Kapan Saat yang Dianjurkan Membaca Niat Puasa Ramadhan?

Ramadan adalah bulan yang sangat kaum muslimin nantikan.  Pada bulan yang membawa keberkahan ini, seluruh umat Islam wajib untuk menjalankan puasa Ramadan. 

Advertisement

Salah satu syarat sah puasa Ramadan adalah melaafalkan niat puasa. Sehingga, sebelum menjalankan ibadah ini, umat islam wajib membaca niat puasa Ramadan. Berikut penjelasan kapan waktu untuk melafalkan niat puasa Ramadhan.

Lafal niat puasa Ramadhan

Lafal niat puasa ramadhan dan artinya

Berdoa | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan  menahan diri, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Sedangkan, niat merupakan maksud yang berada di dalam hati manusia ketika hendak melakukan sesuatu. 

Begitu juga ketika hendak berpuasa, kamu harus berniat untuk mendekatkan  diri kepada Allah Swt.  Kewajiban akan niat ini sudah tertera dalam Hadis Rasulullah SAW: “Sesungguhnya amal perbuatan disertai dengan niat-niat”. (H.R Bukhari)

Advertisement

Lafaz niat puasa Ramadan adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Advertisement

 “Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla”.

Sedangkan arti bacaan niat puasa Ramadan latin adalah “Saya berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan karena Allah Ta’ala” 

Kapan waktu membaca niat puasa Ramadhan?

waktu membaca niat puasa

Membaca niat puasa | Foto oleh Monstera dari Pexels

Bacaan niat biasanya kamu baca saat malam sebelum melaksanakan ibadah puasa pada keesokan harinya. Nah, berniat sebelum menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu rukun dari puasa. Sejatinya, niat puasa harus tulus, tujuannya agar mendapatkan syafaat dan keberkahan seperti apa yang telah Kamu niatkan. 

Meskipun niat letaknya ada di dalam hati, namun dalam Mazhab Syafi’i menganjurkan untuk melafalkan bacaan niat. 

Namun, ada kalanya umat Islam tidak bisa melakukan puasa yang karena haid atau halangan lainnya. Jika demikian, maka kamu wajib mengganti hutang puasa di kemudian hari. Waktu yang tepat mengganti puasa Ramadan adalah mulai sejak syawal sampai  sebelum Ramadan di tahun selanjutnya. 

Lantas bagaimana jika lupa jumlah hutang puasa yang harus kamu bayar? Maka lakukanlah dengan pelan-pelan. Artinya ambil waktu di saat orang lain berpuasa sunnah, kemudian kamu ikut melakukan puasa namun jangan lupa membaca niat puasa ganti  Ramadan. 

Niat puasa dan sahur

Sebelum berpuasa, biasanya umat Islam menjalankan ibadah makan sahur. Sahur merupakan aktivitas yang kamu lakukan saat dini hari sebelum menjalankan ibadah puasa. 

Sahur hukumnya sunnah, jika kamu kerjakan akan mendapat pahala, sementara bila kamu tinggal tidak akan berdosa. Meskipun demikian, Nabi Muhammad tetap menganjurkan umatnya untuk meluangkan waktu bersahur karena keberkahan di dalamnya. 

Ada sebagian orang yang berniat puasa sebelum menyantap makan sahur, ada pula yang melakukannya setelah salat Isya. 

Itulah ulasan tentang kapan waktu yang tepat mengucap niat puasa Ramadan. Semoga informasi di atas membantu, ya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE