Daftar 11 Pewarna Makanan Alami yang Efektif, Agar Hasil Masakanmu Lebih Memikat dan Sehat

Pewarna makanan alami

Selain rasa, masakan pun harus memiliki tampilan yang menarik agar bisa menggugah selera. Biasanya perwana makan dipakai untuk mempercantik makanan. Seperti diketahui, ada pewarna makanan alami dan buatan. Pewarna makanan alami adalah bahan-bahan yang berasla dari buah-buahn, sayuran, dedaunan, atau biji-bijian untuk mewarnai makanan. Selain pewarna makanan alami, bahan-bahan tersebut digunakan untuk pewarna alami tekstil  atau pewarna alami untuk menggambar.

Advertisement

Bahan pewarna alami dan warna yang dihasilkan ada banyak macamnya seperti pewarna makanan alami hitam dan pewarna alami biru. Alih-alih menggunakan pewarna makanan buatan, ada baiknya kamu memakai pewarna makanan alami yang lebih sehat dan aman. Pasalnya bahan tersebut berasal dari pigmen tanaman, berbeda dengan pewarna makanan yang rentan mengandung racun dan menimbulkan masalah kesehatan. Nah, berikut ini adalah daftar bahan pewarna makanan alami yang bisa kamu jajal di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan.

1. Daripada pakai pewarna kuning buatan, sebaiknya gunakan wortel sebagai pewarna makanan alami kuning

Wortel | Photo by mali maeder from Pexels

Selain dimasak, ternyata wortel dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Apalagi wortel memiliki zat yang baik untuk kesehatan mata. Dijamin masakanmu lebih kaya nutrisi. Untuk mendapatkan warna kuning dari wortel, caranya gampang sekali yakni cukup dengan menghaluskan dan menyaringnya.

2. Dengan warnanya kuat dan khas, ubi ungu bisa menjadi alternatif pewarna makanan

Ubi ungu | Ubi ungu | Photo by マサコ アーント via Pixabay

Tak banyak yang tahu, ubi ungu dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami untuk rainbow cake. Daripada bingung mencari pewarna ungu, pakai saja ubi yang notabene memiliki warna ungu nan khas. Sejauh ini sudah banyak varian makanan yang memakai ubi ungu sebagai pewarna seperti puding dan donat.

Advertisement

3. Punya warna merah yang terang, buah naga merah kerap dijadikan pewarna untuk beberapa makanan yang umumnya berwarna merah

Buah naga | Photo by Amatus Sami Tahera via Pixabay

Warna merah dalam buah naga memang cukup tajam. Alhasil buah satu ini dipilih menjadi pewarna makanan alami warna merah. Bila pengin pewarna makanan alami warna pink, kamu bisa menggunakan sedikit buah nagar agar warnanya tak terlalu pekat. Ketika mengolahnya menjadi pewarna makanan, jangan lupa saring dulu untuk memisahkan bijinya.

4. Selain pandan, bayam yang kaya zat besi ini cocok banget untuk pewarna makanan alami warna hijau

Bayam | Credit CC0 Public Domain via Pxhere

Selama ini bayam cukup populer sebagai sayuran kaya zat besi. Lumrahnya bayam dimasak menjadi sayur bening bersama dengan kacang panjang. Tapi sayuran satu ini juga bermanfaat sebagai pewarna makanan alami lo. Caranya, rebus bayam terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Adonan bayam yang telah lembut bisa dicampurkan langsung ke masakan. Mudah bukan?

5. Sepertinya daun suji masih kurang familier sebagai pewarna makanan alami hijau. Padahal warnanya bikin masakan lebih memikat

Daun suji | Credit: Kembangraps, CC BY-SA 3.0 via commons.wikimedia.org

Selain bayam, pun daun suji bisa digunakan untuk mewarnai makanan. Daun yang mengandung zat tannin  ini diklaim mampu mencegah sembelit. Jadi selain bikin makan lebih menarik dipandang, daun suji memiliki khasiat tersendiri yang bagus untuk kesehatan.

Advertisement

6. Gula aren memiliki dua fungsi sekaligus yakni sebagai pemanis dan pewarna makanan alami

Gula aren | Credit: Minky Avelin, CC BY-SA 4.0 via commons.wikimedia.org

Penggunaan gula aren dalam masakan sebenarnya sudah biasa. Gula ini sering dijadikan pemanis untuk kolak, cendol, atau bubur. Namun tak hanya sebagai pemanis, gula aren juga bisa digunakan unuk pewarna makanan lamai. Sesuai dengan warna gula aren, warna masakan akan menjadi coklat.

7. Pengin bikin nasi kuning? Gunakan kunyit sebagai pewarnanya agar lebih sehat dan harum

Kunyit | Photo by Azzaryiatul Amar via Pixabay

Rempah-rempah ini pasti tak asing di telinga terutama orang Indonesia. Ya, kunyit termasuk bumbu dapur yang diandalkan untuk hampir setiap masakan. Salah satu masakan yang memanfaatkan warna kunyit yang kuning adalah nasi kuning. Apalagi kunyit memberikan aroma yang bikin masakan lebih harum. Dijamin orang yang menciumnya akan tergugah untuk segera makan.

8. Bukan tanpa alasan bubuk coklat dicampurkan ke adonan kue atau roti. Ternyata supaya warna makanannya jadi coklat tanpa pewarna buatan

Photo by Delphine Hourlay from Pexels

Bubuk coklat atau disebut juga bubuk kakao adalah bubuk yang berasal dari biji buah coklat. Biasanya bubuk coklat disantap sebagai minuman tapi tak jarang digunakan sebagai bahan campuran kue dan roti. Jadi tak cuma memberikan aroma dan cita rasa coklat, bubuk ini dapat dipakai untuk pewarna makanan alami.

9. Bagaimana kala ngak punya bubuk coklat? Tenang, warna coklat untuk makanan juga bisa diperoleh dari kopi

Kopi | Photo by Burst via Pexels via www.pexels.com

Pewarna makanan alami warna coklat dapat dihasilkan dari banyak bahan. Jadi tak hanya dari bubuk kakao. Kopi pun bisa digunakan sebagai pewarna makanan warna coklat. Aromanya yang kuat dan wangi  pun semakin menambah cita rasa makanan.

10. Sesuai dengan namanya, tepung ketan hitam memberikan efek warna hitam bila dicampurkan ke dalam masakan

Ketan hitam | Ketan hitam | Photo by roc zhang via Pixabay via pixabay.com

Tepung ketan hitam lebih dikenal sebagai bahan makanan daripada bahan pewarna makanan. Saat diolah, tepung ini secara nggak langsung bikin masakan jadi hitam. Makanya tepung ini kadang dijadikan pewarna makanan alami. Meski warnanya hitamnya kurang pekat, tepung ketan hitam masih bisa jadi pilihan. Untuk mengakalinya, kamu bisa menambahkan bahan pewarna makanan yang berwana hitam lainnya untuk mendapatkan hasil masakan sesuai harapan.

11. Bunga pewarna makanan ini bernama bunga telang. Sebagai pewarna makanan alami warna biru, bunga ini akan membuat masakanmu terlihat cantik

Bunga telang | Photo by Lloyd D’Souza via Pixabay

Terkadang mewarnai makanan menjadi biru itu cukup susah. Namun kini kamu tak perlu pusing lagi. Buang telang yang sering dikonsumsi sebagai teh nyatanya bisa dipakai untuk pewarna makanan alami. Caranya, bunga telang diseduh lalu air seduhannya dicampurkan ke makanan. Pun kamu bisa menumbuk bunga telang sebelum memasukkannya ke masakan.

Nah itu dia 11 bahan pewarna makanan alami yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif. Daripada memakai pewarna buatan, pewarna makanan tersebut lebih sehat. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE