Menjaga pengihatan mata sekarang menjadi concern banyak orang, karena gangguan pada sistem ini sering kali menyerang tanpa mengenal usia. Entah itu minus, silinder, maupun gangguan penglihatan lainnya. Apakah kamu juga mengalami salah satunya?

Selain dengan istirahat cukup dan mengontrol penggunaan komputer, berikut ada cara lain yang bisa kamu praktikkan demi menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi jenis-jenis makanan sehat, misalnya. Dan berikut ini Hipwee Tips sudah merangkum tulisan Fitnessmagazine dan Sheknows.com untukmu!

1. Konsumsi setidaknya satu telur setiap harinya, agar matamu tetap terjaga kualitasnya

telur via eggs.org.nz

Telur mengandung protein yang bermanfaat untuk lensa matamu. Kuning telurnya juga akan menjaga matamu dari berbagai macam penyakit ketika tua nanti karena mengandung lutein dan zaxanthin, juga zinc. Makan satu atau dua telur setiap harinya untuk kualitas penglihatan yang lebih baik.

2. Tak hanya menjaga kualitas penglihatanmu sampai tua, bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol juga

Bawang putih via huffingtonpost.ca

Advertisement

Sama seperti telur, bawang putih membantu melindungi lensa mata dan melawan katarak serta penyakit mata lainnya yang kemungkinan muncul seiring bertambahnya usia. Selain memberi manfaat besar pada mata, bawang putih juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga sistem imun, dan memperlancar sirkulasi darah. Wah, hebat ya…

3. Sering-seringlah makan ikan yang mengandung omega-3, agar kualitas penglihatanmu bisa lebih sempurna

ikan mengandung omega-3 via foodal.com

Ikan yang mengandung omega-3 antara lain adalah salmon, tuna, dan cod. Kandungan asam lemak omega-3 ini sangat baik untuk retina matamu. Manfaatnya untuk meningkatkan kekuatan otak termasuk penglihatan yang lebih baik. Kamu yang nggak doyan makan ikan, bisa minum pil minyak ikannya, kok 🙂

4. Nggak ada ceritanya pandanganmu jadi berbayang, kalau rajin makan alpukat yang punya manfaat segudang

Alpukat via thedish-plated.com

Dari segala jenis buah, alpukat lah yang memiliki kandungan lutein paling tinggi. Lutein berfungsi untuk meningkatkan kualitas penglihatan dengan cara mereduksi kemungkinan-kemungkinan munculnya katarak serta penyakit mata lainnya. Alpukat mengandung vitamin E juga lho!

5. Hanya dengan sejumput bayam, kualitas penglihatanmu bisa dipastikan akan selalu aman

Sayuran hijau dikenal dapat mencegah penurunan kualitas penglihatan.

Bayam mengandung lutein dan vitamin yang dapat mencegah hilang atau berkurangnya kualitas penglihatan. Tapi ingat ya, memasaknya jangan sampai terlalu matang karena akan merusak zat-zat penting tadi.

6. Sayur yang punya rasa juara, selain enak ternyata brokoli juga baik untuk kesehatan mata

banyakin brokoli via khoobsurati.com

Brokoli mengandung lutein dan vitamin C yang dikenal baik untuk menjaga kualitas penglihatan mata seseorang. Kabar baiknya lagi, brokoli punya rasa yang enak dan dapat dimasukkan dalam berbagai jenis menu sayuran.

7. Ubi manis harus jadi favoritmu! Rasa lezatnya bermanfaat juga untuk kejernihan penglihatanmu

Ubi kaya akan beta karoten dan yang paling penting rasanya itu super enak. Beta karoten inilah yang membuat ubi (dan juga wortel) warnanya oranye. So, banyak-banyakin makan ubi biar penglihatanmu makin jernih, ya 🙂

Selain menjaga kesehatan mata dengan bahan makanan tadi, kamu juga harus melakukan beberapa hal seperti; mengontrol kecerahan komputer & gadget, rutin memeriksakan mata, dan istirahat cukup supaya kesehatan matamu selalu optimal.

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!