Saat mencuci rambut menggunakan sampo kimia, lapisan kutikula (lapisan terluar rambut) akan terbuka dan membuat rambut jadi kasar dan rapuh serta terlihat lebih kusam.

Kebanyakan sampo yang ada di pasaran dan sering kita gunakan, terbuat dari baham kimia yang dapat merusak rambut. Impianmu untuk mendapatkan rambut sehat dengan menggunakan sampo pun sepertinya tak akan pernah terwujud. Karena itulah kini muncul berbagai macam sampo organik yang mampu menjaga rambutmu tetap sehat berkilau. Ajaibnya, kamu bisa meraciknya sendiri! Nih salah satunya…

1. Agar debu dan kotoran rambut tak betah menempel, percayakan perawatan rambutmu pada jus lemon atau cuka sari apel

Jus lemon via instiks.com

Berkat kandungan vitamin C-nya yang kaya, jus lemon dapat membersihkan kotoran dan minyak yang ada di rambutmu. Kamu bisa menggunakannya seperti saat kamu menggunakan sampo. Jika jus lemon terlalu mahal untukmu, kamu bisa menggunakan cuka sari apel (bisa kamu buat sendiri). Sama hebatnya, cuka sari apel bisa berfungsi sebagai sampo maupun conditioner. Cuka adalah tonik yang dapat mengembalikan pH alami rambut dan menutup kutikula sehingga mampu membuat rambutmu lebih berkilau dan anti kusut. Sirlukasi darah dalam rambutmu juga lebih lancar, lho!

Cara membuat cuka sari apel: usai makan apel masukan bagian yang tersisa ke dalam toples yang diisi air. Masukkan dalam lemari gelap selama beberapa minggu. Jadi deh!

2. Kombinasi baking soda dan cuka sari apel memang ajaib, bisa nih dijadiin sampo wajib!

Advertisement

baking soda via trashisfortossers.com

Dua kombinasi bahan alami ini bisa membersihkan rambut dari bahan kimia berbahaya, terutama pewarna rambut. Baking soda dapat kamu buat menjadi pasta dengan porsi satu sendok makan dan mencampurkannya dengan sedikit air. Gosokkan ke kulit kepala untuk membantu sirkulasi darah dan membersihkan pori-pori kepalamu. Atau lakukan dengan cara seperti ini:

1. Campurkan 1 atau 2 sdt baking soda dengan air dalam mangkuk plastik
2. Tuangkan ke atas rambutmu
3. Bilas dengan air
4. Bilas lagi dengan menambah 1/2 atau 1 sdm cuka sari apel dalam secangkir air.

Gampang ‘kan?

3. Demi mencukupi kebutuhan protein rambut, kocokan telur ayam kampung bisa jadi sampo organik terbaik

Telur memang terkenal kaya akan protein dan bisa membuat rambutmu halus dan mengkilap. Kocok telur dan oleskan pada rambutmu selama 1 – 5 menit, enaknya sih kamu olesin sebelum mandi jadi setelah itu bisa langsung kamu bilas dengan mudah. Akan lebih baik kalau kamu membilasnya juga dengan cuka sari apel (resepnya sama dengan nomor 2).

4. Belajar dari nenek moyang, membersihkan rambut pakai air tajin juga tak kalah hebat khasiatnya

Air tajin via spiritriau.com

Air tajin atau air sisa rebusan beras sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan merawat rambut oleh nenek moyang kita. Kalau kamu sering masak nasi sendiri nggak ada salahnya tuh manfaatin air tajin untuk memcuci rambutmu, caranya cukup dibilaskan ke rambut dan diamkan selama 1-2 jam.

Cara membuat air tajin:
Saat akan menanak nasi, campurkan air yang lebih banyak dari biasanya pada beras yang telah dicuci bersih. Didihkan beras seperti biasa hingga airnya berkurang dan sedikit mengental. Ambil seluruh air rebusan dengan menggunakan sendok yang besar agar lebih cepat mengumpulkan air tajin ke dalam wadah yang telah kamu siapkan

5. Agar rambutmu lebih sehat dan berkilau, campurkan saja manfaat susu murni dan kentalnya madu

Susu dan madu via beautycraz.com

Dua bahan ini dikenal sebagai pembersih alami yang memiliki sifat antimikroba. Kombinasi kedua bahan ini dapat menjadi pembersih yang menyejukkkan sekaligus melembabkan rambut. Meraciknya pun tak sulit, cukup campurkan dua sendok makan madu dengan 1/4 cangkir susu.

Kabar baiknya, sampo alami ini bisa kamu bawa saat bepergian juga lho, guys! Kamu jadi nggak kerepotan deh…

Nggak apa-apa ribet sedikit, tapi manfaat yang bisa kamu dapat dari sampo alami ini dijamin berbukit-bukit.