Musim Hujan dan Sering Mati Listrik, ini 5 Cara Aman Pakai Lilin Agar Dijauhkan dari Kebakaran

Pakai lilin tidak kebakaran

Selain identik dengan banjir, musim hujan juga kerap jadi pemicu mati listrik. Biasanya, petugas PLN sengaja mematikan aliran listrik agar terhindar dari korsleting. Apalagi kalau hujannya cukup deras dan dibarengi dengan petir. Makanya, selalu sediakan lilin di rumah. Meski begitu, kita perlu memperhatikan pemakaiannya karena lilin juga berpotensi menyebabkan kebakaran.

Advertisement

Coba lakukan beberapa hal berikut supaya lebih aman ketika pakai lilin. Demi keamanan bersama lo!

1. Letakkan lilin di wadah yang nggak mudah terbakar, piring kaca misalnya

di piring ,kaca via www.bukalapak.com

Selain piring kaca kamu juga bisa menggunakan kaleng bekas. Sebab, kedua benda ini nggak akan terbakar meski terkena tetesan lilin, sekalipun lilin meleleh dan hampir habis. Jangan letakkan di meja atau kursi berbahan kayu, api bisa menyambar dengan cepat jika lilin ini meleleh.

2. Meski meletakkan lilin di tempat tinggi bisa bisa menyebarkan cahaya lebih luas, tapi justru harus kamu hindari

taruh di tempat tinggi via bobo.grid.id

Takutnya, kalau diletakkan di tempat tinggi nanti lilin akan jatuh dan mengenai barang-barang yang mudah terbakar seperti taplak meja, keset, bahkan selimut. Taruhlah di tempat yang ketinggiannya sejajar denganmu agar mudah dijangkau ketika mau jatuh.

Advertisement

3. Awasi lilin agar nggak dibuat mainan oleh anak-anak

anak-anak main lilin via tirto.id

Selain apinya bisa melukai tangan, lilin yang dibuat mainan anak-anak biasanya lebih berisiko jatuh. Lebih seram lagi kalau api dari lilin nanti mengenai rambut atau pakaian si kecil. Perbolehkan main asal tetap dalam pengawasan.

4. Perhatikan juga usia lilin, jika sudah hampir habis, baiknya segera dimatikan

lilih meleleh via palembang.tribunnews.com

Selain berpotensi menyebabkan kebakaran, lilin yang meleleh dan hampir habis bisa menyebarkan api. Nah, apalagi kalau kamu menaruhnya di lantai atau ubin. Setidaknya, cek lilin setiap setengah jam sekali untuk memastikan lelehannya, ya!

5. Kalau mau ditinggal tidur, pastikan lilin masih banyak dan berada di tempat aman

Advertisement

pastikan lilin di tempat aman via kelompok3ipa2018.blogspot.com

Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar. Sebab, kamu nggak akan pernah tahu kalau tiba-tiba lilin terjatuh dan menyambar barang di sekitarnya. Hindari juga menaruhnya di dekat ventilasi atau jendela, karena anginnya bisa membuat api berkobar dan mengenai benda lain.

Sebenarnya, kamu bisa pakai lampu darurat saja kalau mau lebih aman. Boleh kok pakai lilin, asal tetap hati-hati dan selalu diawasi, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE