Nasi memang menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Layaknya sebuah rutinitas, makanan yang satu ini selalu tersedia dengan fresh setiap hari di meja makan. Tapi pernah nggak sih kamu mendapati nasi sisa yang sebenarnya sayang untuk dibuang?

Beras mahal, lho! 🙁 🙁

Mungkin itulah yang mendasari asal-usul nasi goreng, pemanfaatan nasi bekas agar tidak terbuang secara sia-sia. Tapi, bosan juga nggak sih kalau nasi bekas selalu berakhir menjadi nasi goreng? Sekali-kali berinovasi yuk! Ini nih 8 resep olahan nasi bekas yang bakal bikin kamu semakin hobi makan nasi!

Kroket nasi keju ala Italia dijamin bakal bikin nasi bekasmu lebih berselera!

Nasi bekas memang paling enak untuk digoreng, tapi kalau kamu bosan dengan nasi goreng, resep yang satu ini cocok banget buat kamu! Di Italia, mereka punya resep bernama Arancini  atau bola-bola nasi yang sering menjadi cara asik untuk menggunakan nasi sisa. Bola-bola nasi keju asal Italia ini nggak cuma lezat, tapi gampang banget buatnya!

Advertisement

Kamu cuma butuh:

  • 300 gram nasi putih sisa
  • 80 gram keju cheddar parut
  • 8 mozarella potong dadu kecil
  • 3 telur
  • Tepung roti atau panko
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  • Campurkan nasi, keju, garam, merica dan juga satu telur dalam satu wadah. Campur semuanya dengan tangan hingga rata.
  • Bagi adonan menjadi delapan bagian, pipihkan masing-masing dengan tangan lalu masukkan keju dadu dan bentuk bulat-bulat, sisihkan.
  • Kocok dua telur sisa dalam mangkok.
  • Celupkan bulatan nasi pada telur, lalu lumuri dengan tepung roti. Goreng hingga keemasan!

Kroket nasi keju pun siap dihidangkan dengan saus favoritmu!

Nasi bekas pun bisa dijadikan makanan penutup yang manis dengan resep puding nasi yang satu ini

puding nasi yang mirip ketan susu! via noshon.it

Kamu lagi pengen yang manis dan anget-anget? Atau kamu suka dengan makanan penutup yang sehat dan ekonomis? Cobain deh bikin resep puding nasi dengan menggunakan nasi bekasmu! Ini nih cara buatnya!

Bahan-bahan:

  • 350 gr nasi putih
  • 350 gr susu putih
  • 75 gr gula putih
  • 1 sdm butter
  • 100 gr kismis
  • ½ sdt vanilla extract
  • 1 lemon, kulitnya saja diparut
  • 1 stik kayumanis

Cara membuat:

  • Campurkan nasi dengan susu, gula, butter, vanilla, dan kayumanis.
  • Masak semuanya selama 25 menit hingga semua cairannya sudah teresap oleh nasi!
  • Tambahkan kulit lemon dan kismis, aduk rata!

Puding nasi pun siap dihidangkan di kala galau dan kedinginan!

Siapa yang nggak kenal sama Bubur Ayam khas Hongkong? Kamu pun bisa bikin sendiri di rumah memakai nasi sisa!

bubur ayam hongkong! via id.pinterest.com

Bubur Ayam Hongkong sempat ngetren di dunia kuliner Indonesia beberapa tahun yang lalu. Bubur Ayam Hongkong pun biasanya disebut dengan nama Congee (baca: kanji) di luar sana, tapi tentunya Bubur Ayam Hongkong berbeda dengan bubur kanji yang dimaksud di Indonesia.

Bubur yang sehalus sutera ini beda dengan bubur ayam biasa karena lebih banyak topping dan juga bumbunya! Mau coba bikin? Ini nih cara buatnya:

Bahan-bahan:

  • 800ml air
  • 2 sdm kaldu ayam bubuk
  • 350g nasi putih
  • Lada putih secukupnya
  • 1 ½ sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen panggang
  • 40g jahe segar, kupas dan potong tipis
  • 20g acar, cincang atau parut
  • 3 sdm abon ayam
  • 2 daun bawang, iris tipis
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • ½ cabai merah, iris tipis

Cara Buat:

  • Didihkan air, kemudian tambahkan nasi dan kaldu ayam. Masak dengan api kecil/sedang selama 20-30 menit sambil sering-sering diaduk.
  • Tambahkan lada dan garam secukupnya.
  • Hias dengan bahan-bahan sisanya.

Kamu bisa menghias Bubur Ayam Hongkong dengan topping yang identik dengan makanan ini seperti cakwe dan suwiran daging ayam. Namun jika tidak punya, abon dan bawang goreng pun bisa menjadi alternatif! Bubur Ayam khas Hongkong pun siap disajikan untuk sarapan yang sehat!

Mirip kayak bakwan, pancake nasi ini siap disajikan setiap pagi sebagai menu sarapan

pancake nasi! via www.petitfoodie.com

Pancake kan biasanya dari tepung, kok ini dari nasi? Iya, jadi makanan yang satu ini adalah kreasi nasi bekas dari India yang nggak cuma sehat tapi juga pastinya enak. Pancake nasi menggunakan adonan-adonan yang mudah dan beberapa macam sayuran yang cocok untuk kamu yang ingin makan sehat!

Meskipun disebut pancake, sebenarnya makanan yang satu ini lebih mirip bakwan deh. Cobain yuk!

Bahan-bahan:

  • 300 gram nasi sisa putih
  • 2 butir telur, kocok sebentar
  • 1 cangkir brokoli cincang halus
  • 3 sendok makan potongan mint
  • ⅓ cangkir daun bawang, cincang
  • 1 cangkir keju cheddar
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada hitam
  • 2 sendok makan mentega

Cara Membuat:

  • Dalam wadah yang besar, campurkan semua bahan kecuali mentega kemudian aduk hingga rata.
  • Panaskan wajan dan mentega.
  • Masak adonan nasi, satu porsi diukur dengan satu sendok besar.
  • Tekan adonan pada wajan dengan spatula hingga pipih, kemudian masak selama 3-4 menit tiap sisi hingga kecoklatan.
  • Lakukan hal tersebut hingga adonan habis.

Pancake nasi siap masuk perut! nyam-nyam…

Nasi panggang keju ini djamin membuatmu nggak tega membuag nasi bekas lagi!

nasi panggang keju via danielfooddiary.com

Nasi dan keju ternyata adalah padu padan yang pas banget! Kalau kamu punya banyak nasi bekas di rumah, coba deh bikin nasi panggang keju yang satu ini. Dijamin deh rasanya jauh lebih enak dari yang sering kamu beli di toko Pizza 🙂

Bahan-bahan:

  • 2 kuning telur
  • 2 ½ cangkir whipping cream atau susu full cream
  • ½ bawang putih, potong dadu kecil
  • 1 cangkir wortel parut
  • 1 cangkir peterseli cincang segar, ditambah ¼ cangkir untuk hiasan
  • 1 sendok teh garam, atau lebih jika diinginkan
  • sejumput lada hitam
  • 2 ½ cangkir keju parut mozzarella atau keju lain favoritmu
  • 2 ½ cangkir sosis
  • 300gr nasi putih
  • 1 cangkir keju parmesan atau cheddar.

Cara membuat:

  • Panaskan oven hingga 180 derajat celsius.
  • Lumuri loyang atau mangkok anti panggang dengan mentega atau minyak agar tak lengket! Sisihkan.
  • Dalam sebuah mangkok besar, campur whip cream dengan kuning telur, kemudian masukkan bawang putih, wortel, peterseli, garam, lada, keju, sosis, dan nasi. aduk hingga rata.
  • Masukkan adonan nasi tersebut pada loyang anti panggang kemudian taburi dengan keju parmesan atau cheddar dan panggang selama 20 hingga 30 menit.

Nasi panggang keju pun siap dihidangkan dengan taburan peterseli yang cantik!

Pakora, bakwan dari nasi sisa ala India yang bisa jadi camilan enak di kala hujan atau cuaca dingin

pakora, bakwan dari India via siddysays.com

Di Indonesia, kita punya berbagai macam bakwan mulai dari bakwan jagung, bakwan teri nasi, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, ada satu jenis bakwan yang sayang banget kita nggak punya, yaitu bakwan nasi! Resep bakwan nasi dari India ini bisa banget kamu bikin sebagai makanan kecil di kala sore hari! Mau buat? Langsung aja yuk!

Bahan-bahan:

  • 150gr nasi
  • 1 bawang cincang halus
  • 1 cabai hijau, cincang
  • 1 inci jahe, cincang halus atau diparut
  • ¼ cangkir cincang daun ketumbar
  • ½ sdt jintan bubuk
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ¼ sdt bubuk kunyit
  • 5 sdm tepung maizena
  • 5-6 sdm air atau sesuai kebutuhan
  • garam secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • Di dalam mangkuk, haluskan nasi dengan tangan.
  • Campurkan semua bahan ke dalam adonan nasi dan aduk hingga rata.
  • Diamkan selama 10 menit agar bumbu-bumbunya meresap ke nasi.
  • Seperti bakwan, goreng adonan dalam minyak panas hingga kecoklatan!

Bakwan nasi pun siap untuk dinikmat dengan saus favoritmu!

Kerupuk gendar khas Jawa! Meskipun tradisional, kerupuk yang satu ini nggak ada matinya!

kerupuk gendar 🙂 via kuliner.panduanwisata.id

Buat kalian yang punya eyang atau keluarga orang Jawa, pasti udah nggak asing lagi deh dengan kerupuk gendar. Kerupuk gendar sendiri adalah kerupuk berbahan dasar nasi, cocok banget untuk mendayagunakan nasi sisamu! Kamu pun tak perlu repot membuat kerupuk yang satu ini, gini nih buatnya…

Bahan-bahan:

  • 275 gram nasi putih (1 piring nasi)
  • 3 buah bawang putih (biar berasa saja)
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk (1/4 sdt ketumbar butiran)
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • secukupnya minyak goreng

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan, aduk rata lalu kukus kurang lebih 15 menit.

  • Tumbuk nasi panas-panas dengan memakai cobek yang dibungkus plastik wrap (pakai plastik untuk batu es juga bisa), agar tidak lengket bulat-bulatkan lalu masukkan ke rice cooker agar tetap hangat, sehingga menjadi mudah dipipihkan.

  • Taruh di atas talenan yg dialasi plastik wrap. Bagian atas dan bagian bawahnya diapit dengan plastik wrap.

  • Tekan dengan talenan untuk mendapatkan bentuk pipih yang rata, karena kalau pakai rolling pin hasilnya terlalu tebal, tidak sama dan repot.

  • Jemur seharian hingga kering. Setelah itu tinggal digoreng.

Kerupuk gendar tinggal digoreng dan siap dihidangkan untuk tamu yang datang!

Nah, terbukti kan? Nasi sisa itu nggak harus dibuang atau dijadikan nasi goreng saja! Kamu pun bisa berkreasi dengan nasi sisamu dan merubahnya menjadi suatu hidangan yang enak dan nikmat. Semoga resep ini bermanfaat, ya 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!