6 Cara Gunakan Minyak Samin Agar Masakan Makin Kaya Rasa. Mirip Kuliner Timur Tengah dan India

Minyak Samin

“Minyak samin untuk masak apa, ya?”

Advertisement

Pertanyaan itu mungkin terpikirkan begitu aja di kepalamu ketika ngomongin minyak samin atau ghee. Selama ini minyak samin memang kurang familier dalam jagat kuliner Nusantara. Minyak ini lebih sering digunakan dalam kuliner India dan Timur Tengah. Nggak heran kalau aroma minyak samin begitu kuat dalam masakan nasi kebuli, ya.

Namun, bukan berarti minyak samin nggak bisa digunakan untuk masakan Indonesia lo. Buktinya, minyak ini dipakai untuk nasi samin khas Palembang. Tak cuma untuk makanan berat, pun kegunaan minyak samin untuk kue nggak perlu diragukan lagi. Jaminan makanan enak~

Memiliki aroma dan rasa yang cenderung ‘tajam’, minyak samin membuat setiap masakan terasa berbeda. Minyak samin adalah mentega dari lemak hewani yang dimurnikaan. Jadi, minyak samin berasal dari lemak sapi, kerbau, kambing, atau unta. Kandungan minyak samin meliputi lemak, protein, karbohidrat, vitamin K, vitamin E, dan vitamin A.

Advertisement

Minyak samin juga sebenarnya banyak ditemukan di masakan Indonesia | Credit: DianSabina (CC BY-SA 4.0)/ Credit: Oleg Bor (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons

Lantaran kaya nutrisi, minyak samin untuk diet jadi pilihan mereka yang punya masalah berat badan. Kandungan asam butiratnya disinyalir dapat memobilisasi lemak dalam tubuh. Makanya, beberapa orang beralih ke minyak samin saat memasak. Tertarik masak pakai minyak samin? Ini dia cara menggunakannya dalam beberapa resep makanan.

Alternatif lain menikmati nasi goreng adalah dengan menambahkan minyak samin. Nasi goreng dengan cita rasa kuliner India

Nasi goreng India | Photo by Ananta Bhadra Lamichhane via www.flickr.com

Jadi salah satu makanan favorit orang Indonesia, nasi goreng memang pantas dijuluki “makanan simpel, tapi cita rasa juara”. Makanan ini kerap dijual pinggir jalan dengan gerobak. Kalau pun enggan beli, kamu bisa membuatnya sendiri. Supaya nggak bosan dengan rasa nasi goreng yang itu-itu aja, coba terapkan sedikit kreasi, misalnya dengan menambahkan minyak samin. Alih-alih pakai minyak sayur, gunakan minyak samin aja untuk memberi kesan berbeda pada masakan.

Sebenarnya cara membuat nasi goreng dengan minyak samin ala kuliner India nggak jauh beda dengan nasi orang Indonesia. Hanya saja, nasi goreng India lebih kaya sayuran seperti kacang polong, kacang mede, buncis, dan jamur. Selain itu, rasa rempah-rempah makin terasa karena ada tambahan kayu manis. Cara memasaknya pun gampang, panaskan minyak samin terlebih dulu. Kemudian tumis irisan bahan dan sayuran. Setelah itu masukkan nasi dengan tambahan bumbu-bumbu. Nasi goreng pun siap disajikan.

Advertisement

Gunakan minyak samin sebagai bahan tambahan nasi samin khas Palembang. Rasanya yang super gurih langsung bikin lapar~

Nasi samin Palembang | Photo by Wikimedia via commons.wikimedia.org

Dalam semesta kuliner Tanah Air, nasi samin asal Palembang pasti nggak asing lagi. Terkenal dengan rasa yang gurih, nasi ini paling cocok disantap sangat masih hangat. Apalagi ditambah dengan taburan bawang goreng. Nah, minyak samin menjadi salah satu kunci kelezatan nasi ini.

Cara membuat:

  • Tumis bawang, kapulaga, pala, pekak, kayu manis, dan cengkeh. Masukkan bumbu nasi minyak bubuk
  • Tambahkan minyak samin, daging, nanas, dan beras
  • Kecilkan api kompor, lalu tuang susu cair dan saus tomat
  • Masukkan kismis, garam, dan gula secukupnya.
  • Aduk rata nasi samin dengan api kecil. Angkat dan diamkan.
  • Kukus nasi sampai matang

Jadikan minyak samin sebagai bahan penyedap dan bahan untuk menumis bumbu sop kaki kambing. Santapan nikmat ini dijamin bakal lenyap dalam sekejap di meja makan

Sop kaki kambing | Photo by Wikimedia via commons.wikimedia.org

Nggak cuma digunakan sebagai penumis, minyak samin juga bisa ditambahkan ke dalam kuah sop kaki kambing. Tambahan minyak ini dipastikan bikin masakan makin sedap. Langkah pertama, rebus paha kaki kambing, daun salam, dan jahe dalam panci. Jika  daging sudah empuk, angkat dan buang airnya. Kemudian tumis bumbu halus, pala, kayu manis, dan cengkeh dengan minyak samin. Lalu masukkan rebusan paha kambing dan tambahan bumbu seperti garam, lada, seledri dan bawang. Jangan lupa tuangkan susu cair dan minyak samin. Tunggu sampai mendidih dan sop kaki kambing siap jadi hidangan makan.

Sebagai pengganti minyak sayur, minyak samin membuat kue putri salju makin harum

Kue putri salju | Photo by Wikimedia via commons.wikimedia.org

Minyak samin kerap digunakan untuk memanggang roti atau membuat adonan kue. Pasalnya, minyak samin bisa dipakai ketika minyak sayur nggak ada. Selain itu, aroma minyak samin pun bikin kue atau roti jadi makin harum. Coba masukkan minyak samin ketika membuat adonan putri salju, salah satu kue primadona di hari lebaran. Pertama, campurkan mentega, minyak samin, dan kuning telur. Aduk ketiga bahan dengan mixer sampai mengembang. Biar lebih gurih, tambahkan garam dan gula. Masukkan tepung perlahan-lahan. Lalu cetak adonan putri salju sebelum dimasukkan ke dalam oven. Taburkan gula untuk penyajiannya.

Jangan lupa pakai minyak samin untuk menumis bumbu nasi kebuli. Supaya rasanya makin luar biasa gurih dan wangi

Nasi kebuli | Credit: Gunawan Kartapranata (CC BY-SA 3.0) via Wikimedia Commons

Makanan dari Tumur Tengah ini terdiri dari nasi, kaldu kambing, minyak samin, dan susu kambing. Biasnya nasi kebuli disajikan dengan irisan kurma dan kismis. Namun, kamu pun bisa memasak nasi kebuli dengan sederhana dan tetap enak. Syaratnya, jangan lupa tumis bumbu dengan minyak samin. Perhatikan langkah memasaknya di bawah ini!

  • Cuci dan rendam beras selama 30 menit
  • Rebus daging kambing dengan cengkeh, kayu manis, dan biji pala
  • Potong-potong dagingnya dan ambil kaldu rebuasannya
  • Tuang minyak samin di atas wajan. Tumis bumbu halus, serai, dan lengkuas. Kemudian masukkan beras dan daging kambing
  • Selanjutnya tambahkan kaldu kambing sampai terserap habis.
  • Angkat beras dan kukus
  • Agar makin sedap, sajikan dengan bawang goeng dan kemangi

Mending pakai minyak samin aja agar ayam bakar tampak istimewa dengan aroma rempah yang menggoda

Ayam bakar dengan minyak samin | Photo by Alpha via www.flickr.com

Daripada minyak sayur biasa, ada baiknya pakai minyak samin saat memasak ayam bakar. Rasa ayam bakar jadi mirip kuliner Timur Tengah atau Asia Selatan. Siapkan bumbu halus yang terdiri bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, kapulaga, pekak, adas, gula jawa, dan asam gelugur. Berikutnya ikuti tahapan-tahapan ini:

  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Tunggu 15 menit
  • Panaskan minyak sayur dan tumis bumbu halus
  • Tambahkan daun salam, lengkus, dan daun jeruk. Lalu masukkan air kelapa dan daging ayam. Biarkan sampai bumbu meresap
  • Setelah itu angkat daging ayam dan panggang di bara api
  • Panaskan minyak samin dan masukkan irisan bawang merah, cabai, dan tomat
  • Campurkan ayam bakar dan tambahkan lada dan kecap. Ayam bakar dengan aroma khas minyak samin siap disantap

Semua resep dengan tambbahan minyak samin itu bisa kamu coba di rumah. Nggak sulit kok menemukan minyak samin sachet di minimarket di sekitarmu. Minyak samin cap onta adalah salah satu contoh merek minyak samin yang paling populer dan mudah ditemukan di mana-mana. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE