Di era digital, semua jadi serba mudah. Termasuk soal pekerjaan. Kalau dulu kamu kerja harus di kantor, sekarang sudah banyak pekerjaan yang mengizinkan karyawannya menyelesaikan tanggungan di mana saja. Semua komunikasi dilakukan via email dan aplikasi obrolan instan.

Karena itulah sekarang menjamur yang namanya co-working space. Dengan fasilitas WiFi kencang dan tempat duduk super nyaman, co-working space ini banyak didatangi para freelancer atau mereka yang diberi kebebasan bekerja dari mana saja.

Nah, di artikel ini Hipwee akan mengajak kalian “menjenguk” macam-macam co-working space yang super unik. Siapa tahu bisa menginspirasi, dan siapa tahu bisa kalian bisa rutin ke sini suatu hari nanti! Hehe 🙂

1. Sekilas terlihat ramai dan bising ya? Tapi, desain co-working space yang merakyat ini justru bisa membuatmu mendapat banyak inspirasi.

meski bising, kamu nggak akan keganggu, kok via kikasyafii.com

Nggak butuh banyak budget untuk membuat co-working space yang satu ini, meja-meja panjang lengkap dengan bangkunya sudah cukup membuat orang-orang nyaman bekerja di sini. Selain meja, ada juga semacam “kantin” terbuka yang menjual minuman ringan, serta sepeda sebagai properti penghias ruangan. Desain ruangannya simpel, tapi cantik. Bayangin deh berapa banyak inspirasi yang bisa kamu dapat kalau kerja dari sini!

2. Desain ala gamers’ room ini juga unik banget. Dengan tambahan pralon-pralon besi yang akan meringkas peralatan para co-worker.

Advertisement

bikin senyaman mungkin! via elvinebeck.com

Kebayang ‘kan gimana enaknya bekerja di ruangan yang mirip tempat para gamers? Pipa pralonnya nggak cuma buat hiasan, tapi juga bisa menyangga rak untuk tempat menaruh peralatan para co-worker. Selain meja dan kursi, co-working space ini juga punya komputer dan standing desk. Ada juga aneka tas ransel buat co-worker yang tertarik membeli.

3. Konsep co-working space merangkap cafe ini juga nggak kalah oke. Cukup sediakan coffee atau snack bar supaya co-worker makin betah.

co-working space ala cafe via phillymag.com

Cofee atau snack bar yang akan dibutuhkan nggak akan terlalu makan banyak tempat, kok. Sediakan satu space kosong di sudut ruangan saja sudah cukup. Asalkan para pengunjung yang datang mudah mengaksesnya, ya.

4. Kerja serasa di perpustakaan pribadi? Pasti tenang dan nggak bising, dong!

senyaman perpustakaan pribadi via vibizmedia.com

Desain co-working space yang satu ini nggak asing kalau mau dicoba. Rak-rak buku tinggi dengan sofa yang empuk sudah bisa membuat kerja para co-worker merasa di perpustakaan pribadi. Kalau mereka lagi bosan dengan tugasnya, bisa keliling lihat-lihat isi rak buku, deh.

5. Model ruangan Renaisans klasik ini bisa “diseimbangkan” dengan bean bag dan payung-payung pantai. Eklektik!

taruh sofa-sofa empuk warna-warni via nunomad.com

Bean bag yang empuk dan besar memang selalu nyaman untuk segala situasi, khususnya buat para co-worker atau pekerja ini. Dengan desain uniknya, bean bag empuk ini bisa dipadukan dengan payung-payung pantai yang memberikan kesan santai dan teduh. Tambah unik lagi kalau bean bag dan payungnya dimasukkan di ruangan berarsitektur klasik. Kalau di luar negeri mungkin arsitektur Italia seperti ini. Kalau di Indonesia, mungkin lebih umum arsitektur warisan zaman Belanda, ya.

6. Kerja plus bisa bikin kopi kapan saja dengan mini coffee bar tepat di dekat tempat duduk.

like a kitchen! via creativebloq.com

“Hoaaammm, ngantuk nih!”

“Tinggal seduh kopi aja gih, tuh di belakangmu ada coffee bar.”

7. Para co-worker akan makin akrab dengan konsep table wall yang familiar dan simpel ini.

table wall yang akan mengakrabkan para co-worker via creativeboom.com

Mirip seperti di bar atau coffee shop, konsep table wall ini akan mengakrabkan para pengunjung atau co-worker karena mereka duduk saling berdekatan.

8. Bikin mood booster dengan nuansa warna-warni di co-working space impianmu!

nuansa warna-warni juga bisa jadi mood booster via coworkholiday.com

Melihat objek dengan banyak warna, konon bisa membuat orang lebih kreatif dan bahagia. Aura-aura positif pun bisa terpancar ketika kita melihat benda berwarna-warni yang terang dan beragam.

Sir Cary Cooper, psikolog dan profesor bidang psikologi organisasi, Manchester Business School

Gimana caranya supaya co-worker yang datang gak gampang bosan? Ada gak sih cara mencegah mereka stres karena kebanyakan kerjaan? Bikin aja ruangan mood booster ini. Dengan memasukkan elemen warna di ruangan, kamu bakal menciptakan area kerja yang super nyaman. Betah deh kerja di sini seharian!

9. Buat desain co-working space yang asyik. Se-asyik playground anak-anak lengkap dengan atributnya.

makes the co-working space like a playground! via arifsetiawan.com

‘Kan seru tuh, kalau bekerja tapi dengan perasaan happy plus girang karena serasa di playground?

10. Nggak melulu indoor, co-working space outdoor juga banyak peminatnya, kok.

konsep outdoor oke juga tuh via contractdesign.com

Nah, kalau desain co-working space yang satu ini memang agak sedikit ribet ya, musim yang nggak tentu juga bisa membuat suasana outdoor jadi kacau. Tapi, nggak apa-apa kok dicoba.

11. Biar nggak bosan, menyediakan TV, gitar atau CD bisa membuat suasana kerja seperti di rumah sendiri.

co-working apa kamar sendiri nih? Nyaman bener! via manual.co.id

“Bosen nih, pusing ngejar deadline. Nyetel TV atau main gitar aja aaaahhhhh…”

Asal bisa atur waktu dan gak malah keterusan main, ruangan ini oke banget! Mungkin supaya gak keterusan, gitar dan TV ini disewakan terpisah aja kali ya. Jadi yang mau nonton atau gitaran, harus bayar uang sewa per jam ;p

12. Hangatkan suasana di ruangan dengan dinding bata serta ornamen kayunya. Dijamin semua orang bakal lebih produktif bekerja!

dinding bernuansa batu bata bikin betah via majalahasri.com

Kesan alami, sederhana dan hangat bisa terpancar dengan dinding batu bata yang nyata ini. Jika kalian sempat, jangan lupakan ornamen kayu atau hiasan dinding dari kayu supaya menambah suasana tenang dan nyaman bagi para co-worker.

13. Jangan biarkan dinding-dinding ruangan kosong! Tulis saja quotes positif dan menambah semangat para pengunjung.

buat senyaman mungkin dengan quotes positif via officesnapshots.com

Quotes-quotes positif ini bisa kalian tulis di masing-masing sudut co-working space. Nggak melulu hitam-putih, warna-warna terang atau bahkan grafiti bisa kamu coba juga, lho.

14. Elemen bambu dalam ruangan akan membuat suasana terasa hangat. Cocok buat ngobrol produktif atau rapat

Dari bambu dan kayu via www.pegipegi.com

Oke juga lho kalau kamu kerja dari tempat dengan elemen bambu seperti ini. Co-working space yang ada di Bali ini mampu menghadirkan suasana terasa hangat lewat elemen bambu dan kayunya. Walaupun pekerjaan kalian membutuhkan laptop, WiFi, dan peralatan modern lainnya, elemen alam bikin kalian serasa liburan. Ah, senangnya!

Jadi, walaupun nggak kerja kantoran, suasana-suasana kerja yang asyik dan nyaman tetap bisa kalian dapatkan di co-working space unik tadi! Gimana, udah terinspirasi belum sama desain-desainnya? Desain nomor berapa nih yang jadi favorit kamu?