10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik, Nggak Cuma Bisa Buat Masak Nasi aja!

rekomendasi rice cooker

Dari sekian banyak perlengkapan rumah tangga, rice cooker bisa dikatan sebagai salah satu perlengkapan yang punya nilai guna tinggi. Tentunya salahs atu kegunaan alat ini adalah fungsi menghangatkan serta menanak nasi. Sebuah proses yang dulu kelihatannya sangat repot sekarng bisa dilakukan hanya dengan satu alat dan sentuhan tombol.

Fungsi utama alat ini memang hanya untuk menanak atau memasak nasi, namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini rice cooker juga memiliki fungsi lain. Tentunya rice cooker ini juga memiliki banyak variasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah Hipwee ingin berbagi dengan kamu nih, beberapa rekomendasi rice cooker yang bisa kamu gunakan di rumah atau di tempat kost!

Rice cooker, magic jar dan magic com itu serupa tapi nggak sama, ada bedanya lo, ini perbedaannya!

Rice cooker sekarang ini juga memiliki banyak fungsi, bahkan bisa untuk menggoreng | Credit: Rizky Dwi via pixabay.com

Meskipun punya banyak kesamaan, ternyata rice cooker, magic jar dan magic com adalah alat yang berbeda lo! Kebanyakan orang menggunakan kata rice cooker, magic jar, dan magic com sebagai sebuah istilah yang sama. Padahal rice cooker, magic jar, dan magic com memiliki fungsi sendiri-sendiri yang nggak bisa dilakukan oleh alat lainnya.

Jika kita merujuk kepada rice cooker, maka alat yang dimaksud adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk menanak dan menjaga kehangatan nasi. Jika kita berbicara magic jar, maka alat tersebut adalah alat yang hanya digunakan sebagai penghangat nasi yang sudah matang. Sedangkan magic com adalah alat penanak serta penghangat nasi yang memiliki fungsi lebih, sehingga bisa digunakan untuk merebus, mengukus, membuat kue, bahkan untuk menggoreng. Pada dasarnya, magic com adalah sebuah bentuk ultimate dari rice cooker dengan beragam fitur tambahan.

Nggak hanya berbeda di fungsinya saja, rice cooker, magic jar serta magic com biasanya memiliki perbedaan harga yang signifikan. Tetapi sekarang ini rice cooker juga sudah dapat melakukan fungsi-fungsi tambahan seperti magic com, tetapi hanya sebatas memanaskan lauk, bukan menggoreng atau merebus seperti magic com.

Memilih rice cooker jangan sembarangan! Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan agar rice cooker kamu tepat guna

Sebaiknya perhatikan fungsi dan keperluan kamu ketika membeli sebuah rice cooker | Credit: MChe Lee via unsplash.com

Ada banyak rice cooker dengan berbagai merek dan tipe di pasaran, tetapi apakah rice cooker tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu? Sebelum memberi sebuah rice cooker, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa hal pada sebuah rice cooker, karena dengan memerhatikan beberapa hal yang sepertinya sepele ini kamu bisa mempermudah hidup kamu dengan sebuah rice cooker tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli peralatan yang nggak penting lainnya.

Fitur

Jika kamu tinggal sendiri, malas masak dan lebih suka membeli lauk di luar, ada baiknya kamu memilih rice cooker yang memiliki fitur menghangatkan makanan. Dengan membeli rice cooker yang bisa memanaskan makanan kamu ngga perlu khawatir makanan kamu akan cepat basi. Selain itu memasak nasi sendiri dengan rice cooker kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk makan lho!

Tapi kalau kamu memang hobbi memasak sendiri dan punya kompor, maka cukuplah membeli rice cooker yang khusus untuk menanak dan menghangatkan nasi, karena harganya akan lebih murah dan terjangkau.

Bahan Panci

Sebagai sebuah alat yang akan kamu pakai setiap hari, ada baiknya kamu memilih rice cooker yang memiliki panci berbahan dasar keramik. Panci berbahan keramik ini biasanya memiliki lapisan anti lengket yang membuat kamu mudah membersihkan nasi dari panci tersebut. Selain itu panci berbahan dari keramik juga lebih kuat dan tahan, sehingga kamu nggak perlu terlalu sering mengganti rice cooker kamu.

Tetapi jika kamu ingin rice cooker dengan harga yang lebih murah pilihlah yang memiliki bahan stainless steel yang biasanya juga dilapisi oleh lapisan anti lengket. Selain lebih murah, panci perbahan stainless steel ini biasanya juga lebih ringan daripada panci berbahan dasar keramik.

Daya Listrik dan Ukuran Rice Cooker

Ukuran sebuah rice cooker juga penting untuk kamu perhatikan, jika kamu masih hidup sendiri, pilihlah rice cooker yang memiliki ukuran nggak terlalu besar, yang penting rice cooker tersebut bisa kamu gunakan untuk memasak nasi dan menghangatkan lauk secukupnya. Karena biasanya ukuran rice cooker juga akan memengaruhi daya listrik yang akan digunakan.

Selain itu dengan memilih rice cooker yang punya ukuran pas dengan kebutuhanmu maka kamu bisa meminumalisir nasi yang terbuang karena nggak habis termakan oleh kamu. Dengan memiliki rice cooker yang ukurannya pas, kamu juga bisa berhemat serta bersikap efektif dalam membeli beras.

Rice cooker multi-fungsi terbaik yang Hipwee rekomendasikan

Nah, untuk memudahkan kamu, Hipwee udah menyiapkan beberapa rekomendasi rice cooker yang bisa kamu beli dan kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki, ini daftarnya.

#10
Bolde

Super Cook Maestro Series 1.8 Liter Rice Cooker

Rp366.000

Kalau kamu butuh rice cooker ukuran sedang yang berkualitas dan nggak terlalu mahal, kamu bisa banget mengambil rice cooker yang memiliki kapasitas 1.8 liter ini.

Selain itu rice cooker ini juga memiliki fungsi tambahan untuk menghangatkan lauk, mengukus hingga merebus. Dengan pot dari stainless steel, kamu akan memiliki rice cooker multi fungsi yang nggak mahal tapi berkualitas.

Kapasitas
1.8 liter
Daya listrik
350 watt
Fitur
Menghangatkan lauk, merebus dan mengukus
Bahan pot
Stainles steel dengan coating anti lengket

Rice cooker ini adalah salah satu tipe yang memiliki mode banyak namun dengan harga yang lumayan terjangkau. Kamu dapat menemukan 8 fungsi berbeda di rice cooker ini.

Dengan harga yang nggak terlalu mahal, ini adalah salah satu pilihan rice cooker terbaik. Selain itu alat ini juga memiliki pot berbahan dasar aluminium yang tahan lama serta dilapisi dengan perunggu untuk distribusi panas yang lebih merata

Kapasitas
1,2 liter
Daya listrik
300 watt
Fitur
mengukus, merebus, menggoreng, membuat bubur dan membuat kue
Bahan pot
Aluminium dengan copper coating dan lapisan anti lengket

Seperti produk sebelumnya, rice cooker ini adalah salah satu produk yang juga memiliki fitur serupa dengan magic com. Untuk kamu yang membutuhkan kapasitas besar, produk ini bisa menjadi pilihan karena memiliki kapasitas pot 2 liter.

Selain itu bentuknya yang futuristik juga membuat rice cooker ini terlihat canggih dan elegan. selain itu alat ini juga menggunakan sistem 3D heating yang akan mengahangatkan nasi lebih lama dan mencegah nasi cepat basi.

Kapasitas
2 liter
Daya listrik
400 watt
Fitur
Mengukus, menggoreng, merebus, membuat sop dan dilengkapi dengan timer beserta alarm
Bahan pot
Ceramic

Meskipun agak mahal, rice cooker buatan Panasonic ini termasuk salah satu yang memiliki fitur lengkap dengan 16 mode yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Meskipun ukuran potnya termasuk dalam golongan sedang, jadi kalau kamu tinggal bersama beberapa orang/keluarga, rice cooker ini bisa kamu jadikan pilihan.

Nggak cuma itu aja, kamu akan mendapatkan berbagai aksesoris dari rice cooker ini yang bisa kamu gunakan sesuai dengan mode dan kebutuhannya seperti keranjang kukus, cangkir bubur, penahan cangkir, hingga mangkuk ukur.

Kapasitas
1.8 liter
Daya Listrik
765 watt
Fitur
Slow cook, mengukus, merebus, membuat sup, membuat kue.
Bahan pot
Ceramic

Rice cooker ini cocok untuk kamu yang sudah memiliki anak kecil, pasalnya selain bisa memasak nasi, menghangatkan lauk, serta menghangatkan nasi, rice cooker ini juga memiliki mode untuk melakukan sterilisasi botol bayi.

Dilengkapi dengan pot anti lengket yang bersertifikasi SNI pastinya rice cooker ini bisa tahan lama dan aman untuk digunakan karena nggak mengandung bahan berbahaya

Kapasitas
1.8 liter
Daya listrik
395 watt
Fitur
menghangatkan lauk, membuat sup, slow cooker, sterilisasi botol bayi
Bahan pot
Aluminium dengan lapisan anti lengket food grade dan SNI

Buat kamu yang nggak butuh fitur banyak, rice cooker ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan kapasitas 1.8 liter kamu bisa menyimpan lauk serta menjaga kehangatan nasi dalam satu alat.

Selain itu desainnya juga nggak mencolok dan simple membuat rice cooker ini lebih sederhana tapi nggak kelihatan murah.

Kapasitas
1.8 liter
Daya listrik
400 watt
Fitur
menghangatkan lauk, mengukus
Bahan pot
Aluminium dengan lapisan anti lengket

Buat kamu-kamu yang anak kost, rice cooker ini cocok banget buat kamu. Dengan ukuran yang nggak terlalu besar tentunya rice cooker ini bisa kamu tempatkan dengan mudah diantara barang-barang kost kamu.

Selain itu kapasitasnya yang juga nggak terlalu besar, akan mengurangi risiko nasi menjadi basi karena tidak termakan oleh kamu. Desain rice cooker ini juga unik, sekilas terlihat seperti salah satu karakter dalam game “Angry Birds” lumayan lucu dan menghibur.

Kapasitas
0.8 liter
Daya listrik
300 watt
Fitur tambahan
-
Bahan pot
Aluminium dengan lapisan anti lengket dan anti gores

Nah kalau yang ini rice cookernya sedikit unik, soalnya rice cooker keluaran Xiaomi ini bisa terhubung dengan gawai pintarmu. Kamu bisa memilih  mode memasak nasi dan mengatur suhu nasi lewat aplikasi yang terhubung dengan gawai kamu.

Rice cooker ini memiliki 2 buah pilihan ukuran, 1.6 liter dan 3.0 liter, jadi kalau kamu mau membuka rumah makan, rice cooker unik ini bisa menjadi pilihan kamu. Selain itu desainnya yang simple juga menguatkan kesan modern dan canggih dari rice cooker ini.

Kapasitas
1.6 liter
Daya listrik
400 watt
Fitur
kontrol jarak jauh dan pengaturan mode menggunakan applikasi gawai
Bahan pot
Besi yang dilapisi dengan lapisan anti lengket

Rice cooker keluaran Philips ini juga menjadi salah satu rice cooker futuristik yang memiliki banyak fitur. Dengan teknologi “Fuzzy Logic” rice cooker ini dapat membuat hidangan tetap bergizi dan segar untuk waktu yang lebih lama.

Dengan pot berbahan stainless steel yang dilapisi dengan ceramic akan membuat rice cooker ini bertahan untuk wakut yang lama. Meskipun harganya sedikit mahal, kamu nggak perlu khawatir dengan umur produk ini.

Kapasitas
1 liter
Daya listrik
600 watt
Fitur
Membuat sup, menghangatkan lauk danb dilengkapi dengan alarm serta timer
Bahan pot
Stainless Steel yang dilapisi ceramic anti lengket

Buat yang benar-benar jarang makan nasi dan ingin piknik dengan keluarga, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada rice cooker portabel yang super kecil ini.

Meskipun kecil, rice cooker ini bisa digunakan untuk memasak nasi, menghangatkan makanan, hingga mengukus makanan. Dibalik bentuknya yang kecil, jangan remehkan kemampuannya!

Kapasitas
0.3 liter
Daya listrik
230 watt
Fitur
Menghangatkan dan mengukus lauk
Bahan pot
Stainless steel dengan lapisan anti lengket

Nah SoHip, itulah beberapa rekomendasi rice cooker yang bisa kamu gunakan dalam berbagai keperluan. Jangan lupa periksa kembali dan cocokkan keperluan kamu dengan fungsi rice cooker yang kamu pilih ya SoHip!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day