Pernah nggak sih kamu mengalami rasa nyeri atau sakit di bagian ketiak bagian bawah? Biasanya sih terasanya saat bangun tidur

Meski nggak semua orang pernah mengalaminya, rasa sakit di ketiak adalah hal yang umum terjadi. Banyak orang bilang bahwa ketiak sakit adalah pertanda tubuh sedang mengalami kelelahan karena terlalu banyak aktivitas. Kadang kala rasa sakitnya hanya terasa di salah satu bagian saja. Gejala umumnya adalah ketiak bagian bawah terasa nyeri jika digerakkan atau ditekan.

Advertisement

Kalau ketiakmu terasa nyeri, bisa jadi penyebabnya adalah karena hal-hal di bawah ini. Hati-hati lho, ada yang jadi pertanda penyakit serius!

1. Kandungan deodoran yang nggak cocok di kulit atau teknik mencukur yang keliru bisa bikin ketiak jadi nyeri

kandungan deodoran yang mengiritasi kulit via www.bustle.com

Deodoran mengandung beberapa zat tertentu yang jika nggak cocok di kulit, maka akan menyebabkan iritasi dan rasa sakit di ketiak. Nggak hanya deodoran, detergen dan sabun mandi juga bisa menjadi penyebab ketiak sakit karena iritasi. Selain itu, teknik mencukur atau mencabut bulu ketiak yang keliru juga bisa menyebabkan ruam yang disebut dengan kontak dermatitis. Kontak dermatitis ini menyebabkan kulit ketiak kemerahan, bengkak, terasa nyeri dan panas.

2. Cedera otot karena aktivitas atau olahraga berat juga bisa menyebabkan peradangan dan timbulnya sakit di ketiak

angkat benda berat via thelorry.com

Pectoralis mayor, atau otot yang meregang dari dada ke bahu bisa mengalami cedera saat beraktivitas seperti mengangkat barang berat atau berolahraga telalu keras. Selain otot dada, otot lengan atas juga bisa menegang dan tertarik saat kamu melempar, mengangkat, atau melakukan gerakan lainnya.

3. Nyeri ketiak juga bisa disebabkan karena nyeri otot atau sendi seperti reumatisme, encok, dan penyakit tulang

Advertisement

Reumatisme dan jenis nyeri sendi lain seperti encok atau penyakit tulang bisa menyebabkan persendian meradang dan membengkan. Nggak menutup kemungkinan juga, pembengkakan terjadi di sekitar persendian ketiak, sehingga menyebabkan rasa sakit.

4. Kekurangan oksigen di bagian lengan karena penyempitan pembuluh darah kecil akibat penyakit arteri perifer juga bisa sebabkan nyeri ketiak

arteri perifer via www.medicalnewstoday.com

Penyakit arteri perifer merupakan kondisi penyempitan pembuluh darah kecil yang ada di bagian lengan atau kaki. Penyempitan ini akan mengurangi oksigen ke jaringan sekitarnya. Otot-otot yang kekurangan oksigen lama-lama akan terasa sakit. Jika kamu mengalami penyakit arteri perifer di salah satu atau di kedua ketiak, nggak jarang kamu akan merasakan nyeri di bagian ini.

5. Sakit di ketiak bisa juga disebabkan karena penyakit herpes zoster atau cacar api

herpes zoster via www.buoyhealth.com

Herpes zoster atau cacar api adalah infeksi pada saraf dan kulit di sekitarnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air, yaitu Varicella zoster. Virus ini menyebabkan timbulnya bintil-bintil merah berisi air yang terasa panas dan gatal. Daerah yang paling umum terkena adalah lengan, dada, dan muka. Herpes zoster juga bisa menyebabkan ruam kulit bersisik dan sensasi kesemutan di daerah yang terinfeksi. Nah, kalau kamu mengalaminya di area sekitar ketiak, bukan nggak mungkin kalau ketiakmu bakal sakit dan pegal.

6. Adanya gangguan pada kelenjar getah bening ini bisa menyebabkan ketiak terasa sakit

gangguan kelenjar getah bening via www.youtube.com

Ada banyak kelenjar getah bening di dalam tubuh, tetapi jumlah kelenjar yang bisa dirasakan atau diraba dengan tangan hanya beberapa saja. Di antaranya di bagian bawah rahang, leher, dan ketiak. Kelenjar getah bening berperan sangat penting untuk melawan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Kelenjar getah bening bisa membengkak saat mengalami infeksi, seperti flu. Saat kelenjar getah bening meradang, ketiakmu juga bisa merasa nyeri.

7. Hati-hati lho, nyeri ketiak juga bisa jadi pertanda kanker payudara

gejala kanker payudara via www.medicalnewstoday.com

Kanker payudara seringkali nggak menimbulkan rasa sakit pada tahap awalnya. Namun lama kelamaan, penderitanya akan merasakan sakit atau adanya benjolan di bawah lengan alias di ketiak atau di payudara. Segeralah konsultasikan ke dokter kalau kamu mengalami kondisi seperti ini, ya!

Untuk menghilangkan rasa sakit pada ketiak, kamu bisa mengompresnya dengan air hangat. Jika diperlukan, kamu bisa memakai sabun antiseptik yang digunakan di area ketiak. Nah, tapi kalau rasa sakit ini berlanjut hingga beberapa hari apalagi terdapat benjolan, ada baiknya kamu memeriksakan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya