8 Trik Jitu Biar Nggak Kelabakan Saat Pemadaman Listrik. Jaminan Tenang dan Nggak Gabut Lagi

Pemadaman listrik

Info pemadaman listrik menjadi kata kunci yang sering dicari orang di internet. Misalnya info pemadaman listrik di Jogja. Ini wajar, mengingat pemadaman listrik memang berdampak signifikan terhadap kegiatan sehari-hari. Terutama para pekerja kantoran, biasanya mereka memeriksa jadwal pemadaman listrik hari ini sebelum memulai aktivitas agar bisa melakukan antisipasi. Pemadaman listrik adalah saat terhentinya pasokan aliran listrik ke pengguna. Sehingga kamu nggak akan mendapatkan aliran listrik ketika terjadi pemadaman. Alhasil kegiatan yang bergantung pada aliran listrik pun terhenti.

Advertisement

Pihak PLN kerap mengumumkan pemadaman listrik bergilir hari ini. Pemadaman listrik secara bergilir merupakan salah satu akibat dari ketidakmampuan dalam mengelola kebutuhan listrik masyarakat. Nah, pemadaman listrik bisa terjadi sewaktu-waktu atau memang direncanakan. Agar nggak panik saat pemadaman listrik, kamu butuh cara jitu untuk mengantisipasinya. Selalu siap sedia, ya!

1. Pemadaman listrik bikin kondisi gelap gulita. Tapi itu nggak bakal terjadi kalau kamu sudah menyiapkan sumber cahaya alternatif

lampu darurat | photo by accessony via depositphotos.com

Berada di ruangan yang gelap tentu nggak mengenakkan. Daripada terjebak kegelapan karena listrik padam, lebih baik siapkan sumber cahaya alternatif jauh-jauh hari. Pastikan sumber cahaya ini selalu tersedia di rumah. Misalnya senter, lilin, atau lampu teplok, atauĀ lampu darurat sebagai sumber penerangan yang relatif aman dari kebakaran. Sebelum dipakai, baterai lampu darurat harus diisi dulu. Ketimbang lilin, lampu darurat mampu bertahan lebih lama yakni sekitar 4-10 jam. Dijamin tetap terang~

Advertisement

2. Sesaat setelah pemadaman listrik, kamu harus mencabut semua kabel di terminal listrik dan mematikan alat elektronik

terminal listrik | photo by Markus Spiske via www.pexels.com

Langkah pertama saat terjadi pemadaman listrik, pastikan semua kabel di terminal listrik tercabut. Kemudian matikan semua alat elektronik yang menyala saat terjadi pemadaman. Cara ini dapat mencegah peralatan elektronik rusak ketika terjadi lonjakan daya dalam waktu cepat dan singkat. Selain itu, cara ini dapat mengurangi potensi korsleting saat listrik menyala kembali. Usai semua peralatan elektronik dimatikan, sisakan satu lampu saja dalam keadaan hidup sebagai tanda ketika nanti aliran listrik sudah menyala.

3. Saat listrik padam, jangan sekali-kali membuka kulkas, ya. Biarkan saja tertutup rapat agar tetap dingin

jangan buka kulkas | photo by nrd via unsplash.com

Siapa yang biasanya suka buru-buru membuka pintu kulkas ketika pemadaman listrik? Membuka pintu kulkas saat mati listrik justru membuat kulkas nggak bisa menjaga suhu dinginnya lagi. Jadi biarkan saja kulkas tertutup rapat selama mungkin agar kulkas nggak rusak. Tanpa dibuka, kulkas bisa menjaga makanan tetap dingin selama 3-4 jam. Bahkan freezer yang penuh dapat menjaga suhu dingin berkisar 48 jam meski tidak dialiri listrik.

4. Barang penting yang harus selalu tersedia saat pemadaman listrik adalah pengisi daya alias power bank. Bisa jadi penyelamat untuk ponsel yang hampir sekarat

power bank | photo by Stanley Ng via www.pexels.com

Pengisi daya seperti power bank menjadi barang krusial di saat genting seperti pemadaman listrik. Dengan pengisi daya, ponselmu akan tetap menyala dalam beberapa waktu. Cukup dengan mencolokkan ponsel ke power bank, maka baterai ponsel akan terisi. Tapi pastikan dulu baterai power bank sudah terisi penuh sebelumnya. Sebagai jaga-jaga, selalu sediakan power bank dengan baterai penuh di rumah, ya. Agar saat listrik mati, ponselmu memiliki daya.

Advertisement

5. Pastikan kamu menyimpan nomor darurat. Antisipasi bila terjadi hal buruk ketika pemadaman listrik

nomor darurat | photo by Oleg Magni via www.pexels.com

Pemadaman listrik terkadang menyebabkan hal buruk yang fatal. Tentunya kamu nggak menginginkannya terjadi, bukan? Tapi nggak ada salahnya jaga-jaga lo. Agar kamu bisa sigap dalam menghadapinya. Sebagai bentuk antisipasi, ada baiknya kamu menyimpan nomor darurat seperti nomor rumah sakit terdekat, nomor kantor polisi, nomor pemadam kebakaran, atau kantor PLN. Simpan dan tulis nomor-nomor tersebut di dalam buku catatan, di ponsel, atau di dekat telepon rumah.

6. Mungkin terdengar sepele, tapi pasokan makanan saat pemadaman listrik itu harus dipikirkan. Soalnya pemadaman bikin ruang gerakmu terbatas

camilan | photo by SplitShire via www.pexels.com

Jangan sampai kamu kelaparan di saat pemadaman listrik. Untuk itu, penting menyediakan makanan di rumah. Pastikan ada pasokan makanan seperti camilan dalam kemasan atau kaleng. Sehingga kamu nggak perlu repot untuk masak atau beli makan pas lampu padam. Makanan itu bisa mengganjal perut sementara waktu sampai lampu menyala lagi.

7. Agar nggak bosan selama listrik padam, sediakan juga hiburan alternatif

main kartu | photo by Sergi Viladesau via unsplash.com

Selama pemadaman listrik, kamu pasti nggak bisa mengakses televisi, laptop, atau komputer. Nggak jarang kondisi ini bikin bosan. Biar kamu nggak terjebak rasa bosan, sediakan hiburan alternatif yang bisa digunakan saat listrik padam. Misalnya, menyediakan kartu uno atau kartu remi di rumah. Pilihan lain, kamu bisa mainkan permainan werewolf atau who`s the killerĀ  bersama anggota keluarga atau teman.

8. Selalu sediakan uang tunai untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik

uang tunai | photo by Bady Abbas via unsplash.com

Dalam kegelapan kaena listrik padam, kamu bakal kesulitan untuk pergi ke mana-mana. Salah satunya kamu akan kesulitan mencari mesin ATM. Alangkah baiknya kamu menyiapkan uang tunai yang cukup di dompet. Jadi ketika pemadaman listrik, masih ada simpanan uang yang bisa dipakai tanpa harus mengambil di ATM dulu. Punya simpanan uang itu penting lo dalam situasi apa pun~

Itu dia beberapa trik yang bisa dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Nggak ada deh panik-panik lagi. Bahkan kalau bisa membuat permainan yang seru, kamu bisa bersenang-senang lo walaupun kondisi gelap akibat pemadaman listrik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE