Mau makan tapi bosen lihat telur asin yang bentuknya gitu-gitu aja? Sama. Bosen telur asin cuma buat lauk nasi melulu? Sama. Telur asin memang banyak dijumpai di mana-mana, tapi bisa dipastikan kalau bentuknya mainstream banget. Rasanya juga pasti rasa telur yang asin.

Tenang, telur asin ternyata juga bisa dikreasikan jadi makanan yang menggugah selera. Biar nggak mainstream, kamu boleh coba beberapa resep berbahan telur asin ini!

1. Telur asin bakal terlihat istimewa dan unik rasanya kalau dimasak jadi pepes telur asin.

pepes telur asin emang bikin laper via resepkecilku.net

Pepes telur asin? Emm, biasanya pepes identik dengan daging, tapi yang satu ini layak banget kamu coba.

Bahan:

Advertisement
  • 6 butir telur asin mentah
  • 75 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 buah tomat diiris tipis
  • daun pisang

Bumbu:

  • 4 buah cabai merah keriting
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm kunyit yang sudah dibakar
  • 1 cm jahe
  • ¼ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir

Campur rata semua bumbu dan santan. Balut sebutir telur dalam daun pisang lalu tuang 2 sendok campuran bumbu dan taburkan kemangi. Semat dengan lidi, kukus selama 30 menit, lalu angkat.

Resep diadaptasi dari resepkecilku.net

2. Pasti udah nggak asing dengan menu udang goreng telur asin ‘kan?

udang goreng telur asin yang crunchy siap disantap via resepalaghoni.com

Resep melegenda ini mungkin sudah banyak didengar. Tapi, tahukah kamu kalau cara bikinnya cukup gampang. Ini dia caranya.

Bahan:

  • 700 gram udang
  • 60 gram tepung maizena
  • garam dan lada bubuk secukupnya
  • 225 gram mentega
  • 1 buah bawang putih, diiris tipis-tipis
  • 6 buah telur asin rebus (cukup kuningnya saja)
  • minyak goreng

Pertama hancurkan kuning telur asin hinggal lembut, sisihkan. Campur tepung maizena, garam, dan lada bubuk. Balur udang yang sudah diberihkan dengan adonan tepung kering. Deep fry udang dalam minyak hingga matang. Tumis bawang, lalu masukkan kuning telur yang sudah dihancurkan dalam tumisan. Jika sudah rata, masukkan udang goreng, aduk hingga rata.

Resep diadaptasi dari resepalaghoni.com

3. Tahu telor asin – tahu yang digoreng dengan balutan telur asin ini dijamin nikmat banget!

tahu goreng telur asin emang ngundang banget via resepolahantahu.blogspot.co.id

Tahu memang sahabat banyak bahan lainnya, termasuk telur asin. Resep yang satu ini cocok buat kamu yang suka tahu dan suka telur asin. Cara bikinnya juga relatif gampang.

Bahan:

  • 2 buah tahu

Bahan Lapisan:

  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sdt tepung beras
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • air secukupnya

Bahan Tumisan:

  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai hijau keriting
  • 4 butir kuning telur asin rebus (haluskan)
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis dan menggoreng tahu

Campur semua bahan lapisan, lalu masukkan tahu yang sudah dipotong jadi beberapa bagian, aduk lalu goreng hingga matang. Tumis bawang dan cabai yang sudah dihaluskan, lalu masukkan bahan-bahan tumisan dan aduk hingga rata. Setelah itu masukkan tahu yang sudah matang, tumis hingga rata. Kamu bisa tambahkan bawang goreng sesuai selera.

Resep diadaptasi dari resepolahantahu.blogspot.co.id

4. Pengen masakan yang lezat sekaligus sehat? Buat brokoli telur asin yang gampang banget dibuatnya.

brokoli + telur asin ditumis via selerasa.com

Tumis brokoli mungkin sudah biasa. Menambahkan telur asin dalam tumis brokoli, kamu mau coba? Caranya cukup sederhana. Kamu bisa coba sendiri di rumah.

Bahan Utama:

  • 300 gram brokoli
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 butir telur asin matang
  • 100 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Tumis:

  • 2 siung bawang putih
  • ½ buah bawang bombay
  • Garam secukupnya
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh maizena dan 1 sendok teh air (campur)

Pertama-tama tumis brokoli yang sudah dicuci dengan minyak panas sambil menambahkan garam secukupnya. Angkat dan sisihkan.

Selanjutnya tumis bawang dan cabai. Setelah harum, masukkan telur asin yang sudah dicincang, tambahkan garam dan merica. Tuangkan air, masak hingga mendidih, tambahkan larutan maizena, lalu aduk hingga rata. Setelah matang, tuangkan saus telur asin di atas brokoli yang sudah dipersiapkan tadi.

Resep diadaptasi dari selerasa.com

5. Jamur goreng salut telur asin, camilan renyah dan gurih yang pas banget disantap saat kumpul bareng keluarga.

jamur crispy dengan campuran telur asin via arizkyyp.blogspot.co.id

Jamur crispy sudah banyak kita jumpai, tapi jamur crispy dengan campuran telur asin mungkin masih asing dan boleh banget buat kamu coba.

Bahan:

  • 100 gr jamur, rendam dalam air es
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung sagu
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu ayam
  • Lada bubuk secukupnya
  • 1 butir telur asin
  • Daun kari secukupnya
  • Daun pandan secukupnya, potong-potong
  • 1 sdm mentega

Campur sagu dan terigu sambil menambahkan garam, kaldu ayam, dan lada bubuk. Masukkan jamur, aduh rata. Pastikan minyak sudah panas, lalu goreng jamur hingga matang. Untuk bumbunya, panaskan mentega lalu masukkan telur asin. Aduk hingga berbusa, lalu tambahkan daun kari dan daun pandan. Masukkan kembali jamur ke dalam bumbu, aduk hingga rata, angkat dan santap selagi panas.

Resep diadaptasi dari arizkyyp.blogspot.co.id

6. Buat kamu yang doyan pasta, bisa juga bikin carbonara topping telur asin. Unik ‘kan?

carbonara dengan potongan telur asin via www.yummy.ph

Pasta memang nggak ribet bikinnya. Menambahkan telur asin tentunya juga nggak ribet juga. Kamu bisa coba resep yang satu ini.

Bahan:

  • garam untuk merebus pasta
  • 300 gram spaghetti
  • 2 sendok makan olive oil
  • ½ daging kornet
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 telur asin, dikupas dan dipotong halus
  • ekstra telur asin (topping)
  • 1 cup parmesan cheese
  • lada hitam secukupnya

Rebus pasta dengan air campur garam secukupnya. Selagi merebus, tumis bawang dengan olive oil, tambahkan daging kornet sambil dan telur asin. Setelah spaghetti cukup empuk, tiriskan dan tambahkan tumisan kornet dan telur asin. Ambil 1 ekstra telur asin, hancurkan dengan keju. Tambahkan sebagai toping. Jangan lupa taburkan lada hitam secukupnya.

Resep diadaptasi dari yummy.ph

7. Hidangan yang satu ini emang juara. Kepiting saus telur asin pastilah mantap rasanya.

semakin segar setelah mandi dengan saus telur asin via dentistvschef.wordpress.com

Yang satu ini membutuhkan sedikit keahlian. Tapi, bukan hal yang nggak mungkin kok buat kamu coba.

Bahan:

  • 1 kepiting ukuran sedang (650 gram)
  • 1 sendok makan perasan jeruk lemon
  • 4 telur asin (cukup kuning telurnya, hancurkan)
  • 1 sendok makan mentega
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 lembar daun kari
  • 1/3 cup keju parut
  • 3 siung bawang putih, haluskan2 siung bawang merah, haluskan
  • 3 cabai merah
  • 1 cup kaldu ayam
  • garam dan lada secukupnya

Sikat dan bersihkan kepiting dengan air hingga bersih. Bumbui dengan perasan jeruk lemon, garam, dan lada, lalu sisihkan. Deep fry kepiting sekitar 2-3 menit, lalu sisihkan (kalau mau, kamu juga bisa merebusnya). Panaskan minyak, lalu tambahkan mentega hingga meleleh. Tambahkan bawang putih, bawang merah, cabai, lalu tumis hingga kecoklatan. Tambahkan kuning telur yang sudah dihancurkan, daun kari, aduk hingga rata. Tuangkan kaldu, lalu tambahkan keju. Biarkan hingga mendidih, lalu masukkan kepiting dalam pan. Tunggu sekitar 3 menit, angkat dan sajikan.

Resep diadaptasi dari dentistvschef.wordpress.com

8. Nggak cuma hidangan laut aja, ayam masak telur asin juga nggak kalah enak kok!

ayam goreng yang sudah dibalut pecahan telur asin via m.log.viva.co.id

Siapa bilang hanya daging laut yang bisa dipadukan dengan telur asin? Daging ayam juga cocok banget dipadukan dengan telur asin. Penasaran? Ini dia caranya.

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, potong 12 bagian
  • 4 butir telur asin, hancurkan kasar
  • 400 ml air
  • minyak untuk menggoreng
  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • 12 lembar daun kari atau salam koja atau kemangi
  • 2 siung bawang putih cincang
  • ½ buah bawang bombay cincang

Bumbu:

  • 6 butir Bawang merah, haluskan
  • 4 siung Bawang putih, haluskan
  • ½ sendok makan ketumbar, sangrai, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 2 batang serai
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sendok teh garam halus

Masukkan potongan daging ayam ke dalam panci berisi air dan campuran bumbu, masak dengan api kecil hingga daging empuk. Sementara itu, campur tepung terigu dan tepung tapioka. Angkat ayam dari panci, celupkan dalam putih telur lalu masukkan dalam adonan tepung. Angkat dan tepuk sedikit agar tepung yang tidak menempel tidak ikut tergoreng. Rendam daging dalam minyak hingga kuning kecoklatan.

Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan wajan yang sudah panas. Masukkan telur asin, aduk hingga rata, lalu tambahkan 2 sendok makan air, masak sampai berbusa. Masukkan daun salam atau kemangi atau daun kari beserta ayam yang sudah digoreng dalam tumisan telur. Aduk hingga rata, lalu sajikan selagi panas.

Resep diadaptasi dari viva.co.id

Nah, sudah baca resepnya? Sekarang giliran kamu untuk mencobanya. Semoga berhasil, ya…