Muslim Wajib Tahu! Ini 6 Rukun Iman Beserta Penjelasannya

Dasar ketakwaan sebagai seorang muslim

Bagi seorang muslim, memahami rukun iman itu wajib hukumnya. Pemahaman serta keyakinan kamu terhadap rukun iman, dapat meningkatkan ketakwaan dan imanan dalam agama Islam.

Advertisement

Apa yang dimaksud rukun iman? Rukun artinya dalam bahasa Arab bermakna ‘pokok’, ‘dasar’, atau ‘sendi’. Sementara iman memiliki arti ‘percaya’, ‘yakin’, atau bisa juga ‘membenarkan’Jadi, kalau digabung, rukun iman adalah hal-hal pokok yang harus kamu percayai secara pasti. Hal tersebut antara lain:

1. Iman kepada Allah

Rukun iman artinya

Iman kepada Allah / Credit by Unsplash

Kamu harus yakin, Allah SWT adalah satu-satunya Dzat yang menciptakan (al-khaliq) dan mengatur (al-mudabbir) segala sesuatu yang ada di semesta ini. Keyakinan ini tak cukup kamu capai dengan mendengarkan atau membaca penjelasan dalam al-Qur’an. Lebih dari itu, kamu juga perlu membenarkan dan membuktikannya dengan akal agar sampai pada keyakinan yang 100%.

2. Iman kepada malaikat

Apa yang dimaksud rukun iman?

Iman kepada malaikat / Credit by Unsplash

Kendati malaikat adalah makhluk ghaib, kamu wajib meyakini keberadaannya sebagai salah satu ciptaan Allah SWT lain yang beredar di alam semesta. Jumlah malaikat sebenarnya sangatlah banyak, namun yang wajib muslim imani adalah 10 nama malaikat. Di antaranya adalah Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Raqib, Atid, Munkar, Nakir, Malik, dan Ridwan. Masing-masing, punya tugas tersendiri yang berbeda satu sama lain.

Advertisement

3. Iman kepada kitab Allah

Apa yang dimaksud rukun iman?

Al-Qur;an / Credit by Unsplash

Untuk memberi petunjuk hidup bagi manusia, Allah menyampaikan firman-Nya melalui kitab-kitab yang utusan (Rasul) bawa. Kitab terakhir yang wajib muslim yakini adalah al-Qur’an. Kamu harus yakin bahwa al-Qur’an merupakan firman Allah (Kalamullah) yang di dalamnya berisi kebenaran tanpa keraguan. Jadi, mendustakan salah satu ayat saja, dapat memengaruhi nilai keimananmu.

4. Iman kepada Rasul

rukun iman ke 4

Iman kepada Rasul / Credit by Unsplash

Rukun iman ke-4 adalah beriman kepada Rasul. Rasul dalam bahasa Arab maknanya ‘utusan’. Mereka adalah manusia yang Allah SWT jadikan perantara untuk membawa berbagai petunjuk-Nya ke tengah-tengah umat manusia. Nabi Muhammad SAW adalah Rasul terakhir yang wajib kamu yakini kebenarannya. Oleh karena itu, kamu juga tak boleh meragukan segala hal yang Beliau bawa (al-Qur’an), karena isinya adalah wahyu yang Beliau dapatkan melalui malaikat Jibril.

5. Iman kepada hari akhir

rukun iman ke 4

Iman kepada hari akhir/ Credit by Unsplash

 

Alam semesta beserta isinya yang menakjubkan ini, pada akhirnya akan musnah. Itulah yang namanya Kiamat atau Hari Akhir (Yaumul akhir). Dengan keyakinan ini, seorang muslim mesti sadar bahwa segala hal yang ia kumpulkan di dunia hanya titipan. Semuanya akan Allah SWTambil cepat atau lambat.

6. Iman kepada qadha dan qadar

Apa yang dimaksud rukun iman?

Qada dan qadar / Credit by Unsplash

Qadha dan qadar adalah hal-hal yang berhubungan dengan ketetapan Allah Swt atas berbagai perkara yang tak bisa manusia kendalikan. Di dunia, banyak hal yang masuk dalam kategori ini, seperti kelahiran, kematian, perputaran benda semesta, dan banyak lagi. Sebagai muslim, kamu juga harus meyakini bahwa semuanya adalah kuasa Allah Swt.

Dengan keyakinan sempurna terhadap seluruh rukun iman, hidup kamu akan lebih terarah. Pada akhirnya, rida Allah dan surga yang kamu impikan dapatkan kamu raih kelak di akhirat.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE