Siapa sih yang nggak suka ngupil? Kegiatan ini selain menyenangkan juga punya tujuan mulia. Betul, panen emas. Ngupil bermanfaat untuk membersihkan kotoran di rongga hidung yg sudah mengering. Kotoran ini harus dibersihkan secara berkala supaya nggak mengganggu pernafasan. Udah gitu, kalau kita malas ngupil, kotoran ini akan menyebabkan iritasi dan gatal pada hidung. Huh!

Di sini Hipwee Tips juga setuju kalau keseringan ngupil itu tak baik bagi kesehatan, meski menghasilkan kenikmatan. Nggak percaya? Baca artikel ini sampai habis, ya…

1. Jari tanganmu yang penuh bakteri dan virus akan menyebabkan flu, bahkan penyakit pernafasan kronis lain

mudah terkena flu

mudah terkena flu via www.google.co.id

Advertisement

Mestinya kamu tahu kalau jari tangan kita adalah media yang paling banyak berpotensi membawa virus dan penyakit. Bagaimana tidak? Setiap kali melakukan aktivitas, jari-jari tangan pasti terlibat di dalamnya. Entah menulis, bermain HP, mengambil uang, garuk-garuk, berjabat tangan, dan sebagainya.

Kebiasaan memasukkan jari ke hidung sangat rentan terkontaminasi virus flu dengan melewati selaput lendir yang masuk ke hidung. Gejala yang akan dirasakan berupa gatal pada tenggorokan serta bersin-bersin.

Oleh karena itu, sebaiknya pastikan jari tangan kita higienis dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum ngupil. Mencuci tangan juga merupakan salah satu tindakan pencegahan agar nggak mudah terserang penyakit, lho!

2. Nggak cuma serangan flu, waspadai juga bakteri penyebab infeksi

ntar infeksi lho..

ntar infeksi lho.. via jawapos.com

Advertisement

Bakteri yang dibawa melalui jari-jari tangan juga dapat menyebabkan infeksi. Semakin sering kita ngupil, semakin besar pula peluang si bakteri bisa menyebar ke dalam tubuh kita. Makanya, mencuci tangan sangat penting sebelum melakukan apapun.

3. Nggak lucu ‘kan, kalau kita sampai mimisan cuma gara-gara ngupilnya keseringan?

mimisan!

mimisan! via health.kompas.com

Kebiasaan sering ngupil apalagi jika terlalu bersemangat dapat menyebabkan mimisan karena cidera pada lapisan hidung. Padahal lapisan ini berfungsi sebagai perlindungan tubuh dari bakteri dan benda asing lainnya. Mimisan dapat menyebabkan rongga hidung lebih rentan terkena iritasi dan infeksi. Jadi, sebaiknya jangan terlalu dalam ‘menggali emas’, ya!

4. Bulu hidungmu juga akan mudah rontok. Bukan bulu ketek lho ya…

awww! bulu hidung rontok!

awww! bulu hidung rontok! via adweek.com

Jika kita terlalu sering ngupil, bulu hidung akan lebih mudah rontok. Hal ini sangat disayangkan, karena fungsi bulu hidung sangat penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Apa jadinya kalau hidung tanpa bulu hidung? Hal ini akan mempermudah jalan bagi segala jenis penyakit dan infeksi untuk masuk ke dalam tubuh.

Bulu hidung itu ibarat bea cukai. Kalo nggak diseleksi, sistemnya akan kacau. Cieelaaah…

5. What?! Keseringan ngupil bisa menyebabkan kematian??

dampak terparah adalah meningitis hingga kematian

dampak terparah adalah meningitis hingga kematian via www.google.co.id

Dampak terparah jika kita terlalu sering ngupil adalah kematian. Kok bisa begitu? Di dalam rongga hidung terdapat tulang ethmoid yang memisahkan hidung dari otak. Jika kita terlalu berusaha keras untuk mendapatkan bongkahan emas dan tidak berhati-hati dan tanpa sengaja menusuk bagian tulang tersebut, maka cairan di otak dapat bocor serta menyebabkan penyakit meningitis. Penyakit meningitis ini juga terpicu akibat bakteri dan virus yang disalurkan melalui jari tangan. Wah, seram ya!

Pelajari dan tahu lebih dalam soal penyakit meningitis di sini, ya!

Nah, itulah dampak buruk yang terjadi jika kita terlalu sering ngupil tanpa mengindahkan kebersihan dan ketelatenan. Makanya, lebih berhati-hati lagi ya, guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya