8 Rumus Membuat Password yang Kuat dan Aman. Nggak Bakal Gampang Dibobol Orang

Rumus membuat password

Sejak internet masuk dan berkembang di Indonesia, masih banyak orang yang nggak aware dengan bahaya pembobolan data dan akun pribadi. Di mana semuanya bermuara pada password alias kata sandi. Untuk bisa lolos dari peretasan, perlu password yang kuat dan nggak mudah diketahui. Sayangnya, nggak jarang orang masih mengabaikannya.

Advertisement

Buat kamu yang belum tahu gimana cara membuat password yang kuat dan nggak gampang dibobol, simak 8 rumusnya di bawah ini.

1. Jangan membuat kata sandi yang pendek. Sebisa mungkin buat password-mu panjang, minimal 8 karakter

buat password yang panjang via www.mentalfloss.com

Kata sandi yang panjang ini mempersulit teknik ‘bruce force attack’ yang sering digunakan para pembobol akun. Atas dasar itu, buat password-mu lebih dari 8 karakter.

2. Panjang saja tidak cukup, akan lebih baik kalau password-mu berisi kombinasi dari angka, simbol, dan campuran huruf besar dan kecil

kombinasi angka, huruf dan simbol via oketekno.com

Orang jahat akan kesulitan membobol password jika kamu menggunakan kombinasi ini. Bahkan teknik kombinasi membuat password berada ditingkat keamanan paling tinggi.

Advertisement

3. Akan lebih baik jika kamu membuat password dengan bahasa yang hanya dimengerti olehmu saja

gunakan bahasa yang hanya kamu mengerti via www.idiva.com

Sebut saja dengan menggunakan bahasa daerah. Hal ini membuat peretas nggak mengerti tata bahasa yang kamu gunakan untuk password-mu. Oiya, jangan sekali-sekali memakai password ‘qwerty’.

4. Jangan sekali-kali membuat kata sandi dengan informasi personal. Para pembobol akun akan mencoba memasukan informasi personal kita

jangan gunakan informasi pribadi via jurnalapps.co.id

Menggunakan informasi pribadi sebagai password masih jadi kebiasaan orang-orang hari ini. Alasannya mudah diingat. Namun sebaiknya dihindari. Jika informasi pribadi milikmu jatuh ke orang yang nggak bertanggung jawab, dapat dipastikan akun milikmu juga akan dibobol.

5. Jika kamu punya banyak akun, akan lebih baik kamu membuat password yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk mencegah pembobolan beruntun

gunakan berbagai password via circuitsbyus.com

Kebanyakan orang menyamakan password e-mail dengan password sosial medianya. Ini hal yang keliru, karena saat satu akun diretas, maka besar kemungkinan akun lain akan kena juga.

Advertisement

6. Untuk memudahkanmu, gunakan password manager, buatlah sejenis notes untuk mencatat password setiap akun

gunakan password manager via www.creativeindosite.com

Jika kamu kesulitan mengingat-ingat kata sandi milikmu yang berbeda-beda, buatlah manager password. Gunakan notes untuk menulis setiap password akun milikmu. Notes tersebut akan membantumu mengingat password.

7. Selalu ingat password dan jangan mencoba mengetik password milikmu di dekat orang lain

mengingat password via www.brainscape.com

Saat sudah memiliki notes, sebisa mungkin hafalkan semua password-mu yang berbeda-beda. Nggak mungkin kan kamu harus membawa catatan password-mu kemana-mana? Hindari juga kebiasaan ikut login di gadget teman.

8. Jika sudah punya password manager, kamu harus mengganti password secara rutin agar aman dari pembobolan

Mengganti password secara rutin via videohive.net

Kamu mesti mengganti password-mu secara rutin. Hal ini multak dilakukan karena bisa jadi password akun kita sudah diketahui oleh orang nggak bertanggung jawab.

Nah itu dia beberapa tips untuk membuat password yang aman dan kuat dari pembobolan. Kejahatan internet bukan mitos, stay safe~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE