Siapa sih di antara kita yang tidak ingin punya otak cemerlang?

Pertanyaan di atas mungkin terkesan sederhana. Tapi coba deh dipikir lagi, memangnya siapa yang tidak ingin punya otak yang lebih cerdas? Dengan isi kepala lebih mumpuni ada banyak keuntungan bisa kita kantungi.

Advertisement

Karena itu tak heran bila banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mencerdaskan otak mereka. Nah bagi kamu yang sedang memiliki misi serupa, yuk intip trik memoles pikiran dengan cara sederhana dari Hipwee berikut ini!

1. Meningkatkan kemampuan otak tidak harus dilakukan dengan cara yang berat. Lakoni saja hobi yang menyenangkan dan kaya manfaat

hobi kaya manfaat

hobi kaya manfaat via www.pinterest.com

Tidak selamanya menjadi pintar harus dilakukan dengan duduk di perpustakaan dan membaca buku bertopik berat. Menjalani hobi pun ternyata bisa membuat otakmu lebih cerdas. Syaratnya, hobi yang kamu lakukan ini memiliki manfaat yang baik.

Misalnya saja nih kamu yang hobi masak bisa mencoba aneka resep baru yang sekarang bertebaran di internet agar kemampuan masakmu bisa terus meningkat. Buat yang hobi ngulik gitar, tantang diri untuk memainkan musik-musik yang tingkat kesulitannya beragam. Intinya rangsanglah otakmu dengan cara yang positif dan tentunya menyenangkan.

2. Pastikan kamu selalu membaca berita terbaru setiap hari. Dengan cara ini otakmu akan kaya dengan berbagai informasi terkini

baca surat kabar

baca surat kabar via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Memperkaya isi otak juga bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti selalu update berita terkini. Bukan hanya berita gosip loh ya, tapi juga berita seperti politik, ekonomi, dan budaya. Dengan selalu membaca berita terkini, kamu menjadi kaya akan berbagai informasi.

Seseorang yang memiliki pengetahuan luas adalah tipe pribadi yang biasanya disukai oleh banyak orang. Bersama orang seperti ini topik pembicaraanmu akan semakin beragam. Dengannya, kamu bisa mendiskusikan berbagai hal yang kaya manfaat.

3. Perencanaan yang jelas dan terarah akan meningkatkan kualitas diri. Dengan trik ini, usahamu jadi lebih gampang dieksekusi

perencanaan jelas

perencanaan jelas via www.fundingyourtechstartup.com

Salah satu kelemahan dalam hidup yang kadang tidak disadari adalah kita sering lupa membuat perencanaan hidup yang jelas. Setiap harinya, kita ingin kualitas diri bertambah. Tapi lupa memperjelas, kualitas diri seperti apa yang ingin ditingkatkan?

Karenanya buatlah perencanaan yang jelas dan terarah. Misalnya kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa. Catat bahasa apa yang ingin dipelajari, bagaimana cara belajarnya, dan jika diperlukan kemana harus belajar. Dengan ini goal-mu meningkatkan kualitas diri menjadi mudah dicapai.

4. Agar tahu apa saja yang harus diperbaiki, lakukan evaluasi terhadap kualitas diri sendiri

evaluasi pencapaian

evaluasi pencapaian via www.publishingxpress.com

Membuat perencanaan hidup sama sebetulnya seperti membuat business plan yang harus berisi rencana ke depan dan tentunya pencapaian yang telah ditetapkan. Ketika kamu sudah memiliki “daftar kualitas hidup” yang harus ditingkatkan, setelahnya buatlah evaluasi terhadap rencana tersebut.

Memiliki daftar pencapaian menjadi esensial karena lewat ini kamu jadi tahu seperti apa progress-mu selama ini. Ketika kamu memiliki rencana untuk meningkatkan kualitas berbahasa, setelah 6 bulan misalnya jangan ragu untuk melihat seperti apa kemampuanmu sekarang. Sudahkah berkembang seperti harapan? Atau kamu masih harus terus belajar?

5. Otakmu harus diajak terus bekerja, maka sebaiknya rajin-rajinlah membaca

baca buku setiap hari

baca buku setiap hari via www.pinterest.com

Kedengaran klise memang, tapi pada kenyataannya membaca buku adalah cara terbaik untuk mengakselerasi kecerdasanmu. Buku layaknya sumber nutrisi untuk otak. Tanpa adanya nutrisi tersebut, bisa-bisa otakmu kekurangan gizi.

Pentingnya membaca buku setiap hari dibuktikan oleh rutinitas orang-orang paling sukses di dunia yang tetap setiap setia membaca aneka buku baru. Mereka percaya bahwa ilmu setiap harinya berubah, sehingga dengan membaca perubahan tersebut tetap bisa diikuti. Jika orang-orang sukses saja melakukannya, kenapa kamu tidak?

6. Pertanyaan yang muncul di pikiran tak seharusnya diabaikan. Jangan menyerah dan teruslah mencari jawaban

cari jawaban

cari jawaban via www.huffingtonpost.com

Sewaktu kecil dulu mungkin kamu pernah memiliki pertanyaan seperti:

Kenapa ya kalau ada halilintar akan timbul cahaya kilat?

Jika sedang ada di dalam mobil yang berjalan, kenapa ya benda-benda di sekitar kita seolah ikut bergerak?

Kamu bisa jadi punya daftar pertanyaan serupa, tapi apakah kamu berusaha mencari jawabannya? Belum tentu. Padahal dengan berusaha mencari tahu jawaban dari setiap pertanyaan, itu adalah cara sederhana yang bisa membuat kamu semakin pintar nantinya.

7. Latih kemampuanmu berargumentasi secara logis melalui kegiatan debat yang pastinya bermanfaat

jangan taku berdebat

jangan taku berdebat via iq.intel.com

Sebagian orang mungkin merasa risih dengan yang namanya perdebatan. Mulai dari takut menyinggung perasaan orang sampai takut terjadi perselisihan menjadi alasan mengapa orang cenderung menghindari berdebat dengan orang lain.

Padahal berdebat adalah satu cara untuk melatihmu bisa berargumentasi dengan logis. Lewat hal ini pula kamu bisa melihat aneka perspektif orang yang berbeda, di mana bisa jadi perspektif tersebut lebih baik dari sudut pandangmu selama ini. Ya asalkan apa yang kamu perdebatkan adalah hal-hal yang berguna ya, jangan cuma gosip semata.

8. Tak melulu harus membaca, kamu bisa terus mengupdate isi kepala dari sumber informasi lainnya

belajar lewat sumber lainnya

belajar lewat sumber lainnya via www.chinasmack.com

Meski tadi Hipwee bilang membaca adalah cara mencerdaskan otak tapi tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang suka kegiatan yang satu ini. Apabila kamu memiliki masalah serupa bukan berarti mimpimu untuk menjadi pintar langsung sirna.

Karena inti dari membaca adalah menambah pengetahuan cobalah mencari subtitusi pengetahuan dari sumber lainnya. Misalnya saja nih untuk belajar matematika kamu tidak harus stuck sama buku kok, coba deh manfaatkan video-video online tutorial matematika yang sekarang banyak bertebaran. Dijamin kamu bisa belajar dengan sama baiknya.

Itu tadi beberapa cara yang ternyata cukup ampuh untuk mencerdaskan otakmu. Menurut Hipwee tidak ada cara yang terlalu susah untuk diaplikasikan. So, jangan ragu untuk mencontohnya sekarang juga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya