6 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Nggak Muncul di Layar. Nggak Ketahuan Pas Ada Pesan

Notifikasi whatsapp tidak muncul

“Aku tadi nge-WA kamu lo!”

“Iyakah? Nggak ada notifnya soalnya.”

Masalah di atas seolah jadi keluhan umum yang paling sering dialami oleh pengguna WhatsApp. Ketika notifikasi nggak muncul, kita jadi nggak bisa menyegerakan membalas pesan dari orang lain. Jadi harus buka aplikasinya dulu baru ketahuan ada banyak pesan yang masuk. Wah, ribet juga, ya!

Advertisement

Nah, jika kamu mengalami keluhan yang sama, coba lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya.

1. Cek pengaturan notifikasi aplikasi WhatsApp, jangan-jangan belum kamu aktifin~

set notifikasi via dianisa.com

Kebanyakan pengguna lupa kalau mereka nggak mengaktifkan notifikasi di WhatsApp. Coba cek dulu pengaturan di aplikasimu.

Buka aplikasi WhatsApp, pilih ‘Setelan’, kemudian pilih ‘Notifikasi’. Setelah itu, kamu bisa mengatur notifikasinya, mulai dari nada, getar, lampu, hingga pop-up notifikasi.

2. Kalau notifikasi aplikasi sudah aktif, kamu bisa mengecek di kolom pemberitahuan di HP-mu

kelola pemberitahuan via dianisa.com

Setiap smartphone pasti memiliki kelola notifikasi aplikasi yang bisa ditemukan di menu ‘Pengaturan’.

Advertisement

Buka menu ‘Pengaturan’, pilih ‘Setelan Tambahan’, klik ‘Manajemen Aplikasi’ dan cari aplikasi WhatsApp. Kemudian tap ‘Kelola Pemberitahuan’, lalu klik. Maka notifikasi akan muncul dengan sendirinya.

3. Pastikan bahwa WhatsApp selalu berjalan di background

setting latar via gadgetren.com

Aplikasi yang masih ada di background memang bisa bikin HP jadi lebih lemot dan boros kuota. Tapi untuk WhatsApp, mending kamu biarkan saja, sebab aplikasi ini membutuhkan sinyal terus untuk menerima pesan secara langsung. Selain itu, kamu pun perlu memastikan bahwa background-nya nggak dibatasi, ya!

Buka menu ‘Settings’, pilih ‘Apps’, tinggal cari aplikasi WhatsApp. Buka ‘Data Usage’, dan pastikan opsi background datanya aktif.

4. Coba setel ulang preferensi akses aplikasi WhatsApp di ponselmu

reset via jalantikus.com

Biasanya, semua aplikasi yang terpasang di ponsel memiliki preferensi yang berisi permohonan akses. Nah, apabila setelan preferensinya nggak sesuai, maka aplikasi nggak bisa berfungsi secara normal dan jadi nggak muncul notifikasinya. Salah satu cara memperbaikinya ialah dengan menyetel ulang ke aslinya.

Buka menu ‘Settings’, pilih ‘Apps’, kemudian klik menju di pojok kanan atas, klik ‘Reset App Preferences’.

5. Coba hentikan aplikasi dan hapus data di aplikasi WhatsApp-nya

hapus data via dianisa.com

Sebenarnya sistem ini hampir sama dengan clear cache, hanya saja ini cuma dipakai buat WhatsApp-nya saja. Metode ini juga akan mengembalikan WhatsApp ke pengaturan awal, jadi notifikasinya jelas akan muncul setelahnya.

Buka menu ‘Settings’, pilih ‘Setelan Tambahan’, klik ‘Manajemen Aplikasi’, cari WhatsApp lalu tap ‘Paksa Berhenti’ dan ‘Hapus Data’.

6. Tiap buka WhatsApp di web, pastikan kamu sudah langsung log out

Advertisement

log out via gadgetren.com

Saat mengaktifkan layanan WhatsApp di web, notifikasi yang semula ada di HP bakal pindah ke dekstop. Hal inilah yang jadi penyebab kenapa tiap ada pesan masuk, ponselmu nggak berbunyi. Apalagi jika kamu buka WhatsApp web di banyak laptop.

Buka aplikasi WhatsApp, pilih simbol tiga titik vertikal di pojok kanan atas. Kemudian pilih ‘WhatsApp Web’, lalu klik ‘Log Out from All Devices’.

Selain trik-trik di atas, kamu juga perlu memastikan bahwa koneksi internetnya cukup lancar sehingga aplikasi WhatsApp bisa berjalan dengan baik dan notifikasinya nggak telat masuk. Atau, sebelum melakukan beberapa langkah di atas, kamu bisa me-restart, barangkali memang datanya yang sedang tersendat.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE