Rutinitas kencan dengan pacar yang begitu-begitu saja, pasti lama-kelamaan akan membosankan. Kalian berdua hanya akan makan, nonton, lalu pulang. Obrolan yang terjadi pun akan berkutat di topik yang itu-itu saja. Daripada kamu malah menjadi bosan dengan pacarmu, lebih baik mencari cara untuk membuat kencanmu lebih seru, salah satunya dengan double date.

Tidak sembarang pasangan bisa kamu ajak double date. Biasanya, teman terdekat dan pacarnyalah yang bisa kamu ajak untuk berkencan bersama. Walaupun seru, sebenarnya double date itu bisa menjadi rumit dan sensitif lho. Untuk itu, Hipwee punya beberapa tips supaya double date-mu bisa berjalan dengan lancar!

1.  Pastikan Pacarmu Setuju Melakukan Double Date

Diskusikan lebih dulu via phillymag.com

Tidak semua orang merasa nyaman untuk melakukan double date. Ada yang malas kenal dengan orang baru, ada juga yang takut tidak bisa membuka diri dan akhirnya terkesan kaku. Kalau sampai terpaksa melakukannya, yang ada nanti kamu hanya mendapat kecewa saja karena tidak berjalan sesuai rencana.

Maka dari itu, pastikan pacarmu sudah tahu rencanamu dan setuju untuk ikut. Pilihlah pasangan yang sudah kalian kenal dengan baik supaya tidak perlu lagi ada suasana yang canggung di awal. Selain itu, pilihan pasangan yang tepat juga akan meyakinkan pacarmu untuk bersedia melakukan double date.

2. Pilih Tempat yang Seru, Jangan yang Romantis

Advertisement

pilih tempat yang seru via bellatheblog.com

Kamu melakukan double date untuk memberikan variasi pada rutinitas kencan. Jadi, jangan pilih tempat yang biasa kamu datangi dengan pacarmu. Carilah tempat lain yang lebih seru dan bisa mendukung kegiatan juga obrolan kalian. Kalau biasa pergi makan di restoran, saat double date ini pilihlah kafe unik yang menyediakan board games untuk kalian mainkan. Kalian juga bisa pilih sport center untuk tanding bermain bulutangkis atau tempat karaoke untuk beradu suara.

Ingat, ini memang kencan, tapi kalian melibatkan pasangan lain untuk beraktivitas bersama. Jangan memilih tempat yang romantis karena akan membuat kalian lebih fokus pada pasangan masing-masing. Simpan saja daftar tempat romantis tersebut untuk dinikmati hanya berdua dengan pacarmu.

3. Libatkan Pasangan Double Date-mu dalam Memilih Tempat dan Aktivitas

Ajak mereka diskusi via www.21cineplex.com

Walaupun kamu yang memberikan ide untuk melakukan double date, jangan memutuskan apa-apa sendirian. Ajaklah pasangan double date-mu berdiskusi mengenai tempat dan aktivitas apa yang akan kalian lakukan nanti. Pilihlah tempat yang menguntungkan untuk kalian, jangan sampai ada pasangan yang merasa kecewa.

Misalnya, kamu dan pacarmu suka sekali minum kopi tapi pasangan double date-mu tidak suka. Jangan paksa mereka untuk menghabiskan waktu bersama di kedai kopi langgananmu. Pilihlah kafe lain yang menyediakan banyak minuman alternatif tapi juga memiliki minuman kopi yang nikmat. Win-win solution, ‘kan? 🙂

4. Carilah Topik Pembicaraan yang Dimengerti oleh Semua Orang

Cari topik yang umum via www.themomiverse.com

Saat kencan berdua saja dengan pacar, wajar jika kalian membicarakan topik yang hanya kalian berdua saja yang mengerti. Namun saat double date, hal tersebut perlu untuk kamu hindari. Ingatlah bahwa double date sebenarnya adalah untuk menciptakan keseruan yang tidak bisa kamu dapat hanya berdua saja dengan pacarmu. Maka dari itu, penting untuk menjaga jangan sampai mereka teralienasi karena tidak mengerti topik dan candaan internal kalian.

Pilihlah topik yang ringan, seperti pelantikan Jokowi untuk jadi presiden, dunia kerja atau kuliah mereka, atau bahasan seru yang lagi tren di media sosial. Semakin mengalir obrolannya, akan semakin seru juga double date kalian malam itu. Di sisi lain, mungkin kalian bisa menemukan kecocokan di pemikiran dan selera. Ketemu teman diskusi baru, deh!

5. Minimalisasi Mesra-mesraan

Sibuk dengan pasangan masing-masing via popsugar.fr

Saat double date, kurangi sikap mesra-mesraan dengan pacarmu. Kencan memang saat yang tepat untuk berbagi kasih dan kenyamanan dengan pacar, tapi kamu harus lebih menghargai pasangan yang kamu ajak double date. Jangan sampai mereka merasa tidak nyaman dengan sikap kalian dan memilih untuk pulang saja. Lagipula, masih banyak waktu untuk kamu bermanja dan bermesraan dengan pacarmu. Jadi, dikurangi dulu ya untuk momen ini.

6. Jangan Memaksakan Diri Untuk Membayar Tagihan

Buat perjanjian untuk bayar masing-masing via www.pusatcinta.com

Mengajak pasangan lain untuk melakukan double date bukan berarti harus membiayainya, lho. Jangan memaksakan diri untuk membayar tagihan makanan atau tiket menonton kalian, apalagi kalau uangmu juga sama pas-pasannya. Di sisi lain, membayarkan tagihan kalian bersama bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pasangan lainnya.

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, buatlah perjanjian dengan pasangan double date-mu mengenai bayar-membayar. Tekankan bahwa biaya ditanggung masing-masing atau dibayar bersama dengan dibagi rata jumlahnya. Kalau mereka sudah setuju untuk double date, mereka pasti tidak keberatan kok untuk mengeluarkan biaya. Lagipula sebagai sesama anak kost, mereka juga mengerti kok keadaanmu yang harus menghemat.

7. Jaga Suasana Hati, Jangan Sampai Terjadi Pertengkaran

Jangan sampai mukamu cemberut via hippieflowers.wordpress.com

Saat akan melakukan double date, pastikan suasana hatimu dan pacarmu sedang dalam keadaan yang baik-baik saja. Begitu juga dengan situasi hubunganmu. Jangan sampai terjadi pertengkaran di antara kalian berdua. Sekecil apapun pertengkaran itu, pasti akan membuat canggung pasangan lainnya.

Mungkin saja saat sedang double date nanti ada beberapa hal yang membuatmu kesal dengan pacarmu. Semisal: dia hanya diam, tidak mau berinteraksi, dan memasang muka malas. Jika sudah begitu, jangan langsung menegurnya dan turut memasang muka kesal. Tetap ceria seperti sebelumnya dan selesaikan masalah itu nanti saat sudah pulang dari double date kalian.

8. Selalu Ciptakan Suasana yang Nyaman

Kenyamanan no. 1 via popsugar.co.au

Dalam double date, kenyamanan bersama adalah segalanya. Untuk menciptakan suasana ini, jaga dan perhatikanlah selalu setiap sikap serta kata yang keluar dari mulutmu. Jangan membawa obrolan ke arah yang sensitif — seperti mantan pacar atau sifat buruk — sekalipun dalam nada yang bercanda. Dan kalaupun ada sikap mereka yang tidak kamu sukai, diterima dulu saja dan jangan membahasnya lebih lanjut.

Melibatkan pasangan lain untuk kencan bersama memang gampang-gampang susah. Tapi selama kalian memperhatikan tips di atas, pasti semuanya akan berjalan dengan seru dan lancar. Selamat berkencan!