Seperti apa kue pernikahan impianmu?

Wedding cake memang tak wajib ada di dalam pernikahan adat timur. Namun tentunya dengan kehadiran kue pengantin, resepsimu akan makin semarak ‘kan? Desain kue pengantin sendiri gak harus seperti desain yang sudah ada kok. Bahkan kamu gak melulu harus menggunakan kue.

Ada banyak bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti cake. Gak hanya bakal terlihat unik, pesta pernikahanmu pun bisa dipastikan bakal beda dari biasanya. Penasaran bahan apa saja yang bisa kamu gunakan? Yuk, simak penjabarannya di sini!

1. Waffle atau pancake yang ditumpuk gak hanya bisa digunakan sebagai kudapan. Kamu juga bisa menggunakannya di hari pernikahan.

Jika biasanya waflle atau pancake menjadi teman di kala sarapan, maka kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu pilihan di hari bahagia. Dengan taburan buah-buahan, wedding cakemu ini bakal kian menggoda. Bahkan, gak hanya penampilannya saja yang terlihat unik, namun tentu saja kue pengantinmu bisa sangat memangkas biaya. Kamu juga gak harus memesan kok, karena dengan bahan sederhana kamu bisa membuatnya sendiri.

Advertisement

Bahan yang kamu butuhkan hanyalah telur dan tepung pancake/waffle instan. Siapkan juga saus karamel, buah-buahan, dan madu sebagai toppingnya. Pada dasarnya waffle dan pancake memiliki bahan yang serupa,  hanya saja waffle memerlukan cetakan khusus sedangkan pancake bisa dibuat menggunakan teflon biasa.

pancake via burnettsboards.com

2. Pingin wedding cake yang kaya warna dan beda dari biasanya? Macaron yang imut dan lucu dijamin bisa menyemarakkan hari bahagiamu.

Macaron cake via thebridedept.com

Kue kecil beraneka warna satu ini emang banyak digemari. Gak hanya kalangan anak-anak saja, orang dewasa bahkan juga merupakan pengidolanya. Kamu bisa kok menggunakannya sebagai pengganti wedding cake di hari bahagia. Banyak pilihan warna yang disediakan pun bisa membuat macaron cocok dijadikan kue pengantin.

Jika ingin pestamu makin semarak kamu bisa menggunakan semua warna dan menyusunnya dengan warna rainbow. Namun jika kamu tak ingin kehilangan kesan elegan, kamu bisa menggunakan warna macaron yang sesuai dengan warna tema pernikahanmu.

3. Cupcake gak melulu kekanak-kanakan, kamu bisa mendesainnya dengan tampilan jumbo demi pernikahan.

cupcake via weddbook.com

Jika biasanya cupcake tampil dengan frosting dan topping beraneka warna, kamu bisa kok memilih warna-warna soft untuk hari bahagia. Mulai dari putih, persik, dan pink. Hias juga kertas cupnya dengan menggunakan renda atau pita berwarna lembut. Susun dengan bentuk menyerupai gunung dan letakkan cupcake berukuran jumbo di tingkat paling atas. Kamu bisa intip resep lengkapnya di sini.

4. Siapa sih yang gak tahu kue bulat dengan bolongan di tengahnya? Donat dengan aneka rasa cocok dijadikan cake wedding yang beda dari lainnya.

donat gula halus via glitterinc.com

Donat yang biasanya dijadikan camilan, bisa juga digunakan pengganti kue pernikahan. Kamu bisa menggunakan donat dengan aneka krim maupun memilih warna krim yang sesuai dengan warna tema hari bahagiamu. Bahkan, gak hanya donat berkrim saja yang bisa digunakan, donat dengan taburan gula halus juga layak dijadikan pilihan kok. Kamu bisa menyusunnya meninggi dan menambahkan bunga maupun pita sebagai aksesoris.

5. Pingin kue pernikahan yang segar? Kamu bisa menggunakan ice cream kaya rasa sebagai pengganti wedding cake yang anti mainstream.

ice cream wedding cake via style-fashion.co

Ice cream gak cuma bisa dijadikan sajian penutup saja di acara hari bahagiamu. Ice cream dengan aneka rasa cocok juga kok dijadikan pengganti wedding cake. Kamu bisa menggunakan piring saja yang bertingkat 3, kemudian susun es krim yang sudah dimasukkan ke dalam cone. Agar es krim tidak jatuh, kamu bisa melilitkan tali pita putih dan mengikatnya seperti pada gambar. Gak hanya anak-anak yang bakal mengantre, orang dewasa pun juga ingin mencicipi karena penasaran.

6. Pingin hemat biaya? Susun saja biskuit kegemaran dan siram saus cokelat sebagai topping di atasnya!

cookies wedding cake via www.theknot.com

Kue pernikahan yang satu ini dijamin benar-benar akan menghemat biaya. Uang ratusan ribu yang harus digelontorkan demi membeli wedding cake bisa dialokasikan untuk kepentingan yang lainnya. Meski tergolong murah, namun kamu jangan menutup mata dulu pada kue pernikahan unik yang satu ini.

Tampilannya yang unik dan lucu dijamin membuat semua tamu undangan terkesima. Kamu bisa menggunakan cookies atau biskuit pilihanmu. Susun hingga membentuk gunungan yang tinggi, kemudian siram dengan saus cokelat sebagai topping akhir. Tambahkan juga cokelat batangan dengan aneka bentuk sebagai hiasannya. Voila! Jadi deh wedding cake yang lucu untuk hari bahagiamu!

7. Jika kamu tetap ingin menggunakan cake pada umumnya tapi dengan penampilan yang beda, naked cake bisa jadi solusinya!

naked wedding cake via www.countryhouseweddings.co.uk

Wedding cake itu gak melulu harus ditutupi dengan krim tebal. Gak hanya penampilannya bakal terlihat biasa, namun krim penutup kuenya juga biasanya bakal terbuang percuma. Jika kamu tetap ingin menggunakan kue sebagai wedding cake namun dengan penampilan yang beda, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada naked cake.

Seperti namanya, cake satu ini gak memiliki banyak cream untuk menutupi. Cream yang digunakan hanya berfungsi sebagai layer saja. Kamu pun juga bisa menaburkan irisan buah-buahan dan gula halus sebagai penghiasnya. Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk, simak tutorialnya di sini!

Jadi, kue favoritmu nomor berapa?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya