Sleep apnea, atau bahasa sehari-harinya mengorok, adalah gangguan tidur yang bisa dialami siapa saja. Tak hanya orang yang sudah lanjut usia, tapi juga anak muda. Tak hanya yang berbadan besar, yang mungil pun bisa.

Kalau sudah ketahuan mendengkur, wajar jika kita merasa malu. Apalagi kalau dengkuran kita sampai membuat orang lain terganggu. Nah, sebelum ketahuan dan malu beneran, nggak ada salahnya jika kita mempraktikkan cara-cara sederhana di bawah ini. Mungkin dengkuranmu tak lantas hilang sama sekali, tapi paling tidak bisa berkurang dan tak semengganggu dulu lagi.

1. Tidur dengan posisi miring ampuh mencegah dengkur. Letakkan guling di belakang punggung supaya tips ini lebih manjur.

Tidur miring

Tidur miring via www.sofeminine.co.uk

Advertisement

Salah satu trik paling mudah untuk mencegah suara dengkuran adalah tidur dengan posisi miring. Pada posisi ini, lidah dan otot bagian belakang mulut tidak akan mudah terdorong ke belakang dan menutupi saluran pernapasan — seperti yang kerap terjadi saat kita tidur dengan posisi telentang. Nah, jika mau tidur dengan posisi miring, letakkanlah guling di belakang punggungmu. Dengan begini, kamu akan lebih mudah mempertahankan posisi tidurmu sepanjang malam.

Kalau mengubah posisi tidur tidak efektif mencegah dengkuranmu, kamu mungkin menderita obstructive sleep apnea. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, karena dengkuranmu mungkin menandakan kondisi medis yang lebih serius.

2. Jika kamu bertubuh besar, cobalah mengurangi berat badan. Saluran pernapasan yang tertekan lemak bisa memicu dengkuran

Gemuk | Creative Commons

Gemuk | Creative Commons via pixabay.com

Orang kurus juga bisa mendengkur, tapi kalian yang bertubuh besar lebih rentan menderitanya. Sebabnya apalagi kalau bukan saluran pernapasan yang tertekan lemak leher. Karena itu, salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi ngorok atau mendengkur adalah dengan mengurangi berat badan. Mulai kurangi karbohidrat di menu makananmu dan rutin berolahraga. Tak perlu memforsir diri dan berolahraga terlalu berat, yang penting rutin minimal 30 menit sehari.

3. Orang bisa mendengkur karena kelelahan. Untuk mencegahnya, rutinlah berolahraga dan istirahat secukupnya

Jogging | Creative Commons

Jogging | Creative Commons via pixabay.com

Advertisement

“Biasanya aku nggak ngorok sih, kecuali kalau lagi capek banget…”

Banyak orang yang saat normalnya sebenarnya tidak mendengkur. Kecuali, ketika sedang lelah-lelahnya. Saat kita sedang lelah, otot tubuh akan melemah dan menjadi lemas — termasuk otot pernapasanmu. Nah, inilah yang kemudian menyebabkan dengkuran.

Untuk mengantisipasinya, cara yang paling efektif adalah memperkuat otot dengan olahraga. Selain itu, pastikan kamu beristirahat secukupnya. Dengan begini nggak perlu khawatir kamu akan mendengkur sepanjang malam karena tubuh yang kelelahan.

4. Mandi air hangat tepat sebelum tidur akan bisa melancarkan pernapasanmu. Efektif mencegah dengkuran jika masalahnya di hidungmu

Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur via www.thetinydarling.com

Kadang dengkuran bisa terjadi karena ada masalah di hidungmu. Itulah kenapa, orang yang sedang flu atau hidungnya mampet akan mendengkur keras ketika tidur. Nah, kalau kasusnya begini, cobalah untuk mandi air hangat tepat sebelum tidur. Uap hangat air mandi akan membuka hidungmu yang mampet dan memudahkanmu bernapas selama tidur. Tak hanya membuka dengan uap saja, kamu juga bisa mencuci hidungmu (seperti saat berwudhu) dengan memasukkan air garam hangat ke dalam lubang hidung.

5. Mungkin bantal tidurmu harus diganti. Bisa jadi, ia penuh debu yang memicu alergi

Flickr: chris.ne

Flickr: chris.ne via www.flickr.com

Tahukah kamu kalau alergi bisa memicu dengkuran? Jadi, cobalah periksa — siapa tahu bantal atau sprei tidurmu memang sudah harus diganti. Atau mungkin kamu memelihara kucing/anjing dan bulu mereka tersebar di mana-mana. Gantilah sarung bantalmu seminggu sekali dan cuci bantalmu enam bulan sekali. Kamu akan mencegah dengkuran karena alergi dengan cara ini.

6. Dehidrasi juga salah satu penyebab orang mendengkur. Sudahkah kamu minum cukup air sebelum tidur?

Minum air yang cukup

Minum air yang cukup via wheretoget.it

Pastikan kamu cukup minum air sebelum tidur karena air liur di belakang lidah akan lebih mudah mengeras dan menutup saluran pernapasan saat kamu dehidrasi. Minum 2 gelas air sebelum tidur mungkin bisa menjadi cara mudah untuk memenuhi kebutuhan cairan harianmu. Cara-cara sederhana seperti ini bisa menghasilkan efek yang besar pada tubuh yang mendengkur, lho.

Oh iya: selain mempraktikkan cara-cara ini, kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter. Bukannya menakut-nakuti, tapi mungkin saja dengkuran itu adalah tanda-tanda kondisi medis yang lebih serius.

Semoga membantu ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya