Jalanan macet parah padahal kamu harus mengejar meeting penting? Pekerjaan yang tak ada habisnya? Hubungan dengan pasangan sedang gonjang-ganjing? Ada masalah dengan orang tua? Tagihan-tagihan yang datang bersamaan padahal tanggal gajian masih lama? Sudah berusaha melakukan yang terbaik tapi kok ya masih gagal juga?

Tenang-tenang. Meski hari sial mungkin nggak ada, namun hari-hari yang menjadi berat itu nyata adanya. Bukan karena kamu mendapat kutukan, tapi karena masalah-masalah menumpuk dan membuatmu punya banyak beban. Mungkin kamu lelah, mungkin juga kamu butuh istirahat.

Nah, sebelum kamu mendapatkan waktu untuk cuti dan liburan, Hipwee Tips akan menghiburmu dulu dengan lagu-lagu dari Sheila On 7. Tak hanya expert soal cinta, band kebanggaan generasi 90’an ini juga menawarkan obat untuk hati dan harimu yang sedang gundah gulana.

1. Mengenang masa lalu bersama para sahabat bisa mengurangi rasa jemu di hati. Obati gelisahmu dengan mendengarkan lagu Sahabat Sejati!

Sahabat Sejati via trivia.id

Pegang pundakku, jangan pernah lepaskan
Bila ku mulai lelah, lelah dan tak bersinar
Remas sayapku, jangan pernah lepaskan
Bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu…

Sheila On 7-Sahabat Sejati

Saat hari mulai berat, barangkali kamu membutuhkan teman berbagi. Tak ada salahnya curhat kepada sahabat, meski tak bisa membantu paling nggak dia bisa mendengarkan. Atau kalau kamu malas curhat, kamu bisa mendengarkan lagu Sahabat Sejati ini sambil mengenang kegilaan-kegilaan bersama para sabahat. Dijamin bikin hatimu hangat!

2. Beban hidup akan berkurang saat kamu punya seseorang yang bisa diajak berjuang. Lalu kamu bisa mendengarkan lagu Saat Aku Lanjut Usia, untuk sama-sama berharap kisahmu jadi selamanya

Advertisement

Genggam tanganku saat tubuhku terasa linu
Kupeluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu
Kita lawan bersama, dingin dan panas dunia
Saat kaki tlah lemah kita saling menopang
Hingga nanti di suatu pagi salah satu dari kita mati
Sampai jumpa di kehidupan yang lain

Sheila On 7-Saat Aku Lanjut Usia

Untuk yang sudah punya pasangan, membayangkan masa depan kelak seperti apa adalah hal yang menyenangkan. Menyusun rencana bersama mulai dari mau nikah umur berapa, sampai mau punya anak biasa, jadi bumbu-bumbu dalam cita-cita berdua. Lagu Saat Aku Lanjut usia ini bisa menemani kamu yang sedang marahan sama pacar, biar nggak lama-lama-lama marahnya. Kalau masih jomblo? Ya cari pacar sana. Hehehe…

Lagipula, terlepas kamu punya pacar atau nggak, lagu yang dinyanyikan dengan nada ceria ini pasti bisa membuatmu tertawa, kok. Syairnya yang lucu bisa mengobati harimu yang syahdu!

3. Kamu merasa begitu lelah karena hari-hari semakin memberat, biarkan lagu Have Fun menemanimu, serta menjadi teman dalam setiap perjalananmu

Have Fun via smejinaho.com

Senin sampai Jum’at berlari
Kejar mimpi niat terpatri
Tapi malam ini ku ingin pergi
Aku ingin have fun

Memang hidup harus dihidupi
Memang dompet ini harus diisi
Tapi malam ini ku akan pergi
Aku ingin have fun

Sheila On 7-Have Fun

Tuh, guys. Meski dompet memang harus diisi dan perut lapar perlu nasi, tapi nggak berarti kamu harus bekerja terus 24 jam selama 7 hari! Sesekali, kamu juga butuh waktu untuk have fun! Toh, senang-senang sehari saja nggak akan langsung membuatmu miskin ‘kan? Gih, sana piknik!

4. Dari judulnya saja lagu ini sudah membuatmu semangat lagi. Ingat, setiap kejatuhan seharusnya bisa membuatmu Melompat Lebih Tinggi!

Melompat Lebih Tinggi via liputan6.com

Kita berlari dan teruskan bernyanyi
Kita buka lebar pelukan mentari
Bila ku terjatuh nanti… kau siap mengangkat aku lebih tinggi
Seperti pedih yang telah kita bagi
Layaknya luka yang telah terobati
Bila kita jatuh nanti… kita siap tuk melompat lebih tinggi

Sheila On 7-Melompat Lebih Tinggi

Setiap manusia yang bernafas pasti pernah mengalami kesulitan dan kegagalan. Tapi jangan dulu patah semangat, justru setiap kejatuhan harus dijadikan tumpuan untuk melompat lebih tinggi lagi.

Sambil mendengarkan lagu ini, kamu juga bisa menonton ulang perjuangan Nirina Zubir, Dinna Olivia, dan Maria Agnes di film 30 Hari Mencari Cinta. Hayo yang anak 90-an mana suaranyaaa?

5. Karena hidup memang berat, jadi kamu juga menjadi Pejantan Tangguh agar bisa menakhlukkan segala rintangan di dunia. Semangat, ya :’)

Ajari aku tuk jadi pejantan tangguh
Mungkin terlalu lama aku tlah bersembunyi
Menatap mataharipun aku tak mampu
Udara malampun terlalu menusuk langkahku
Di persembunyian aku bernyanyi
Di persembunyian aku menari
Pejantan tangguh

Sheila On 7- Pejantan Tangguh

Gimana nggak semangat dan punya jiwa juang tinggi kalau dengerinnya lagu ini 🙂 Memang the best sih!

6. Kalau dalam Kamus Hidupku milik Sheila On 7, menyerah karena jalan yang berliku itu cupu, guys. Kalau dalam kamus hidupmu bagaimana?

Kamus Hidupku via rollingstone.co.id

Terpuruk tiada dalam kamusku
Selalu mencoba, punya harapan
Hari berlalu datang rintangan baru
Berikan senyuman semua tantangan
Inilah sekilas tentang kamus hidupku
Jalan berliku takkan ciutkan nyaliku

Sheila On 7-Kamus Hidupku

Kalau kamu sudah membaca syair lagunya, sepertinya Hipwee Tips tak perlu lagi panjang lebar membahas mengapa lagu ini layak jadi mood booster-mu!

7. Cara paling mudah untuk menghalau rasa ingin menyerah adalah dengan mengingat orang-orang yang ingin kita bahagiakan. Lagu Alasanku ini akan sepenuhnya menggambarkan

Alasanku via sheilaon7.com

Kau alasanku untuk dewasa
Dan aku tak ingin kau terluka
Segenap jiwa akan ku jaga
Keindahanmu

Sheila On 7-Alasanku

Di dunia ini pasti ada seseorang yang ingin kamu bahagiakan dan kamu tunjukkan bahwa ‘Ini lho, aku bisa!’. Nggak harus pacar, bisa orang tua, bisa teman, atau bisa saja orang lain yang berarti bagimu. Jadi, jangan kamu jadikan kejombloan untuk malas-malasan, ya! Banyak kok orang di luar sana yang bisa kamu bahagiakan:)

8. Selanjutnya, hibur dirimu dengan lagu Radio. Sambil mengenang masa lalu saat kamu sibuk kirim-kirim salam di radio untuk gebetan. Hehehe…

Lewat radio aku sampaikan
Kerinduan yang lama terpendam
Terus mencari biar musim berganti
Radio cerahkan hidupnya

Sheila On 7-Radio

Masih ingat nggak bagaimana sensasinya menunggu lagu yang kita pesan diputarkan oleh penyiar? Ngomong-ngomong, dulu waktu kirim salam, kamu pakai nama samaran apa?

9. Supaya kamu semakin termotivasi, putar saja lagu Berlayar Denganku. Nggak cuma bikin semangat, tapi juga ampuh buang galau

Pilih perahu tidaklah mudah
Kita tentu tak mau tenggelam
Perahu ini milik kita
Naiklah jangan pernah kau turun

Sheila oN 7-Berlayar Denganku

Meski syair lagunya ringan, tapi makna lagu ini sangat dalam. Hidupmu itu ibaratkan perahu. Kendalinya ada padamu. Kamu bisa mengarahkan ke mana kamu mau, dan kamu juga bisa membuatmu karam. Ombak yang besar di lautan itu wajar, tapi kamu harus bertahan kalau kamu nggak mau tenggelam. Meskipun menuturkan tentang kisah percintaan, tapi semangatnya bisa diterapkan ke semua persoalan, lho.

10. Yang bisa mengembalikan semangatmu adalah kemampuanmu untuk mensugesti diri. Biar kamu yakin, putar berkali-kali lagu Pasti Ku Bisa. Karena, kamu pasti bisa!

Pasti Ku Bisa via trivia.id

Pasti ku bisa melanjutkannya
Pasti ku bisa menerima dan melanjutkannya
Pasti ku bisa menyembuhkannya
Cepat bangkit dan berfikir
Semua tak berakhir disini

Sheila On 7-Pasti Ku Bisa

Meskipun sebenarnya lagu ini berkisah tentang kisah cinta yang gagal dan pria yang ditinggalkan, tapi lagu ini mengajarkan kita untuk tetap berpikir jernih meski banyak hal yang nggak sesuai rencana. Jangan berpikir hidup berhenti di sini saja, karena perjalanan ini memang takkan ada ujungnya. Pasti kamu bisa!

11. Tapi kalau kamu sudah berusaha keras dan tetap saja berat, sudah saatnya kamu Lapang Dada, ya. Mungkin memang harus begitu jalannya

Kau harus bisa
Bisa berlapang dada
Kau harus bisa
Bisa ambil hikmahnya

Sheila On 7-Lapang Dada

Sama seperti Pasti Ku Bisa, lagu ini juga berkisah tentang kisah asmara yang nggak bisa bertahan. Namun intinya adalah soal merelakan. Meskipun lebih mudah mengatakan daripada melakukan, namun merelakan adalah kunci utama dari keberhasilan.

12. Ketika segalanya terlihat begitu berat, dan pikiranmu mulai buntu, saatnya untuk mengingat kembali dari mana semua ini bermula. Lagu Lihat, Dengar, dan Rasakan akan mengajakmu kembali mengingat Sang Pencipta

Lihat, Dengar, Rasakan via kaskus.co.id

Dalam lelahnya mata
Nikmat dunia menjelma
Sejenak dia berharap
Malam tanpa batas
Bunda selalu tanamkan
Jangan pernah menyerah
Jalani dan panjatkan
Kelak syukur kau ucapkan pada diri-Nya

Sheila On 7-Lihat, Dengar dan Rasakan

Pada akhirnya, apapun masalahmu, dan seberat apapun bebanmu, kamu harus ingat bahwa semua ini sudah ada yang mengatur. Selalu ada pesan tersembunyi dari setiap hal, dan tugas kita sebagai manusia adalah menemukannya.

Hidup memang tak jauh beda dengan film atau FTV. Tentunya, semua akan lebih seru kalau ada soundtracknya. Meskipun lagu-lagu Sheila On7 lebih banyak mengisahkan tentang percintaan, namun pelajaran yang bisa kita ambil nggak melulu soal cinta, lho. Nah, sudah ditemani Sheila On7 sampai sini, apa kamu sudah semangat lagi?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!