Artikel ini dipersembahkan oleh AQUA. Air minum dalam kemasan nomor 1 di Indonesia yang siap menjaga tubuhmu tetap segar di bulan puasa.

Ramadhan datang! Sudah seberapa jauh sih persiapanmu sekarang? Tak hanya membayar hutang puasa dan persiapan ibadah yang lainnya, aspek kesehatan juga harus diperhatikan. Demi ibadah yang lancar, kondisi tubuhmu memang harus tetap segar.

Cara paling sederhana supaya kondisi badan tetap segar selama puasa adalah memastikan asupan airmu terjaga. Dengan minum minimal 8 gelas per hari lebih tepatnya.

Duh, tapi bulan puasa ‘kan numpuk kegiatannya…. Udah sibuk, laper, buat minum air pun waktunya terbatas juga. Gimana caranya biar bisa tetap minum 8 gelas sehari?

Nggak usah bingung lagi, ikuti saja 6 langkah di bawah ini demi asupan air yang tetap tercukupi.

Teguklah 2 gelas air setelah masuk waktu berbuka. 1 sebelum makan dan 1 lagi sesudahnya

Pembuka mata

2 gelas untuk buka via www.youtube.com

Angka 8 gelas per hari layak ditaati agar tubuhmu tak terserang dehidrasi. Angka ini pun berlaku selama puasa, di mana waktu untuk makan dan minum jadi lebih sedikit. Agar angka ini tetap bisa ditaati dan tubuhmu tetap fit, jadwalkan saja waktu tertentu untuk menenggak air putihmu. Contohnya dengan meminum 2 gelas air putih setelah berbuka puasa.

1 gelas bisa kamu minum sampai tandas sebelum menyantap nasi atau menggigit kurma. 1 gelas lagi bisa diminum saat semua makanan sudah sukses kamu habiskan. Dengan begini, kondisi badan tetap segar — ibadah puasamu pun bakal tetap lancar.

Sebisa mungkin, hindari minuman berperisa. Rasa manisnya justru bikin hausmu makin merajalela

Teh atau kopi tak bisa membantumu memenuhi 8 gelas/hari

Teh atau kopi tak bisa membantumu memenuhi 8 gelas/hari

Sebisa mungkin hindari aneka produk minuman kemasan untuk berbuka puasa. Gak hanya menaikkan gula darahmu tiba-tiba, rasa manisnya justru semakin membuat hausmu makin merajalela. Angka 8 gelas per hari pun akan sulit dipenuhi jika kamu lebih sering minum minuman berperisa daripada air putih segar.

Tapi gimana dong kalau aku mau yang rasanya manis?

Cobalah mengganti minuman berperisa dengan buah-buahan segar yang tidak mahal. Misalnya saja pepaya atau semangka. Kedua buah ini bisa kamu dapatkan dengan harga tak sampai Rp3000 per potongnya. Selain lebih enak dan murah, buah-buahan ini gak perlu diragukan lagi efeknya pada kesehatan tubuhmu selama puasa!

Water tumbler layak jadi benda yang dibawa saat kamu pergi di malam hari. Jadi gak ada alasan lagi untuk gak minum 8 gelas dan dehidrasi

swell_bottle

Water bottle via blog.wantable.com

Bulan puasa identik dengan berbagai kegiatan di malam harinya. Misalnya berbuka bersama, sholat tarawih dan mengaji, atau bahkan olahraga. Bawalah water tumbler sebagai teman aktivitasmu di malam hari. Dengan begini, kebutuhan minum 8 gelas per hari bisa lebih mudah tercukupi.

Pilihlah water tumbler yang volumenya setara dengan 2 gelas berukuran biasa. Kamu juga bisa membubuhi tumbler ini dengan berbagai macam kalimat motivasional supaya dirimu lebih banyak minum air.

Sebelum tarawih, tenggak dulu 1 gelas air putih. Agar badan dan pikiran siap beribadah dan mendengar ceramah

Sebelum tarawih, minum 1 gelas dulu

Sebelum tarawih, minum 1 gelas dulu via foto.viva.co.id

Selama Ramadhan, tentunya kamu tak mau ketinggalan beribadah karena pahala yang dijanjikan berlimpah-limpah. Mengaji tak hanya sekadar lalu, namun ditargetkan agar khatam dalam sebulan. Selain sholat fardu dari Subuh sampai Isya’, tarawih dan witir tak lupa ditegakkan. Nah, sekarang cobalah menenggak 1 gelas air putih sebelum kamu melangkahkan kaki ke masjid.

Minum 1 gelas akan membuat pikiranmu lebih tenang dan ibadah lebih lancar. Kamu juga gak perlu takut mengantuk karena air bikin badanmu tetap segar. Ramadhan dengan maksimal!

Jadikan 1 gelas air segar sebagai lullaby. Demi istirahat yang tenteram sampai waktu sahur datang

1 gelas sebelum tidur

1 gelas sebelum tidur via www.studentslovetravel.com

Air putih gak hanya bersifat menyegarkan, namun juga menenangkan. Diminum di saat malam, minuman ini manjur membuat istirahatmu nyaman. Cobalah meneguknya sebagai lullaby sebelum dirimu memejamkan mata. Dijamin, tidur malammu nyenyak dan bangun sahurmu tepat waktu.

Setelah gelas airmu habis terminum, cobalah memasang alunan murattal Qur’an. Nggak hanya tidur malammu lebih nyaman, hatimu juga damai dan tenang.

Ikuti 5 langkah di atas plus minum 2 gelas di saat sahur. Hanya dengan ini, kebutuhan asupan airmu akan otomatis tercukupi

Dua gelas air

Dua gelas air via www.rgbstock.com

Tidak sulit kok untuk tetap minum air 8 gelas per hari di bulan puasa. Kamu hanya perlu minum 2 gelas air saat sahur plus mengikuti langkah-langkah di poin sebelumnya. Dengan begitu, otomatis kebutuhan asupan airmu akan tercukupi. Formulanya begini:

2 gelas untuk berbuka + 4 gelas di malam hari + 2 gelas untuk memulai puasa

Sederhana ‘kan, sebenarnya?

Menjalani Ramadhan dengan maksimal tak hanya tentang berlomba-lomba dalam kebaikan saja. Namun juga memperhatikan kesehatan tubuhmu sedemikian rupa. Tak perlu repot-repot, dirimu hanya tinggal mengontrol asupan air 8 gelas per hari dengan pola minum 242. Jangan sampai jatuh sakit hanya karena kurang minum, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya