Sejak dulu, daun sirih dikenal sebagai bahan alami yang banyak manfaatnya. Saking populernya daun sirih, cara pengolahannya pun sangat bermacam-macam. Daun sirih kini identik dengan kesehatan organ intim wanita. Meski sebenarnya, manfaat daun sirih memang bukan hanya untuk kewanitaan saja.

Tapi siapa sangka kalau si hijau satu ini bisa merawat dan membersihkan organ kewanitaan secara alami. Baik dengan direbus, atau diolah menjadi jamu, banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Ini karena kandungan dari daun sirih yang memang bisa membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan pada miss V. Penasaran ‘kan? Yuk baca selengkapnya uraian Hipwee Tips berikut!

Mengatasi bau tak sedap pada miss V, jangan sembarangan pakai sabun dengan kandungan parfum yang justru bahaya buat miss V

Uwh baunya itu lho bikin keselek! via storytimewithjohn.files.wordpress.com

Advertisement

Terkadang masalah utama wanita pada miss V adalah soal bau tak sedap. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari lembap, keputihan, tumbuh jamur, hingga penggunaan pakaian dalam yang kotor. Kalau kamu ingin menghilangkan bau tak sedap yang seringnya sangat menganggu, coba ambil 10 lembar daun sirih yang sudah agak menguning atau tua dan rebus bersama dua gelas air. Minumlah air rebusan daun sirih ini, ini akan membantumu menghilangkan bau pada miss V. Memang sih, rebusan daun sirih ini akan terasa pahit, untuk mensiasatinya kamu bisa mencampurkannya dengan jamu kunyit asam.

Jika punya masalah keputihan, daun sirih bisa jadi obat alami

Risih juga kalau basah karena keputihan via storytimewithjohn.files.wordpress.com

Keputihan bisa jadi hal yang sangat mengganggu apalagi jika kamu sedang sibuk beraktivitas. Salah satu penyebab keputihan pada wanita adalah kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Menurut Dr.Irmanida Batubara dari tim Pusat Studi Biofarmaka Tropika Institut Pertanian Bogor, daun sirih memiliki profil baktariosit, yaitu menghambat pertumbuhan bakteri. Baiknya lagi, daun sirih tidak mematikan seluruh bakteri dan membiarkan bakteri baik tumbuh. Nah cara mengatasi keputihannya bisa dengan cara merebus daun sirih ini, bisa juga dicampur dengan potongan kunyit. Kemudian gunakan air rebusan sirih yang sudah disaring untuk cebok atau membersihkan miss V.

Selain antibakteri, sirih juga bersifat antijamur. Jamur juga bisa jadi penyebab keputihan lho

Sejuta manfaat sirih via khasiatdaun.com

Dari hasil uji mikrobiologi, daun sirih bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan menghambat jamur penyebab keputihan. Kalau kamu membersihkan miss V dengan sabun, justru akan berbahaya lho. Sabun memiliki kandungan pH yang belum tentu sesuai, selain itu kandungan parfum dan bahan kimia berbahaya lainnya justru bisa bikin miss V-mu kering.

Ketika menstruasimu banjir, daun sirih bahkan bisa menstabilkannya

Duh banjirnya kemana-mana sis! via hellogiggles.com

Advertisement

Seringkali siklus menstruasi yang tidak teratur berakibat pada aliran darah yang keluar. Ada yang tersendat, bahkan ada juga yang deras. Ini juga merepotkan lho buat cewek-cewek ketika menjalani aktivitas padat. Harus bolak-balik ganti pembalut, belum lagi menahan nyeri haidnya dan kalau bocor…PR banget! Kamu bisa membuat sendiri di rumah, ramuan dari daun sirih lho. Tambahkan gambir dan kunyit bersama 3 lembar daun sirih, tumbuk hingga halus. Peras tumbukan tadi dan minum ramuan ini ketika menstruasimu nggak lancar. Voila! Nyeri haid akan berkurang, dan darah yang keluar pun akan lebih terkontrol.

Semoga uraian Hipwee tips tadi membantumu ya dear. Sehingga kamu pun terbebas dari masalah organ kewanitaanmu. Nggak ada salahnya kok menjaga organ intimmu dari sekarang, meski kamu belum menikah. Justru dengan mulai peduli dari sekarang kamu akan lebih terhindar dari bahaya penyakit-penyakit miss V, termasuk kanker serviks. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya