Berapa uang yang kamu habiskan untuk beli bensin dalam seminggu?

Kalau kamu sering naik motor ke kampus atau kantor, uang bensin jadi salah satu pengeluaran yang diprioritaskan. Pasalnya, hampir setiap hari kamu harus wara-wiri dengan menggunakan motormu ini. Tapi, tahukah kamu bahwa penyebab bensin boros sebenarnya berasal dari kebiasaanmu sendiri?

Advertisement

Meski terkesan mustahil, nyatanya beberapa kebiasaan sepele berikut ini jadi salah satu penyebab borosnya bensin motormu. Supaya bisa lebih hemat, yuk kenali penyebabnya!

1. Jangan biarkan rantai motormu mengendur kalau nggak ingin bensin jadi boros

rantai kendur via www.trialgame.id

Tingkat ketegangan rantai motor yang kendur menyebabkan tarikan ke roda semakin berat. Sehingga, dibutuhkan tenaga dua kali lipat untuk menjalankan sepada motor pada tingkat kecepatan yang sama. Nah, tambahan tenaga inilah yang membuat motor membutuhkan bahan bakar berlebih. Pantesan bensin jadi lebih boros.

2. Jangan biarkan tekanan angin pada ban kurang dari yang dianjurkan supaya bensinmu nggak boros

ban kempes via review.bukalapak.com

Kondisi ini bisa menyebabkan area pijakan ban menyentuh permukaan jalan. Sebabnya, ban jadi lebih aus dan membuat tarikan lebih berat. Nah, tarikan berat inilah yang kemudian membuat motor jadi boros bensin. Makanya, kalau ketahuan ban motormu kempis, segera isi anginnya, ya!

3. Teknik mengerem juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar motormu

teknik mengerem yang salah via blog.tribunjualbeli.com

Advertisement

Ini berlaku ketika sedang berjalan dengan kecepatan tinggi kemudian kamu melakukan perlambatan dan pemberhentian secara mendadak. Hal tersebutlah yang membuat bahan bakar akan terbuang secara sia-sia.

4. Membawa beban berlebih bisa menjadi salah satu penyebab bensin motormu jadi cepat habis atau boros

kelebihan beban via www.google.com

Setiap pabrikan motor telah membuat batasan bobot penumpang agar nggak terjadi dinamika pada komponen motor. Membawa beban yang melebihi batasan, tentunya membuat kerja mesin jadi lebih berat sehingga memerlukan asupan bahan bakar yang lebih banyak untuk mencapai torsi atau pemutaran. Batas beban yang bisa ditoleransi motor umumnya ialah sebanyak 120 kg, termasuk dengan pengendara dan penumpangnya.

5. Hobi menggeber-geber juga bisa membuat bensin motormu jadi boros lo!

geber-geber motor via palembang.tribunnews.com

Ini disebabkan karena gas terbuka secara spontan padahal keadaan gigi masih netral atau tuas kopling aktif. Jika dilakukan berulang, tentunya bahan bakar akan terbuang sia-sia. Baiknya, hindari bukaan gas melebihi 5.000 rpm dan putar gas secara lembut untuk membuat bahan bakarnya nggak boros. Kecuali, jika memang kamu tengah ingin menyalip kendaraan lain, ya!

6. Meski kesannya nggak nyambung, tapi motor yang jarang dicuci juga bisa membuat bensinnya jadi boros lo!

motor kotor via www.hipwee.com

Motor yang lama nggak dicuci akan menimbulkan kerak-kerak di bagian as roda sehingga laju perputaran roda jadi lebih seret. Selain itu, kotoran yang menempel di kampas rem dan tromol drum brake juga menjadi faktor penghambat laju motor.

Nah, kalau ingin motormu lebih awet, segera benahi atau bahkan hindari hal-hal yang sudah disebutkan di atas, ya. Selain itu, kamu juga bisa mengganti karborator motor menjadi ECU atau injektor yang terbukti lebih bikin irit dan hemat.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya