Nggak Usah Sedih Kalau Kulitmu Sensitif, Rawat Aja Pakai 5 Cara Ini!

Cara rawat kulit sensitif.

Urusan kulit sensitif tuh bikin kamu sering geregetan. Padahal kamu juga nggak makan makanan aneh-aneh, pakai produk perawatan pun sudah yang standar. Tapi, kok tetap aja kulit terasa tersiksa ya? Nggak nyaman gitu deh rasanya. Setelah ditelaah, ternyata mungkin yang jadi masalah adalah cara merawatnya. Karena kulit sensitif itu butuh penanganan spesial, tentu ada trik khusus untuk merawatnya.

Untuk itu, kamu harus tahu langkah-langkah yang tepat agar kulit sensitifmu nggak makin tersakiti. Ikuti caranya berikut ini yuk!

1. Layaknya pasangan, kulitmu juga perlu diperlakukan dengan lembut

perlakuka ndengn lembut via www.pexels.com

Nggak cuma pacar yang pengen diperlakukan dengan lembut, kulitmu pun juga wajib diperlakukan seperti itu lho. Entah itu saat mandi, mengoleskan body lotion atau bahkan cuma sekadar menyentuhnya, sebisa mungkin usap kulit secara lembut ya. Bermula dari sentuhan lembut, kulitmu sensitifmu jadi akan terhindar dari kemungkinan iritasi.

2. Pilih produk yang sesuai dengan kulit sensitif

pilih produk sesuai jenis kulit via unsplash.com

Memilih produk perawatan tentu nggak bisa sembarangan. Ya sama kayak dengan memilih pacar gitu. Kalau kulitmu sensitif, tentu kamu perlu pilih produk perawatan yang memang khusus diperuntukkan kulit sensitif. Karena produk yang dibuat khusus untuk kulit sensitif biasanya tidak mengandung parfum, paraben, dan alkohol. Contohnya ya kayak Dove Sensitive Deodorant ini.

Deodoran yang satu ini memang diperuntukkan bagi kamu yang berkulit sensitif. Diformulasikan secara spesial dengan 0% kandungan alkohol, parfum, paraben dan pewarna. Plus, Dove Sensitive Deodorant ini juga memberikan perlindungan hingga 48 jam dan sudah teruji secara klinis meredakan kemerahan dan gatal akibat kulit iritasi. Duh nggak salah pilih deh sama Dove Sensitive Deodorant ini!

3. Mandi secara teratur dengan memakai air bersuhu standar. Nggak terlalu dingin atau panas

jangan mandi lama-lama via www.pexels.com

Semalas apapun kamu, mandi sangat disarankan agar kuman-kuman yang menempel pada tubuh hilang. Apalagi kalau kamu punya kulit sensitif. Tentu urusan mandi juga nggak boleh sembarangan. Untuk menjaga kulitmu, gunakan air bersuhu normal karena kulit sensitif tidak boleh memakai air bersuhu terlalu dingin atau terlalu panas. Oh iya, durasi mandinya juga jangan lama-lama. Kayak ngapain aja gitu di kamar mandinya kelamaan hehehe~

4. Rutin gunakan body lotion untuk mengurangi iritasi pada kulit

body lotion dari bahan-bahan alami via www.pexels.com

Body lotion merupakan salah satu produk perawatan yang nggak boleh terlewat. Maklum, body lotion bisa membantu menjaga kelembaban kulit biar iritasinya berkurang. Tapi kamu tetap harus ingat. Seperti poin pertama tadi, cara mengoleskannya harus yang lembut ya. Selembut belaian cinta~

5. Plus, jangan lupa oleskan sunblock agar kulit terhindar dari bahaya sinar matahari

terhindari dari sinar matahari via www.pexels.com

Layaknya hati yang harus dijaga dari nyinyiran orang, kulitmu juga perlu dilindungi dari sengatan sinar matahari. Kalau hati bisa dijaga dengan menjauhi lingkungan yang toxic, cara menjaga kulit dari sinar matahari bisa dengan rutin pakai sunblock sebelum pergi. Sunblock bisa melindungi kulitmu dari sinar UV hingga menutrisi kulit. Jadi selalu sedia sunblock ya di tas saat pergi~

Karena masalah kulit sensitif itu bukan sepele, penangangannya juga harus spesifik. Apalagi kalau kulit sensitif itu terletak pada bagian yang tersembunyi seperti pada ketiak yang seringnya bikin kamu enggan memakai deodoran karena takut main iritasi. Padahal deodoran itu perlu untuk menjaga kelembapan kulit ketiak lho. Untung sekarang ada Dove Sensitive Deodorant yang diformulasikan secara spesial untuk kulit ketiak sensitif. Bikin kamu nggak malas lagi pakai deodoran dan bikin kulit ketiak jadi lebih nyaman.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu merawat kulit sensitifmu ya. Atau kalau misalkan kamu punya tips lain, yuk jangan ragu untuk share di kolom komentar~

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.