Kalau ada kata “perawatan tubuh”, yang terpikirkan olehmu biasanya hal-hal kecantikan yang dilakukan sama cewek-cewek deh. Padahal, para cowok juga bisa melakukannya lho. Hal ini nggak lain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Yah, ada sih memang sedikit tujuannya untuk menjaga penampilan di depan cewek yang disuka. Hehe. *uppss*

Nah, kira-kira perawatan apa aja ya yang bisa diaplikasikan sama cowok sehari-hari supaya kebersihan dan kesehatan tubuhnya terjaga? 8 hal ini bisa dilakukan! Tenang, masih wajar kok ini. ;p

1. Cowok ‘kan juga sama kayak cewek, punya segudang aktivitas di indoor maupun outdoor. Makanya, membersihkan wajah saat mandi itu wajib

jangan bosan membersihkan wajah ya

jangan bosan membersihkan wajah ya via porcelainfacespa.com

Advertisement

“Muka lu kusam banget bro! Habis kena asep metro mini ya?”

“Nnggg”

Kalau dari percakapan di atas jadi serba bingung. Mau dijawab iya tapi bohong, mau dijawab nggak tapi malu dan bingung jelasinnya. Nah, oleh karena itu jangan malas membersihkan wajah ya! Wajah dapat terlihat kusam, kucel, dan apalah sebutan lainnya itu salah satunya disebabkan oleh wajah yang jarang dibersihkan. Makanya, kamu wajib banget nih untuk melakukan rutinitas merawat wajah setiap mandi.

Advertisement

Lagipula, polusi udara yang kian menyelimutimu saat beraktivitas di luar ruangan memang akan menghilang dengan mengusap wajah dengan air? Hal ini perlu ditunjang dengan sabun pembersih muka dan kamu nggak perlu bingung produknya harus apa. Toh, pembersih muka khusus cowok udah menjamur di mana-mana kok. Pilih yang paling sesuai ya!

2. Sunblock gak cuma dipakai saat lagi main di pantai aja, tapi juga kegiatan outdoor untuk melindungi kulitmu dari pancaran sinar matahari langsung

tenang, ada sunblock khusus kaum adam kok

tenang, ada sunblock khusus kaum adam kok via abccreativelearning.com

“Jaket gue dicuci dong padahal ntar siang mau motor-motoran ke tengah kota.”

“Serius? Ini masih pagi aja panasnya udah gak tahan, apalagi siang nanti? Lo pakai sunblock aja sana biar gak belang badan lo.”

“Dih, kayak cewek di pantai aja pakai gituan.”

Sunblock itu nggak pilih-pilih kok dalam menentukan siapa pemakainya. Manfaatnya yang sangat baik untuk kulit saat terkena sinar matahari, telah membuat banyak orang memilihnya sebagai produk perawatan kulit di outdoor. Kalau selama ini sunblock identik digunakan saat berada di pantai, kali ini coba kamu ubah yuk! Toh, nggak ada salahnya juga kamu mengoleskan sunblock saat mau bermain bola atau sekedar pergi ke luar menyetir motor di siang hari tanpa memakai jaket, sarung tangan, dan hanya menggunakan celana pendek.

Hal tersebut dilakukan supaya kulitmu terhindar dari  bahaya sinar ultraviolet. Karena jika secara langsung terkena, maka akan mengakibatkan kanker kulit lho. Lalu, kulitmu juga jadi cepat gelap. Oleh karenanya, pilih yang SPF-nya minimal 75 ya!

3. Selain sunblock, ada juga nih body lotion buat kamu yang ingin kulit nggak kering. Tenang guys, ini body lotion khusus kaum adam kok

nih mau coba pakai gak?

nih mau coba pakai gak? via www.primandprep.com

Sama halnya dengan sunblock, produk perawatan satu ini khas banget sama cewek. Padahal, nggak ada salahnya kalau cowok menggunakan body lotion sebagai produk perawatan tubuh supaya kulit nggak kering. Jika diaplikasikan dengan benar, kelembaban kulitmu akan terjaga, terutama bagian tangan dan kaki yang paling mudah kering.  

4. Scrub dipakai sekali-sekali juga gak apa-apa. Segala kegiatanmu pasti menghasilkan sel kulit mati yang menumpuk

pakai scrub biar sel-sel kulit matinya terangkat

pakai scrub biar sel-sel kulit matinya terangkat via www.esquire.com

Aktivitasmu yang padat, mulai dari dalam dan luar ruangan bisa menghasilkan sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengangkat sel-sel tersebut, kamu dapat menggunakan scrub nih. Kalau kamu khawatir karena kulitmu berminyak, tenang kok scrub ini nggak ditujukan untuk jenis kulit tertentu. Kamu yang kulitnya berminyak, kering, dan normal pun sah-sah aja memakainya.

Untuk penggunaannya disarankan jangan terlalu sering ya, cukup sesekali aja. Apalagi kalau kamu sedang jerawatan, tunda dulu memakainya karena tekstur scrub yang kasar dapat melukai kulitmu. Nggak mau dong jerawatmu pecah sebelum waktunya dan malah terjadi infeksi?  

5. Ruangan AC, tanpa disadari bisa menyebabkan bibir kering. Oleh karena itu, gak ada salahnya menggunakan lip balm

yah, kalau kayak gini nurut aja deh hehe hehehehehe hehe heheheheh

yah, kalau kayak gini nurut aja deh hehe hehehehehe hehe heheheheh via www.gettyimages.com

Kalau dulu kamu memilih untuk mengabaikan bibir keringmu yang pecah-pecah, saat ini coba pikirkan kembali deh. Pecah-pecah pada bibirmu itu seringkali memberikan rasa perih dan membuatmu menjadi nggak nyaman saat berbicara. Apalagi kalau bertemu orang lain (misalnya gebetan, kekasih, calon mertua, klien, dan bos) bisa mengurangi rasa percaya dirimu.

Jadi, coba yuk untuk menggunakan lip balm agar bibirmu selalu lembab. FYI, kamu bisa memilih lip balm dengan kandungan SPF 25. Kalau bibirmu terlihat mengkilat terus ada yang komentar dan kamunya masih malu-malu, jawab aja:

“Abis makan gorengan kok bro.”

6. Kalau mengatasi bibir kering memakai lip balm, untuk muka kamu bisa menggunakan pelembab wajah khusus pria

malah ngelamun ;p

malah ngelamun ;p via www.bloomberg.com

Produk perawatan khusus wajah ini memang nggak sembarangan. Kondisi kulit wajah yang berbeda dengan kulit pada bagiantubuh lainnya ini membuat hadirnya produk khusus wajah. Kehadiran pelembab ini nggak hanya untuk menampilkan kecerahan kulit muka, tapi juga menjaga kelembaban. Jadi, kekusaman pada wajah tinggal say good bye aja deh.

7. Supaya hasil cukuran di wajahmu sempurna, jangan lupa pakai krim cukur ya!

jangan lupa gunakan krim cukur biar gak luka

jangan lupa gunakan krim cukur biar gak luka via www.merdeka.com

Ketajaman pisau cukur kadang meninggalkan luka pada bagian wajah. Oleh karena itu,  kamu harus banget memakai krim cukur supaya hasil cukuranmu terlihat sempurna. ‘Kan nggak lucu kalau abis cukur malah timbul goresan luka. *aaaiiihh* ;(

8. Yang paling penting, kamu jangan malas mandi, hindari memegang wajah dengan tangan, dan biasakan mencuci tangan setelah beraktivitas

nah, hasilnya bakal begini nih hehe hehehehe hehehe hehehe via www.masaiya.biz

Dari beragam produk perawatan tubuh, ketiga hal ini nggak boleh kamu lewatkan lho. Jangan mentang-mentang udah pakai produk perawatan tapi perawatan secara alami malah nggak dilakukan ya. Kamu kebayang dong kayak gimana wajah, tubuh, dan aroma badan kalau malas mandi, sering menyentuh muka dengan tangan, dan nggak mencuci tangan sehabis pergi dari luar? Oleh karena itu, mulai perhatikan kebersihan dan kesehatan tubuh yuk!

Polusi udara yang hampir setiap saat menyentuh kulit di mana pun berada, nggak salah kalau kamu saat ini peduli dengan kondisi tubuh. Kalau nggak dibarengi dengan perawatan tubuh secara alami dan menggunakan produk perawatan, akan menyebabkan kulit kering, berjerawat, komedo, dan kusam. Kamu nggak mau dong merusak penampilanmu padahal masih bisa dibenahi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya