Kamu Tim Motor Bebek atau Matic? Ketahui Mana yang Lebih Unggul

motor matic atau motor bebek

Untuk mempermudah mobilitas sehari-hari, banyak orang lebih memilih sepeda motor. Apalagi bagi mereka yang sering terjebak macet dan belum punya cukup uang untuk membeli mobil. Ada dua jenis sepeda motor yang populer di Indonesia, yakni motor bebek dan matic. Meski motor bebek keluar lebih dulu, namun penggunaan motor matic kini juga nggak kalah banyak.

Advertisement

Sayangnya masih ada beberapa orang yang bingung sebenarnya di antara kedua jenis sepeda motor ini mana sih yang paling unggul? Nah, buatmu yang masih penasaran simak ulasan dari Hipwee Tips berikut, ya!

1. Perbedaan pertama terdapat pada transmisi yang mana merupakan kompenen untuk mengalirkan tenaga ke roda penggerak

transmisinya berbeda via otomotif.tempo.co

Agar motor bebek bisa menyala komponen transmisinya harus terhubung satu sama lain. Makanya, jika gigi masih dalam posisi netral, tenaga nggak akan tersalurkan dan motor tak berjalan. Sedangkan, motor matic nggak butuh  transmisi ini, sebab tenaganya akan langsung dialirkan ke drive pullet, V-belt, unit kopling centrifugal, dan roda. Makanya, motor matic jauh lebih praktis dikendarai karena hanya tinggal tancap gas saja.

2. Memang, tenaga keduanya hampir sama, meski begitu kamu bisa kok menambahnya

tenaganya beda via blog.tribunjualbeli.com

Kekuatan mesin dan CC memang sudah diperhitungan dengan matang, tapi kamu bisa kok merombaknya. Untuk menemukan rasio yang lebih tepat, kamu bisa mengganti gear depan dan belakang pada motor bebekmu. Sedangkan, bagi motor matic kamu bisa mengganti bahian roller yang lebih berat atau ringan sesuai gramnya atau dengan kombinasi sesuai dengan keinginan pengendara.

Advertisement

3. Perbedaan yang paling mencolok ialah pada konsumsi bahan bakarnya

bahan bakar via jambi.tribunnews.com

Sepeda motor matic membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak karena perputaran transmisi terjadi secara otomatis, sehingga kerja mesin seperti dipaksa. Nah, kalau motor bebekmu tarikannya terasa kurang kuat cobalah untuk menurunkan atau mengoper gigi untuk memperbesar torsi.

4. Transimisi juga mempengaruhi pergerakan roda kedua jenis sepeda motor

pergerakan roda via www.gridoto.com

Umumnya, motor matic akan menggunakan sistem pergerakan CVT ( continuosly variable transmission) yang mana difungsikan untuk mengatur percepatan pada roda belakang sehingga kamu nggak perlu memindahkan gigi. Sedangkan, jika motor bebek sistem pergerakannya masih menggunakan pergantian gigi secara manual untuk mengatur percepatan gerak dari roda belakang.

5. Tapi segi penampilan motor matic jelaslah lebih unggul

Advertisement

body matic lebih unggul via jabar.tribunnews.com

Selain body yang lebih ringkas, motor matic juga sering kali didesain lebih feminin daripada motor bebek. Meski begitu, kini juga ada kok motor matic yang dibuat dengan desain sporty dan gagah. Bagi para cewek, motor matik sangat mudah dikendarai. Nggak hanya karena transmisinya, tapi bentuk motor matic jugalebih mudah dinaiki bahkan meski pakai rok sekalipun.

Karena memakai transmisi otomatis, motor matic ini cocok dipakai oleh pemula. Nggak hanya itu, bisanya motor matic juga dilengkapi dengan bagasi yang lebih besar. Sayangnya, motor ini butuh perawatan yang lebih ekstra dan bahan bakarnya pun cenderung motor.  Nah, kalau mau yang lebih murah kamu bisa memilih motor bebek saja. Nggak cuma itu, tipe transmisi manual motor ini bisa diandalkan ketika melawati tanjakan lo! Sekarang, coba pertimbangkan, kira-kira mana yang lebih kamu butuhkan. Jangan sampai salah, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

ecrasez l'infame

CLOSE