Panduan Solat Istikharah: Tata Cara, Doa, dan Waktu Terbaik

Solat untuk meminta kemantapan hati dan petunjuk

Solat istikharah dapat membulatkan ketetapan hati saat kamu menjumpai berbagai pilihan dan urusan dalam kehidupan. Sebagian orang pasti pernah mengalami ragu-ragu dalam memutuskan suatu hal. Selain meminta pendapat orang lain untuk menjadi pertimbangan, kita juga bisa meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Advertisement

Salah satu cara meminta petunjuk adalah dengan lakukan solat istikharah. Baik dalam pekerjaan, pendidikan, jodoh, dan lainnya. Namun, hasil solat sunah ini bisa kamu wujudkan jika melaksanakannya dengan benar. Kalau kamu masih bingung caranya bagaimana, artikel ini akan sangat membantu!

Tata cara solat istikharah

Pada dasarnya, cara solat istikharah tak berbeda dengan solat lainnya. Hanya ada sedikit poin yang membedakannya, antara lain:

  1. Jumlah rakaat dalam solat ini dua, dengan gerakan persis seperti solat subuh. Hanya saja, istikharah termasuk kategori solat sunah.
  2. Niat dapat kamu lakukan di dalam hati dengan meniatkan istikharah. Jika ingin lebih afdal, kamu bisa melafalkannya dengan lafal berikut:
Advertisement

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

3. Saat rakaat pertama, kamu dapat membaca surat al-Fatihah, selanjutnya disunnahkan dengan surat al-Kafirun. Sedangkan untuk rakaat kedua, setelah al-Fatihah bisa kamu teruskan dengan al-Ikhlash.

Doa solat istikharah

Tata cara solat istikharah

Doa salat istikharah / Foto oleh Mohamed_hassan dari Pixabay

Advertisement

Setelah mengucapkan salam, sunah yang perlu kamu lakukan adalah memanjatkan doa. Melansir NU Online, redaksi doa yang sebaiknya kamu lafalkan sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ …. خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Waktu terbaik solat istikharah

doa salat istikharah

Waktu salat istikharah / foto dari sharonang on Pixabay

Waktu solat istikharah mohon petunjuk bisa kamu lakukan kapan saja selama tidak masuk dalam waktu terlarang solat, seperti setelah solat subuh hingga terbit fajar.

Adapun untuk persoalan keutamaan (afdholiyah), sebaiknya kamu lakukan saat sepertiga malam. Waktu tersebut adalah waktu mustajab yang dalam banyak riwayat lebih dekat dengan terkabulnya doa.

Keajaiban solat istikharah berupa jawaban dari doa-doa kamu dapat terjawab dari berbagai petunjuk. Selain lewat ketenangan hati yang kamu dapatkan, jawaban juga bisa datang melalui mimpi, simbol, dan isyarat-isyarat lainnya.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, apakah SoHip sudah mantap ingin melakukan solat istikharah?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE