Artikel ini adalah partnership antara Hipwee dan Bukalapak. Tempat kamu bisa menemukan apa saja, termasuk tas makeup!

Baru belajar pakai makeup dan masih sering salah sana-sini? Hei, kamu nggak sendiri. Bertahun-tahun terbiasa dengan pulasan bedak dan cologne seadanya bikin kamu sedikit kagok ketika mulai berkenalan dengan primer, blush on, eyeliner, dan alat-alat makeup lainnya yang sekarang sudah jadi kebutuhan.

Nah, kalau kamu merasa masih pemula, coba deh ikuti tips-tips makeup dari Hipwee dan Bukalapak di bawah ini. Kita lihat yuk apa saja. Semoga membantumu, ya!

1. Memoles gincu dan blush on nggak boleh asal. Kamu harus memastikan warna gincu dan blush on-mu seimbang.

Blush on + lipstik harus a via xovain.com

Saat pertama kali belajar ber-makeup, lipstik biasanya jadi kosmetik yang paling pertama kamu beli. Hanya dengan memoles lipstik saja, tampilanmu bisa ter-upgrade dengan instan. Satu alat makeup lain yang biasa kamu beli adalah blush on. Sapuan warna pada pipimu akan memberi efek segar pada wajah, tanpa harus terlihat menor.

Advertisement

Nah, boleh-boleh saja kamu memakai blush on dan gincu pada saat bersamaan. Ini justru sangat disarankan. Tapi, pastikan kedua warnanya “mendukung satu sama lain”, ya. Jangan sampai warna gincu dan blush on-mu nggak seimbang.

Sebagai aturan dasarnya, kalau warna gincumu sudah terang — seperti pink menyala dan merah tua — warna blush on-mu harus sedikit “reda”. Nggak boleh terlalu menyala sehingga malah bersaing dengan warna lipstikmu.

Sapukan blush on warna rose untuk lipstik warna pink lembut. Blush oranye mesti disandingkan dengan lipstik yang juga berwarna oranye. Sandingkan blush on yang warnanya hangat dengan lipstik yang warnanya juga hangat — dan blush on berwarna “dingin” dengan lipstik berwarna “dingin”. Nggak bingung, ‘kan? Yuk dicoba!

2. Sebagus apapun alat makeup yang kamu punya, jangan lupa rawat kulitmu juga. Makeup pun jadi lebih tahan lama

Jangan lupa moisturize! via www.xovain.com

Jangan mengandalkan foundation atau BB cream untuk membuat kulitmu tampak sehat. Kulitmu memang sudah harus asli sehat dari sananya. Kulit yang sehat dan tidak kering akan membuat makeup lebih mudah menempel dan tahan lama. Selain itu, kamu jadi tak perlu memakai makeup tebal-tebal juga.

Nah, syarat untuk punya kulit terawat ada beberapa. Kamu bisa memulainya dari minum air putih minimal 7 gelas sehari. Selain itu, gunakan sunscreen atau tabir surya ber-SPF minimal 30 setiap ke luar rumah — jika menghabiskan waktumu di dalam ruangan, SPF yang kamu butuhkan adalah SPF 15.

Jangan mandi lama-lama supaya kulitmu tidak kering. Hindari sabun muka yang mengandung deterjen, dan gunakan moisturizer atau pelembab yang mengandung SPF. Kalau mau mengeringkan wajahmu dengan handuk, tepuk-tepuk dengan pelan wajahmu dengan handuk agar airnya meresap ke pori-pori dan tetap membuat wajahmu lembut.

Dengan begini, kulit wajah yang sehat bisa dengan mudah kamu dapatkan.

3. Supaya lipstikmu betah menempel di bibir, jangan lupa sapukan bedak tipis dulu memakai tisu

Sebelum pakai lipstik… via xovain.com

Sering kesal nggak sih karena warna lipstikmu cepat hilang? Eh, sebenarnya ada cara untuk menghindarinya. Sebelum kamu memakai lipstik, sapukan dulu translucent powder atau bedak tabur warna nude. Bubuhkan bedak ke atas bibir memakai tisu tipis, kemudian baru deh oles lipstikmu. Pasti warnanya bakal lebih betah menempel di sana.

4. Untuk efek mata yang lebih besar, jangan bubuhkan eyeliner di sepanjang kelopak mata. Cukup 3/4-nya saja

3/4 saja via favim.com

Membubuhkan eyeliner juga ada triknya. Jangan bubuhkan eyeliner di sepanjang kelopak matamu karena ini justru bisa membuat matamu terlihat lebih mungil. Supaya matamu terlihat besar, coba deh bubuhkan eyeliner cukup sepanjang 3/4 kelopak mata. Dengan begini, matamu tak akan tampak “tenggelam” di bawah eyeliner yang tebal, dan bisa terlihat lebih besar.

5. Supaya maskaramu nggak belepotan, sapukan ke bulu mata bagian bawah dulu — baru yang bagian atas

Gimana nggak bete, kamu pakai maskara aja sering belepotan. Tapi sebenarnya, maskara belepotan ini nggak perlu terjadi. Supaya maskaramu nggak belepotan sampai kelopak mata, bubuhkanlah maskaramu di bulu mata bagian bawah sebelum kamu melakukan yang sama di bulu mata bagian atas. Dengan begini, hasilnya bisa lebih rapi.

6. Jangan lupakan peran tas makeup yang sakral. Kamu tak boleh memilihnya sembarangan!

Tas makeup via www.bukalapak.com

Nggak hanya makeup kit yang layak kamu perhatikan, tasnya juga. Kalau kamu mencampurkan alat makeup yang macam-macam dengan HP, dompet, dan kunci di tas kampus atau kerjamu, tentu kamu akan repot sekali. Apalagi, kosmetikmu bisa saja lepas tutupnya — tasmu bisa kotor deh kena noda lipstik.

Nah, coba deh cari tas makeup yang benar-benar bisa mendukung kegiatanmu. Pilih yang berbahan tebal supaya tidak mudah tembus cairan. Pilih juga yang transparan supaya kamu tahu letak masing-masing alat makeup — ribet ‘kan kalau harus mengaduk-aduk isi tas makeup cuma buat cari serutan pensil alis? Lebih bagus lagi kalau tasmu punya partisi, supaya alat makeupmu tidak terguncang dan saling berbenturan saat kamu dalam perjalanan. Jangan lupa pilih yang motifnya unyu supaya nggak ada yang menyamakan 😉

Kamu bisa memilih-milih berbagai tas makeup yang tersedia di Bukalapak. Selain bisa membuat makeup jadi kegiatan yang lebih praktis, Bukalapak juga menyediakan diskon yang lumayan untuk produk satu ini. Kamu bisa mengecek semua tas makeup lucu dari Bukalapak di sini!

Ada lagi nggak tips-tips lain yang kamu rasa bakal berguna untuk teman-teman yang pemula? Share di sini, ya!