Fakta Tentang Shampo Kuda yang Katanya Bikin Rambut Cepat Panjang dan Lebat. Pernah Coba?

Shampo kuda

Shampo kuda kok dipakai manusia? Emang bisa?

Advertisement

Kalau kamu cukup perhatian terhadap segala macam bentuk perawatan tubuh, tentu kamu masih ingat waktu gencar-gencarnya produk shampo kuda diburu masyarakat sekitar tahun 2014-an. Katanya, shampo kuda ini ampuh memanjangkan dan menyuburkan rambut. Nggak cuma itu, shampo kuda juga diklaim bikin rambut lebih kuat, tebal, dan berkilau layaknya rambut kuda. Tak ayal, shampo kuda ini cukup banyak diminati dan diburu para konsumen, baik yang ingin mencoba khasiatnya maupun sudah merasakan hasil dan puas dengan manfaatnya.

Sudah beberapa tahun berlalu, adakah yang sampai sekarang masih menggunakan shampo kuda yang bagus untuk rambut rontok ini? Atau justru baru tahu kalau ada produk semacam ini dan masih ragu untuk mencobanya? Nah, agar pengetahuanmu mengenai shampo kuda nggak hanya berasal dari omongan orang aja, berikut Hipwee Tips sajikan beberapa fakta penting yang perlu kamu ketahui tentang shampo kuda.

1. Asal-usul shampo kuda

diformulasikan khusus untuk kuda via horsemeta.com

Shampo kuda memang asalnya diformulasikan khusus untuk rambut kuda. Perawatan rambut atau surai kuda ini memang nggak boleh asal, kuda di peternakan berkualitas diwajibkan menggunakan shampo khusus dengan aneka bahan aktif agar surai mereka tumbuh lebat, halus, dan sehat. Semakin sehat dan kuat surai kuda itu, semakin tinggi nilainya di mata para peminat kuda. Para peternak kuda di Amerika Serikat sudah lama menggunakan sebuah produk shampo khusus untuk grooming bulu badan dan surai kuda-kuda ternak mereka, salah satunya Mane ā€˜n Tail.

Advertisement

Karena keampuhan shampo racikan tersebut untuk memanjangkan dan menebalkan surai kuda, beberapa orang akhirnya mencoba mengaplikasikan shampo kuda pada rambutnya demi mendapatkan hasil yang sama. Tak disangka, shampo yang awalnya hanya diperuntukkan untuk kuda ini ternyata menghasilkan efek yang sama baiknya ketika digunakan manusia. Dari situlah kemudian shampo kuda mulai banyak dipasarkan dan diserbu para peminatnya.

2. Kandungan atau bahan aktif shampo kuda

komposisi shampo via thedailyjog.com

Kandungan di dalam shampo kuda nggak jauh berbeda dengan shampo lainnya, yakni mengandung air sekitar 80 sampai 90 persen, dan 10-20 persen sisanya merupakan kandungan bahan kimia. Bedanya, shampo kuda asli yang beredar di pasaran umumnya mengandung bahan aktif berikut:

  • Keratin, berfungsi untukĀ meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kesehatan rambut.
  • Minyak nabati, meliputi minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak alpukat yang berfungsi untuk menghaluskan rambut. Minyak-minyak nabati ini juga membantu mempertahankan kelembapan kutikula serta bikin rambut lebih berkilau.
  • Panthenol, turunan vitamin B-5 yang berfungsi untuk melembapkan atau menjaga rambut agar nggak mudah lepek dan kering.
  • Pyrithione zinc, bahan aktif yang memiliki sifatĀ antiketombe.
  • Benzalkonium klorida, bahan aktif dengan sifat antimikroba yang membantu melawan jamur atau ragi penyebab dermatitis seboroik.
Advertisement

3. Manfaat shampo kuda yang bisa dirasakan rambut manusia

manfaat untuk rambut manusia via www.dailymail.co.uk

Manfaat shampo kuda yang banyak diyakini adalah memanjangkan dan melebatkan rambut. Melansir laman Healthline, shampo kuda original yang terkenal di pasaran bisa memanjangkan rambut jika rambutmu memang kekurangan asam amino. Karena efek membersihkan dan menghaluskan dari kandungan minyak nabatinya, shampo kuda memberi kesan rambut yang lebih tebal dan bervolume. Tak hanya itu, shampo kuda juga dapat membantu memperbaiki rambut bercabang sekaligusĀ mencegah kerusakan rambut, asalkan rajin memotong ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali.

Meski begitu, belum ada penelitian medis yang cukup kuat untuk membuktikan berbagai manfaat dari shampo kuda tersebut. Sekalipun ada, cakupan penelitiannya masih dalam skala kecil. Dibutuhkan penelitian lanjutan yang melibatkan responden lebih banyak untuk mengetahui manfaat dan keamanan shampo kuda untuk manusia.

Berikut beberapa klaim manfaat yang ditawarkan sampo kuda untuk kesehatan rambut manusia:

  • Membantu mempercepat pertumbuhan rambut,
  • Membantu memperbaikiĀ rambut yang bercabang dan mencegah kerusakan rambut,
  • Membantu membuat rambut lebih lembut dan berkilau,
  • membantu membuat rambut lebih mudah diatur,
  • Membantu melindungi warna asli rambut,
  • Membantu mencegah rambut lepek.

Namun, shampo kuda nggak disarankan bagimu yang memiliki rambut halus dan licin karena formula shampo kuda yang lumayan berat.

4. Efek samping shampo kuda

rambut kering via skinkraft.com

Shampo kuda memang dinilai mampu memberikan manfaat yang maksimal, khususnya untuk memanjangkan dan menyuburkan rambut karena bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Meski demikian, bahan kimia dalam shampo kuda yang notabene adalah shampo hewan mungkin saja dapat mengiritasi kulit kepala. Apalagi bila kamu termasuk orang yang sensitif dengan bahan kimia tertentu.

Alih-alih terlalu euforia dengan hasil yang diberikan, waspadai juga beberapa efek samping shampo kuda berikut:

  • Rambut terlalu kering,
  • Kalau rambutmu diwarnai, warna rambutmu mungkin akan cepat memudar,
  • Rambut akan jadi terlalu mengembang, terutama kalau rambutmu bergelombang atau keriting,
  • Terlalu banyak terpapar keratin yang terkandung di dalam shampo juga dapat memicu kerusakan rambut,
  • Muncul ruam dan terasa gatal di kulit kepala, terutama kalau kamu menggunakan shampo kuda yang mengandung Benzalkonium klorida.

5. Varian shampo kuda yang banyak tersedia di pasaran

1. Mane ā€˜n Tail

Mane ā€˜n Tail via shopee.co.id

Mane ā€˜n Tail ini merupakan salah satu merek shampo kuda yang paling populer terutama di awal-awal kemunculannya, banyak digunakan oleh para selebritas kenamaan Amerika Serikat. Shampo ini terbuat dari mikroprotein eksklusif yang akan membuat rambut lebih lembap dan lembut. Selain itu, ada pula kandungan emolien yang siap membuat rambut tampak bersinar sesaat setelah keramas. Untuk menyiasati harganya yang terbilang mahal, kamu bisa membeli yang berukuran 60 ml saja.

Mane ā€˜n Tail terdiri dari 6 varian berbeda. Beberapa dari varian yang paling digemari seperti Herbal Grow yang diperuntukkan menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan. Lalu Gentle Clarifying untuk rambut yang rusak dan susah diatur. Ada juga shampo kuda original untuk kondisi rambut normal, serta Anti Dandruff untuk menangkal ketombe.

2. Caviar

Caviar via www.lazada.co.id

Shampo kuda Caviar pertama kali diproduksi di Australia dalam ukuran 250 ml dengan kemasan yang simpel dan ringan. Hasilnya pun cukup signifikan, nggak jauh berbeda dengan Mane ā€˜n Tail yang duluan populer. Banyak shampo kuda review yang menyatakan jika merek ini ampuh menumbuhkan rambut dalam sepekan saja. Selain itu, rambut juga tampak lebih halus, lembut dan kuat. Sayangnya, saat ini telah banyak ditemukan shampo kuda Caviar palsu, sehingga perlu lebih cermat saat membelinya.

3. Vienna

Vienna via shopee.co.id

Shampo kuda Vienna menyediakan 4 ragam varian berbeda yang bisa disesuaikan dengan kondisi rambutmu. Namun ada 2 varian yang paling digemari, yakni shampo Vienna Herbal Growth yang bekerja untuk melebatkan rambut, dan shampo Vienna Hair Fall Due to Breakage untuk menangkal kerusakan rambut karena rontok. Sama halnya dengan shampo kuda Caviar, banyak para produsen yang menjual kualitas palsu sehingga kamu perlu hati-hati saat membeli.

4. Miranda

Miranda via www.tokopedia.com

Selanjutnya ada shampo kuda Miranda yang bekerja sebagai perawatan intensif supaya rambutmu nggak mudah rontok dan mampu menstimulasi pertumbuhan akar rambut. Miranda Hair Shampoo Original ini juga dilengkapi dengan morrocan argan oil yang dapat memperbaiki struktur rambut rusak. Hasilnya, rambutmu bakal terasa lebih lembut dan berkilau.

Demikian beberapa ulasan mengenai shampo kuda yang sempat populer beberapa tahun silam, dan mungkin masih ada yang menggunakannya hingga sekarang. Nah, untuk bisa membandingkan efektivitas shampo kuda Vs shampo Metal Fortis dalam memanjangkan rambut khususnya, kamu bisa menjajalnya langsung di kulit kepala, ya. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE