Siapa sih yang nggak suka jadi fotogenik? Difoto begini bagus, difoto begitu juga bagus. Mau pakai baju apa, di mana saja, dan kapan saja hasilnya selalu luar biasa. Pengen ganti foto profil jadi nggak perlu pusing karena stok foto yang ada bagus semua.

‘Itu cewek kok bisa cakep begitu ya difoto. Padahal aslinya biasa aja.’

Mungkin ini yang kamu pikirkan, padahal nggak juga lho, guys! Ada kok tips dan trik biar kamu bisa tampak lebih cakepan saat dijepret kamera. Jadi modal tampang doang ternyata nggak cukup karena banyak juga orang cakep yang jelek kalau difoto. Hipwee Tips akan mengupasnya untukmu, dari mulai pemilihan angle yang tepat sampai hal-hal yang sepele juga. Yuk, simak!

1. Pilih angle yang ciamik, kalau masih bingung cukup perlihatkan sisi kiri wajahmu yang konon selalu tampak lebih menarik

Perlihatkan sisi kiri via bodypower.com

Kita semua sudah tahu rahasia menakjubkan yang dimiliki angle pengambilan foto ‘kan? Tapi nyatanya menemukan angle yang bagus juga bukan hal mudah, butuh waktu yang nggak sedikit untuk coba-coba. Daripada makin bingung, mending perlihatkan sisi kiri wajahmu pada kamera.

Advertisement

Menurut fotografer fashion, Garance Dore, dan juga sebuah penelitian yang dilakukan Wake Forest University, sisi kiri wajah terlihat lebih menarik dibandingkan dengan sisi kanan. Nggak heran ya kalau banyak artis cantik yang fotonya suka miring-miringin wajah. Huhuy!

2. Jangan mau jadi yang paling dekat kamera di antara teman-temanmu lainnya, karena kamu akan tampak tidak proporsional wajahnya

Jangan jadi yang megang kamera juga kalau wefie via fahmiadimara.blogspot.com

Mereka yang berdiri atau berada paling dekat dengan kamera akan tampak tidak proporsional wajahnya. Selain itu kamu yang punya pipi tembem atau badan curvy juga akan tampak makin bulat OH NO! Paling nggak pilih posisi yang sejajar dengan teman-temanmu lainnya. Posisi menyamping dengan memperlihatkan wajah sisi kiri akan makin oke 🙂

3. Minta cameraman atau tukang fotonya agar mengambil gambar dari bawah kalau ingin tampak lebih tinggi

biar terlihat jenjang via jempoljumbo.com

Buat kamu yang ukuran badannya pendek atau biasa-biasa saja, coba minta orang yang mengambil fotomu untuk menurunkan angle-nya. Angle yang agak ke bawah (nggak sejajar dengan wajah) akan membuatmu tampak lebih tinggi dari aslinya. Bisa tampak lebih langsing juga, lumayan ‘kan buat nampang di kamera.

4. Kalau kamu lagi duduk, minta fotoin dari atas lalu miringkan wajah. Trik ini akan membuat tulang pipimu makin merekah

Miringkan wajah saat kamu duduk via koreangirlshd.com

Untuk berfoto saat posisimu sedang duduk, ambillah fotonya dari angle sedikit ke atas. Lalu miringkan wajahmu ke arah kamera agar rahangmu dapat terlihat lebih jelas. Tulang pipimu juga akan terlihat lebih manis, jadi diinget-inget ya kalau difoto pas posisinya duduk.

5. Agar kesempurnaan makin terpancar, matamu juga harus ikut tersenyum dan saat berfoto katakan “money” bukan “cheers”

Pokoknya jangan lebar-lebar senyumnya via wallpaperrs.com

Kenapa senyum orang-orang yang fotogenik itu selalu bagus? Karena mata mereka ikut tersenyum, coba aja perhatiin foto teman-temanmu yang fotogenik. Ada aura yang terpancar dari mata mereka juga. Selain itu senyumnya juga jangan lebar banget guys, karena kamu yang hidungnya pesek bakalan makin pesek. Cobain aja!

“Taruh lidahmu di belakang gigi saat akan berfoto untuk mencegah senyum yang terlalu lebar.”

Dan yang paling sering salah nih, pas foto jangan bilang “cheers” tapi “money” karena huruf “e” yang dibentuk “money” hasilnya lebih bagus dari kata “cheers”. Langsung pada nyoba nih!

6. Tegakkan badanmu, perbaiki posisi pundakmu dan arahkan dahi agak ke depan lalu tarik dagumu ke belakang. Ini baru perfect!

Badan juga harus tegak via yukamomo.com

Angkat dadamu dan pastikan badanmu tetap tegak, pundakmu juga harus lurus begitu pula dengan punggungmu. Posisi badan yang tegak ini akan membuat fotomu terlihat lebih menarik. Dahi juga sebaiknya diarahkan ke depan sementara dagu agak ke belakang, mungkin kamu akan merasa pose ini sedikit aneh tapi percaya deh pose kayak gini bisa bikin wajahmu lebih proporsional.

7. Ini terlihat sepele, tapi sudah banyak yang membuktikan kalau menutup mata sebelum difoto hasilnya lebih bagus

Tutup dulu matanya Mbak! via aol.com

Tutup matamu, tarik napas panjang, buka mata sebelum fotografer menekan tombol shutter-nya. Jangan lupa senyum!

Udah gitu aja, sepele ‘kan? Tapi banyak fotografer yang bilang ini berhasil membuat foto banyak orang jadi lebih bagus hasilnya.

Percuma kalau kamu sudah tahu tips dan trik-nya kalau masih enggan buat sering-sering foto, karena pada dasarnya menjadi fotogenik itu butuh latihan. Kamu harus sering-sering foto dan mempelajari apa yang bagus dan apa yang kurang. Good luck!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!