6 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya. Cuma Keluar Angin Aja!

Penyebab AC tidak dingin

Sama seperti perabot rumah lain, selalu ada masalah yang terjadi pada AC. Salah satunya adalah AC yang tidak dingin. Sebenarnya apa sih penyebab AC tidak dingin dan bagaimana cara mengatasinya?

Advertisement

Masalah ini tentu saja akan menimbulkan kericuhan bagi keluarga di rumah, terutama saat di siang hari. Nah, supaya masalah AC yang tidak dingin dapat diatasi, berikut ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Simak bersama-sama, ya!

1. Filter AC jarang dibersihkan. Pastikan kamu merawat filter dan membersihkannya 1 bulan sekali

filter AC jarang dibersihkan/HGTV

Salah satu komponen AC yang berfungsi untuk menghantarkan udara dingin adalah filter. Komponen satu ini berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC itu sendiri. Jika nggak pernah dibersihkan, lama kelamaan kotoran akan menyumbat filter. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin dan bau.

Untuk mengatasi hal ini, kita harus rajin membersihkan filter AC. Cuci filter AC minimal satu bulan sekali agar bebas dari kotoran. Membersihkan filter AC juga nggak terlalu sulit. Kamu harus pastikan barang-barang lain yang berada di bawah AC tertutup oleh koran atau kain agar kotoran AC nggak menempel pada barang-barang tersebut. Jika sudah dicuci, kamu dijamin akan mendapat udara segar kembali.

Advertisement

2. Freon atau refrigerant yang habis dan bocor bisa jadi penyebab AC nggak dingin. Hal ini perlu diperhatikan mengingat gas freon bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh

Freon adalah komponen utama yang memberikan suhu dingin pada AC. Freon atau nama lainnya refrigerant adalah gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Gas inilah yang bisa membuat AC nggak dingin. Umumnya, freon yang habis dan bocor jadi penyebab AC tidak dingin dan berisik. Biasanya terjadi pembekuan pada pipa, AC yang bocor jadi penyebab utamanya.

Selain membuat AC nggak dingin, kebocoran freon pada AC sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia lo. Gas inilah yang menyebabkan gangguan pernafasan dan juga kematian. Untuk memperbaiki kerusakan dan menghindari masalah kesehatan, segera hubungi teknisi AC untuk memperbaikinya.

3. AC bisa terasa bekerja kurang maksimal saat ukurannya nggak sebanding dengan luas ruangan. Ganti AC atau tempatkan AC kecil lebih dari satu untuk mengatasinya

Advertisement
penyebab ac tidak dingin

sesuaikan ukuran/commons wikimedia

Selain masalah-masalah teknis, AC juga bisa terasa nggak dingin jika nggak sesuai dengan luas ruangan. AC yang terlalu kecil sudah jelas nggak bisa memberikan semburan udara dingin secara maksimal.  Jika ini masalahnya, kamu harus mengganti AC dengan ukuran yang lebih besar.

Selain mengganti ukuran AC, kamu juga bisa membeli AC baru dengan ukuran yang sama dan menempatkan lebih dari satu AC dalam ruangan tersebut. Cara ini dilakukan agar ruangan nggak terasa panas karena AC yang kurang berfungsi dengan maksimal.

4. AC harus ditempatkan di sudut yang tepat, AC akan terasa kurang dingin jika kita nggak menyesuaikan suhu dengan benar

tempatkan di sudut yang tepat/commons wikimedia

Mencuci kondensor dan filter adalah langkah pertama yang dilakukan untuk memperbaiki AC. Namun ada juga penyebab AC tidak dingin padahal sudah dicuci yakni penempatan AC dan penyesuaian suhu yang kurang pas. Tapi gimana kalau AC tetap tidak dingin walau sudah dipindah?

Pastikan juga pintu dan jendela selalu tertutup. Kamu juga harus mengatur suhu lebih rendah dari suhu ruangan karena setiap ruangan memiliki suhu yang berbeda-beda setiap harinya. Kalau kamu sudah mengatur semuanya dengan pas, dijamin kamu akan mendapatkan kesejukan maksimal dari AC.

5. Kebersihan kondensor AC yang berada dalam ruangan juga harus diperhatikan. Kondensor yang kotor bisa membuat AC nggak bekerja maksimal

penyebab ac tidak dingin

kondensor AC/commons wikimedia

Selain filter dan freon, komponen penting untuk menghantarkan udara dingin adalah kondensor AC. Komponen ini terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas freon. Komponen ini harus selalu bersih. Kalau sampai kotor, maka ia nggak akan bisa melakukan fungsinya dengan maksimal. Hasilnya, proses pendinginan terhambat dan AC nggak akan mengeluarkan suhu dingin.

Untuk merawat kondensor, kamu harus rutin membersihkannya. Gunakan air dan sabun untuk menghilangkan kotorannya. Kamu bisa gunakan selang air dengan arus pelan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Agar lebih awet, tutup kondensor dengan kain dan hindari menempatkan kondensor di tempat-tempat yang dipenuhi ranting atau tanaman.

6. Terakhir, penyebab AC yang tidak dingin adalah masalah mesin AC yang rusak. Kamu harus menghubungi teknisi AC untuk memperbaikinya

penyebab ac tidak dingin

mesin rusak/commons wikimedia

Mesin AC yang rusak juga jadi salah satu penyebab besar yang membuat kinerjanya tidak dingin lagi. Pasalnya, masalah ini biasanya disebabkan oleh masalah mesin internal AC yang rusak atau terganggu. Nggak ada cara yang bisa kamu lakukan selain menghubungi teknisi AC. Saat memperbaiki kerusakan AC ini, kamu bisa memberitahu sang teknisi kondisi AC dan memintanya untuk memperbaiki sekaligus membersihkan AC agar tampak seperti baru.

Nah, itu dia enam penyebab dan cara mengatasi AC yang tidak dingin. Perlu dicatat, kamu harus sering merawat dan membersihkan AC setidaknya setiap dua bulan sekali agar tetap awet dan bisa bekerja secara maksimal.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE