6 Bahan-bahan Alami yang Bisa Meredakan Asam Lambung. Minim Risiko Karena 100% Alami

Obat alami asam lambung

Belakangan ini, ramai diperbincangkan obat asam lambung berbahaya yang disebut ‘Ranitidin’. Dilansir dalam laman CNN, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan untuk menarik Ranitidin dari pasaran karena dianggap berbahaya dan dapat memicu kanker. Pasalnya, ada indikasi pencemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) di atas ambang normal sehingga sifatnya karsinogenik alias memicu kanker.

Advertisement

Padahal obat ini tergolong cukup umum, kenaikan asam lambung pun termasuk kondisi yang banyak dialami orang. Selain minum obat yang diresepkan dokter, sebenarnya ada lo bahan-bahan alami yang bisa meredakan gejalan naiknya asam lambung. Bahan-bahan alami yang minim risiko ini mungkin bisa dicoba, sebagai pertolongan pertama. Tapi kalau sudah parah ya harus ke dokter lo~

Lidah buaya yang memang terkenal manjur meredakan peradangan, juga bisa redakan asam lambung. Bisa diolah jadi bentuk jus dan diminum sebelum makan

jus lidah buaya via drinksfeed.com

Lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan akibat asam lambung naik. Journal of Traditional Chinese Medicine dalam laman Hello Sehat mengatakan dengan minum 10 mililiter jus lidah buaya setiap hari selama 4 minggu kamu bisa membuat asam lambungmu membaik. Bahkan, lidah buaya ini bisa menghilangkan gejala lain seperti mual dan muntah. Lidah buaya ini baiknya dijus dan dikonsumsi sebelum makan.

Licorice atau akar manis dipercaya dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti nyeri ulu hati atau heartburn

akar manis via silkroadspices.ca

Akar manis dapat menebalkan lapisan mukosa pada esofagus yang mana mampu melawan efek iritasi dari kenaikan asam lambung. Di samping itu, akar manis ini juga mengandung zat khusus yang bisa membantu meredakan peradangan di saluran pencernaan dan tukak lambung.

Advertisement

Madu memiliki beberapa manfaat yang bisa meredakan gejala refluks asam lambung yang muncul ketika mag

Agar bisa memperoleh manfaat ini, kamu bisa meminum madu secara langsung sebanyak satu teh. Namun, kamu juga perlu berhati-hati terhadap efek sampingnya. Sebab, madu sendiri memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Baking soda atau soda kue kerap diandalkan sebagai obat alami untuk asam lambung

baking soda via lifestyle.kompas.com

Normalnya, pankreas memproduksi natrium bikarbonat untuk melindungi usus dan menetrakan asam lambung dengan cepat. Baking soda pun memiliki kandungan natrium bikarbonat yang hampir sama dengan pankreas. Makanya, saat asam lambung menyerang cobalah campurkan baking soda ini dalam teh yang telah diseduh.

Menurut  Journal of Dental Research dalam laman Dokter Sehat, permen karet tanpa gula juga bisa bantu menurunkan asam lambung yang naik

Mengunyah permen karet via www.istockphoto.com

Setelah selesai makan, kamu disarankan untuk mengunyah permen karet selama 30 menit. Permen karet ini bisa dijadikan sebagai alternatif obat sebab dapat meningkatkan produksi air liur yang membuat asam lambung mereda.

Jahe memiliki sifat anti-radang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya

air rebusan jahe via intisari.grid.id

Jahe dapat memberikan respons gastroprotektif yang mana bisa mencegah peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk melawan bakteri Helicobacter pylori, yang menyebabkan asam lambung kumat. Kamu bisa membuat minuman dari geprekan jahe untuk melegakan asam lambungmu, ya!

Meski obat-obat alami ini terbukti aman dan bisa menyembuhkan asam lambung, namun kamu tetap perlu mengonsultasikannya kepada dokter. Selain obat, kamu juga perlu mengubah gaya hidup agar asam lambung nggak mengalami peningkatan terus-menerus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE