begitu, silica gel itu tak akan termakan oleh hewan peliharaanmu. Pilih kemasan yang berukuran agak besar juga ya, agar mudah dipisahkan saat ditaruh di piring.

Silica gel membuat kantong makanan tak lagi terlalu lembab dan makanan bisa tetap renyah. Tenang, zat ini tak akan mempengaruhi rasa makanan kok.

7. Bau dan bekas keringat pada sepatu dan peralatan olahraga seringkali bikin uring-uringan. Agar itu tak terulang, kamu bisa percayakan pada silica gel yang murah meriah.

Silika gel buat alat-alat ngegym

Silika gel buat alat-alat ngegym via radiofreehowland.wordpress.com

Jika kamu suka olahraga atau nge-gym, gak jarang kamu punya kantong khusus buat menyimpan sepatu, kaos kaki, baju, sabun, dan handuk. Nah, karena tak langsung dijemur atau dicuci, barang-barangmu ini kerapkali jadi jamuran dan bau tak sedap. Sekarang, kamu bisa percayakan hal ini pada silica gel yang murah.

Masukkan saja beberapa bungkus kecil silica gel ke dalamnya, dengan begitu kandungan air bekas keringat akan terserap. Jadi kondisi terlalu lembab gak lagi mengancam, alat-alat olahragamupun jadi tetap nyaman saat digunakan.

8. Cara mudah agar album foto kenangan tetap terjaga sampai kamu tua adalah menyelipkan silica gel di dalamnya.

Silika gel buat menyimpan foto

Silika gel buat menyimpan foto via www.julieharrison.ca

Tak hanya menyimpan foto dalam bentuk file data saja, kamu juga harus menyimpannya dalam album foto agar tak hilang karena virus. Namun, banyak orang mengalami masalah foto cetak yang mudah rusak saat disimpan dalam album kenangan. Agar hal ini tak terulang, kamu bisa gunakan silica gel sebagai senjatanya.

Kamu bisa selipkan bungkusan silica gel di setiap halaman. Atau pilihlah silica gel yang berukuran kecil, lalu masukkan ke dalam plastik foto. Silica gel ini ampuh dalam menyerap uap air dalam album foto. Jadi kondisi kering tercipta, dan foto kenangan makin awet dan bebas jamuran. Gak heran, anak cucumu nanti masih bisa menyaksikannya dengan jelas.

9. Kondisi lembab pada lensa kamera sering bikin jepretan gak bagus lagi. Agar hal ini tak terjadi, antisipasi dengan silica gel mini.

Silika gel untuk merawat kamera

Silika gel untuk merawat kamera via photorumors.com

Kondisi lembab pada tas seringkali bikin lensa kamera menjadi buram, bahkan gak jarang lensa kameramu sampai berair. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa letakkan beberapa bungkus silica gel di dalam tas kamera. Silica gel ini bisa menyerap air yang terkandung di ruangan tas. Jadi kondisi kering tak akan bikin lensa kamera buram lagi. Selain itu, kamera kesayangamu juga terhindar dari jamuran. Sayang ‘kan kamera mahal-mahal tapi rusak hanya karena penanganan yang tidak pas?

10. Merawat alat makeup itu tidak perlu mahal kok, gunakan saja silica gel sebagai antisipasi biar gak jamuran.

Silika gel untuk alat make up

Silika gel untuk alat make up via angelichugs.blogspot.com

Merawat alat makeup itu gak susah kok. Kamu bisa mengandalkan silica gel sebagai pelindung. Masukkan saja beberapa bungkus silica gel ke dalam tas make up. Dengan begitu alat makeup bisa terhindar dari jamur dan bau tak sedap. Jadi penampilan bisa tetap menawan tanpa halangan.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan manfaat silica gel untuk perawatan barang-barangmu. Jadi kamu tak boleh lagi membuang begitu saja benda ini dari kardus barang yang baru kamu beli.

Kamu juga bisa mendapatkan silica gel dengan harga murah meriah di toko online. Dengan harganya yang semurah permen, kantongmu tak akan tersiksa kok.

Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya