6 Perabot Kantor Multifungsi yang Bisa Dipakai di Rumah, WFH Tambah Produktif Jika Barang ini Ada!

Perabot kantor

Pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir, sebagian dari kamu mungkin masih berjibaku dengan tugas yang dikerjakan dari rumah. Fungsi tempat tinggal pun yang sebelumnya sebagai tempat istirahat atau berkumpul dengan keluarga, kini mulai beralih fungsi juga sebagai tempat kerja. Untuk itu diperlukan suasana yang berbeda supaya pekerjaanmu lebih produktif tak terhalang dengan keseharian di rumah.

Advertisement

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu mengubah kondisi ruangan sedemikian rupa layaknya bekerja di kantor. Nah, beberapa pilihan perabot kantor dan fungsinya ini bisa dijadikan pilihan. Cocok dengan segala kondisi ruangan dan pastinya multifungsi. Apa saja daftar peralatan kantor yang bisa kamu ciptakan sendiri di rumah, yuk ikuti ulasannya.

1. Daripada mengeluh karena posisi duduk yang kurang benar, coba deh pakai meja laptop. Terutama yang menempel dengan dinding, selain bisa dilipat, saat tak terpakai bisa dijadikan alas pajangan~

Meja laptop menempel di dinding | Credit: ROOM via unsplash.com

Untuk menyiasati ruangan kecil di rumah, meja lipat yang menempel dengan dinding cocok digunakan. Pada dasarnya seperti meja biasa, namun modelnya bisa dilipat ke arah dinding yang bikin ruangan jadi tak sempit. Contoh peralatan kantor ini memang jarang digunakan sebab umumnya lebih memilih pakai meja lipat lesehan atau roda. Namun, tak ada salahnya lo, apalagi bagi kamu yang juga pengin mempercantik ruangan.

2. Kawat ram dinding besi selain digunakan untuk menempelkan notes supaya jadwal kerjaan terstruktur, fungsinya juga bisa jadi gantungan ternyata

Kawat ram untuk dinding | Credit: Elsa Noblet via unsplash.com

Kamu sering nggak sih lihat perabot kantor beserta fungsinya yang satu ini. Tahu harus carinya di mana? Sebenarnya di platform e-commerce sudah banyak yang menjual dari yang berkisar Rp50 ribuaan sampai ratusan ribu. Fungsi dari ram dinding besi juga banyak banget lo, selain bisa menempelkan notes, bentunya yang unik justru bikin ruangan jadi lebih cantik, aesthetic~

Advertisement

Cara membuat kawat ram dinding sendiri:

  1. Potong kawat yang hendak digunakan dengan ukuran sama panjang, jika kawat bengkok luruskan dahulu menggunakan tang.
  2. Menyusun kawat hingga membentuk gantungan kotak, gunakan meteran supaya sama panjang. Kemudian berilah lem super sebagai perekat di tiap bagian sudut kotak kawat.
  3. Letakkan di bawah sinar matahari hingga kering dan siap digunakan.

3. Kotak kosmetik yang tak terpakai di rumah bisa dijadikan tempat perintilan barang kantor lo. Pulpen, spidol, penggaris hingga kertas kecil bisa masuk

Alternatif kotak ATK | Credit: Tim Gouw via unsplash.com

Kalau ada kotak kosmetik di rumah punya keluargamu jangan buru-buru langsung dibuang ya. Apalagi kalau yang rusak hanya bagian penutupnya, kan sayang. Sebab kotak tersebut bisa dijadikan alternatif untuk menaruh perintilah alat kantor. Sekat-sekat yang terdapat pada kotak makeup mempermudah dalam penyusunan. Kalau di rasa sudah kotor kamu bisa gunakan sikat gigi yang ditambah dengan remover makeup, setelah itu dijemur di bawah sinar matahari. Yakin deh fungsinya nggak kalah dari box ATK milik perusahaan.

Advertisement

4. Rak yang satu ini jangan sampai kelewatan. Sudah satu set, bisa jadi alas laptop, cermin untuk dandan hingga gantungan aksesoris. Multifungsi sekali~

Set meja multifungsi | Credit: Uwitan via uwitan.id

Melihat perabot kantor dan harganya kadang bikin geleng-geleng kepala, apalagi jika dibelinya secara satuan. Nah daripada bingung pilih satu-satu gimana kalau beli dalam satu paket seperti referensi di atas. Kursi, meja, rak, cermin, hingga gantungan sudah lengkap. Bisa dijadikan meja kerja, tempat letakkan berkas file hingga gantungan serba guna. Furniturnya yang berbahan kayu juga memberikan efek hangat yang menenagkan. Yakin nggak mau dicoba?

5. Terus menerus duduk di lantai bikin badan cepat pegal, coba beralih ke kursi sofa. Alat yang satu ini tutupnya bisa dibuka, berkas praktis diletakkan di sana~

Sofa Korea minimalis | Credit: Shopee via shopee.co.id

Nggak dipungkiri kalau kita mau barang yang berikan banyak manfaat, beli satu tapi multifungsi untuk segala kondisi. Seperti yang satu ini, sofa empuk berbentuk kotak yang cocok dipakai di rumah. Menariknya di balik tampilan yang cantik dan berwarna, ada fungsi lain yakni sebagai tempat penyimpanan barang. Tak perlu takut rapuh karena sudah didesain sedemikian rupa dengan material yang kokoh. Atas permukaannya bahkan dilengkapi dengan busa yang bikin nyaman berjam-jam untuk duduk di rumah saat kerja.

6. Ada kain di rumah yang tak terpakai? yuk kreasikan jadi hammock penyangga kaki. Tubuh kamu juga perlu istirahat di tengah sibuknya pekerjaan

Hammock penyangga kaki | Credit: Amazon.com via www.amazon.com

Mungkin banyak yang bilang yang bukan termasuk ke dalam perabot kantor adalah hammock. Eits nggak juga lo, dalam keadaan tertentu alat sejenis ayunan ini juga diperlukan untuk merilekskan kaki kamu. Sekarang ini di platform jual beli pun sudah banyak yang menjual. Cocok digantungkan pada meja di rumah, posisinya juga bisa santai atau posisi kerja seperti di atas. Kadang bukan hanya pundakmu yang butuh bersandar, kaki juga perlu supaya tak mudah keram.

Cara membuat hammock sendiri:

  1. Siapkan kain slayer atau kain pantai yang lembut, potong hingga ukurannya pas dengan kakimu.
  2. Lipat menjadi dua kemudian masukkan kayu di kedua sisinya, rekatkan supaya kayu tak berpindah tempat.
  3. Simpul tali pada keempat sisi kaku kemudian ikat pada meja kerja.
  4. Hammock sederhana siap digunakan.

Nah itulah 6 deretan perabot kantor yang bisa kamu gunakan di rumah untuk menunjang WFH. Situasi menyenangkan kita sendiri yang menentukan, maka buatlah kondisi senyaman mungkin di rumahmu. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE