Hormon lelaki tak sama. Seorang pria dapat dengan mudah memiliki jambang dan kumis tanpa harus mengoleskan apapun ke wajahnya. Namun, ada juga cowok yang mau kayak apa juga wajahnya tetap mulus. Iri hatinya melihat kawan yang terlihat begitu lakik dengan bulu halus menggambar wajahnya. Akhirnya cari obatlah dia, lalu terjebak pada bahan kimia buatan yang tak sehat dan malah menimbulkan efek yang tak diinginkan.

Nah, untuk itu, cobalah biasakan untuk menaruh ramuan alamiah sebagai prioritas untuk merangsang pertumbuhan bulu halus. Ternyata banyak juga dan cukup mudah didapatkan di pasaran. Yuk mari simak dengan seksama, agar jambangmu mulai bermunculan tanpa pakai obat-obatan!

 

1. Tanyakan orang rumah apakah kalian punya persediaan mentega di dapur. Kalau ada, oleskan ke wajahmu secara teratur.

Sebelum habis untuk mengoles roti via bukan-berita-biasa.blogspot.co.id

Hal pertama yang patut diketahui adalah perbedaan antara mentega dan margarin. Mentega memiliki bahan dasar susu, sedangkan margarin dari kelapa sawit. Susu dapat merangsang pertumbuhan bulu halus, ditambah lagi mentega juga mengandung protein dan karbohidrat yang cukup tinggi. Bahan-bahan itulah yang bekerja menumbuhkan rambut ketika mentega dioleskan ke wajah. Ambil mentega secukupnya (jangan lupa izin orang rumah dulu), oleskan ke bagian wajah yang kamu ingini tumbuh jambang, lalu diamkan selama 15 – 20 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Pakai secara teratur.

2. Kalau mentega habis, coba tanya ke tetangga, barangkali mereka punya Daun Urang-Aring. Perasan airnya juga berkhasiat merangsang bulu halus di wajahmu.

Advertisement

Perhatikan baik-baik bentuk daunnya.. via

Daun urang-aring telah menjadi senjata pengobatan herbal dan tradisional dari orang Jawa dan Cina. Selain dapat menumbuhkan bulu halus, urang-aring juga memiliki khasiat menyehatkan kulit karena di kandungan lemak nabati di dalamnya dapat meningkat jumlah limfosit, yang baik bagi ketahanan kulit. Jika ingin ikut merasakan manfaatnya dalam menumbuhkan bulu halus, cobalah ikuti tahapan di bawah ini.

  • Ambil beberapa lembar daun urang aring
  • Rendam daun urang aring ke dalam air
  • Remas-remas daun urang aring, sehingga air menjadi berawarna hitam.
  • Setelah itu, oleskan hasil rendaman daun urang – aring tersebut wajah secara teratur.

3. Kalau tetangga lagi pergi, coba beli minyak kemiri di pasar. Kandungan mineral di dalamnya, sanggup merangsang pertumbuhan jambang di muka. 

Tak hanya buat masak via istiqomah96ajeng.files.wordpress.com

Kemiri tak hanya buat memasak, ada khasiat lain oleh karena kehadiran protein dan karbohidrat di dalamnya. Kandungan itu dapat memancig keluarnya bulu halus yang tadinya malu-malu, akan menjadi tak tahu malu untuk memenuhi sekujur tepian wajahmu. Coba ikuti step di bawah ini dan rasakan manfaatnya.

  • Sediakan sekitar 20 biji dan air sebanyak 100 cc, cuci bersih, kemudian haluskan seluruh biji kemiri dengan ditambahkan air tersebut, aduk hingga rata.
  • Panaskan wajan tanpa diberi minyak goreng atau apapun
  • Masukkan tumbukan biji kemiri yang sudah halus dan masak hingga mengeluarkan minyak, kemudian saring minyak dari ampasnya.
  • Ketika dingin, usapkan minyak kemiri terserbut ke dagu secara merata sambil dipijat lembut. Lalu, diamkan sejenak hingga minyak meresap ke pori-pori kulit.
  • Bilas sampai bersih hingga tak ada sisa minyak yang menempel.

4. Sari buah amla sudah jadi minyak juga dapat membantumu memiliki jambang. Tentunya dengan penggunaan teratur setiap harinya.

Gunakan secara teratur via cdn-media.viva.id

Amla adalah sejenis buah yang dulunya, banyak tumbuh di India, namun sekarang mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Minyak dari buah ini bisa meningkatkan pertumbuhan jambang di wajah. Di dalamnya mengandung vitamin C yang bagus untuk kulita. Jadi selain mendapatkan jambang yang matang, kamu juga akan memperoleh klit yang sehat. Oleskan minyak amla pada wajah selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan. Minyak amla bisa didapatkan di apotek maupun toko obat. Pilihlah merek yang sesuai dan jangan lupa baca batas kadaluarsanya!

5. Minyak berguna yang lain adalah Minyak Zaitun. Menggunakannya dapat membuat jambangmu tahan menahun.

Tak perlu kimiawi via segar-bugar.tumblr.com

Obat alami penumbuh rambut botak yang pertama adalah minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Kandungan itulah yang mampu menumbuhkan bulu halus serta menyehatkan kulit wajah. Namun, kamu perlu hati-hati dalam memilih minyak zaitun yang beredar di pasaran. Sebab beberapa pegadang justru menyediakan minyak yang palsu, dan akan berdampak buruk pada kulitmu. Caranya mudah: letakkan satu sendok kecil minyak zaitun di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua tangan selama 1 menit, setelah itu ciumlah aroma minyak zaitun. Kalau tangan kamu panas, artinya minyak zaitunnya asli.

6. Atau bisa juga gunakan minyak wijen. Penggunaan yang sesuai akan menuai hasil yang tepat.

Aman untuk digunakan via herbaneka.com

Tak hanya untuk memasak, sejatinya, Minyak wijen adalah kondisioner rambut alami yang sangat baik. Vitamin yang seperti itulah yang dibutuhkan untuk membuat rambut semakin tebal dan mudah rontok. Ini dapat diadaptasi sebagai perangsang alamiah untuk menumbuhkan bulu halus di sekitar wajah. Cukup oleskan saja di tepian muka, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas sampai bersih. Selain baik untuk bulu halus, minyak wijen juga obat natural yang handal untuk menjaga kelembapan kulit, terlebih di cuaca tropis. Minyak wijen sangat mudah didapatkan di berbagai toko kebutuhan rumah tangga. Tak usah khawatir dengan habibat asli minyak wijen, yang biasanya nangkring  di samping kompor. Dia juga dapat diandalkan untuk menumbuhkan jambang.

7. Ini agak ekstrem, tapi patut dijajal. Telur udang ternyata juga mampu menumbuhkan jambang!

Tak pernah terbayangkan, kalau harus ubek-ubek telur udang demi tampil jantan. Tapi apa boleh dibikin, daripada mengambil resiko dengan obat-obatan yang tak jelas juntrungannya. Ini lebih baik dari itu, dan layak untuk diceritakan. Langsung saja, ambil telur udang yang masih menempel di tubuhnya. Olesin lendir telur udang ke bagian yang ingin ditumbuhi rambut. Gunakan 1 kali sehari 4 jam sebelum tidur secara rutin selama 1-2 minggu. Jika ingin lebih berkhasiat lagi, campurkanlah udang ke dalam minyak kemiri yang telah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan sedikit body lotion, lalu oleskan ke tepian wajah. Ini akan menghasilkan efek yang lebih kuat.

8. Kalau yang satu ini sudah cukup populer. Oleskan saja lidah buaya. Kalau gak punya, tinggal minta tetangga

Biar jadi buaya via blogtoga.tumblr.com

Lidah buaya mengandung lebih dari 20 mineral dan vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E. Ia juga handal berperan sebagai pengaktif dari pertumbuhan rambut dan folikel rambut dengan cara meningkatkan aliran darah disekitar akar rambut dan folikel rambut. Coba terapkan tahapan di bawah ini sampai muncul bulu-bulu halus di sekitar kiri kanan wajahmu.

1.  Ambil daun lidah buaya dan potong bagian tengahnya menggunakan pisau
2. Kemudian, ambil bagian dalam (lendir) daun lidah buaya tersebut
3. Setelah itu, kamu oleskan secara merata pada bagian yang ingin ditumbuhi jambang
4. Diamkan hingga lendir terasa mengering, kurang lebih 1-2 jam
5. Bersihkan dengan air

9. Imbangi dengan makanan yang mengandung biotin. Agar tubuhmu juga mendapat gizi dari vitamin yang lain. 

Sehat dan Maco via weheartit.com

Biotin adalah senyawa kimia yang dapat merangsang pertumbuhan bulu halus. Kamu bisa mendapatkannya di apotek terdekat sebagai obat dengan unsur kimia. Namun sebenarnya, biotin juga ditemukan dalam makanan misalnya kembang kol, kacang-kacangan, ikan, wortel, pisang, tepung kedelai, sereal, ragi, dan makanan lain.

Meskipun kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin yang mengandung biotin, makan makanan segar adalah pilihan yang baik, jika tersedia. Untuk itu, sembari mengoles minyak kemiri dan telur udang, ada baiknya diimbangi dengan gizi dari dalam, supaya tubuh merasa kompak untuk menumbuhkan bulu halus di sekitar wajah.

Gimana? Sudah siapkah dirimu untuk memiliki jambang yang menawan? Cobalah beberapa ramuan di atas. Inti dari perjuangan ini adalah kedispilinan. Jika tidak, rambut wajah ya pasti susah kamu dapatkan.