5 Hal Sepele ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala lo! Ada yang Pernah Ngerasain?

Penyebab sepele sakit kepala

Sakit kepala emang bukan sebuah penyakit yang berat, tetapi jika datang di saat yang salah, penyakit ini bisa banget bikin mood buyar dan membuat penderitanya uring-uringan. Meskipun bisa diatasi dengan mudah, tentu saja jika terjadi secara berulang akan sangat menggangu aktivitas yang sedang SoHip lakukan pastinya.

Advertisement

Penyebab sakit kepala memang bermacam-macam, tetapi apakah SoHip tahu bawa ada beberapa hal sepele yang nggak kamu sadari bisamenjadi salah satu faktor pemicu sakit kepala? Yuk kita lihat apa saja hal-hal tersebut, siapa tau ada salah satu dari SoHip yang sering sakit kepala gara-gara terlalu sering melakukan hal-hal ini!

Kurang tidur bisa menyebabkan sakit kepala di sebelah kanan atau kiri

Kurang tidur adalah salah satu penyebab sakit kepala | Credit: Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Buat para SoHip yang menyebut dirinya “Night Owl” hati-hati, kebiasaan kalian untuk produktif di malam hari, jika tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup bisa menjadi salahsatu faktor pemicu sakit kepala lo! Sakit kepala bisa terjadi di bagian kanan atau kiri, bahkan di kedua sisi kepala. Penderita akan merasa seperti memiliki karet yang mengikat kencang kepalanya.

Advertisement

Cara meredakan sakit kepala jenis ini hanya satu, beristirahat! Meskipun sakit kepala ini nggak parah, tetapi jika terjadi di saat yang tidak tepat, maka sakit kepala ini bisa mengganggu aktivitas penderitanya. Jadi buat yang sering tidur pagi, mungkin kurang istirahat adalah salah satu penyebab sakit kepala terus menerus yang sering kamu rasakan.

Stres yang berlebihan bisa memberikan kamu sakit kepala sebelah lo!

Advertisement

Stres yang bertumpuk akibat pekerjaan dapat memicu sakit kepala sebelah | Credits : Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Banyak tugas, banyak kerjaan, atau bahkan berantem dengan pacar bisa menjadi salah satu faktor yang bikin seseorang menjadi stress. Untuk beberapa orang, jika mereka sedang stress maka mereka akan mengidap sakit kepala. Stress biasanya menyebabkan sakit kepala sebelah kiri, walaupun untuk beberapa kasus nggak menutup kemungkinan terjadi sakit kepala sebelah kanan atau sakit kepala bagian depan.

Meskipun sakit kepala ini nggak akan bertahan lama, tetapi cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah menyelesaikan faktor stress tersebut. Kamu bisa mengambil liburan jika merasa stress tau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobby yang SoHip suka. Intinya, jangan lupa bahagia! Biar nggak stress dan sakit kepala!

Coba perbaiki gaya hidupmu! Kurang olahraga dan konsumsi makanan yang buruk juga bisa jadi penyebab sakit kepala!

Selain untuk menjaga kebugaran, berolahraga juga bisa mengurangi risiko sakit kepala | Credits: Pixabay via www.pexels.com

Pola makan dan konsumsi makanan kamu juga berpengaruh lho sebagai salah satu faktor pemicu sakit kepala. Terlalu banyak memakan makanan berlemak dan jeroan bisa menyebabkan kolesterol dalam darah naik dan biasanya hal ini akan ditandai dengan rasa pusing disertai sakit kepala sebelah kanan, atau jika kamu telat makan maka kamu akan merasa sakit kepala bagian atas atau depan.

Jika sudah seperti ini nggak banyak hal yang bisa kamu lakukan selain menarik rem tangan untuk menjaga pola makan kamu. Selain itu kamu juga bisa berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan badan kamu. Oh iya, jika kamu seorang perokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, ada baiknya kebiasaan tersebut dihentikan, karena bisa menjadi faktor tambahan pemicu sakit kepala.

Periksa tekanan darahmu! Tekanan darah yang tinggi bisa jadi penyebab lain sakit kepala

Untuk sebagian orang, tekanan darah juga bisa menjadi pemicu sakit kepala | Credit: cottonbro via www.pexels.com

Jika SoHip merasa sering sakit kepala tanpa tanda, coba periksa tekanan darah kamu. Sebab tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kiri. Meskipun secara spesifik bisa terjadi di bagian manapun, tetapi ada baiknya untuk memeriksakan tekanan darahmu jika merasa sakit kepala di sebelah kiri.

Biasanya penderita darah tinggi akan mengalami sensasi tegang pada leher sebelum akhirnya merasakan sakit kepala. Sakit kepala akibat darah tinggi adalah salah satu jenis sakit kepala yang berbahaya karena bisa menyebabkan pendarahan, jika SoHip sudah mengenali sakit kepala yang dirasakan adalah efek dari tekanan darah tinggi, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan profesional.

Konsumsi kafein berlebih juga bisa bikin sakit kepala lho! So buat anak-anak pecinta senja, jangan kebanyakan kopi ya!

Kafein dalam kopi dapat menyebabkan sakit kepala jika dikonsumsi terlalu banyak! | Credit: Dominika Roseclay via www.pexels.com

Hai SoHip senja yang suka kopi aren atau kopi susu! Ternyata kafein yang terdapat di dalam kopi bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala lho! Seperti kita ketahui, kafein memiliki efek stimulasi yang membuat tubuh menjadi lebih segar, nah ternyata hal ini sama saja memaksakan tubuh yang lelah untuk terus bekerja, makanya terkadang timbul sakit kepala karena kelelahan tersebut.

Selain itu kafein juga memiliki sifat adiktif. Jika seseorang pecinta kopi nggak minum kopi dengan porsi yang biasa dia minum, dia bisa banget mengalami gangguan seperti lemas, hingga menimbulkan sakit kepala.

Memakai helm atau aksesoris kepala yang terlalu ketat!

Pastikan helm yang kamu kenakan memiliki ukuran yang pas dan nyaman dipakai! | Credit: MIXU via www.pexels.com

Ini yang paling sepele, kepala yang tertekan karena helm atau aksesoris yang terlalu ketat ternyata bisa menyebabkan sakit kepala lho! Helm atau aksesoris kepa yang terlalu ketat akan menjepit kepala kamu hal ini menyebabkan pembuluh darah terjepit atau tertekan dan aliran darah ke otak berkurang. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Cara meredakan sakit kepala ini hanya satu, beli helm atau aksesoris baru. Pilihlah helm atau aksesoris yang terasa nyaman dan pas di kepala. Harap di ingat, helm atau aksesoris yang pas tentunya akan terasa aman karena mengikuti bentuk kepala dan tidak menyiksa kamu!

Nah jadi itulah beberapa hal-hal sepele yang bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala. Tapi perlu di ingat juga, jika sakit kepala yang SoHip alami berlangsung dalam jangka waktu lama dan berulang-ulang, serta SoHip nggak tau pasti apa penyebabnya, ada baiknya kamu langsung aja cabut menghubungi dokter!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Dulu anak magang, sekarang sering uring-uringan, katanya gamers tapi nonton esportsnya aja. Suka sepak bola karena dipaksa temen, tapi suka kamu kok :')

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE