Ketemu mantan di acara halalbihalal? Bukan hal mustahil lo, terutama kalau kamu dan dia memang berada dalam inner circle yang sama. Maka jangan kaget kalau orang yang pernah bikin kamu nangis berkepanjangan ini bakal kamu temui setelah Lebaran.

Sudah move on atau pun belum, nggak ada salahnya bersiap siaga untuk menghadapi silaturahmi bareng mantan nanti. Bakalan awkward atau nggak, ya? Atau malah jadi terlalu sok asyik supaya terkesan semua baik-baik saja? Biar nggak salah langkah, intip tujuh kiat maaf-maafan saat ketemu mantan di acara halalbihalal berikut ini.

1. Jangan ingat-ingat lagi kesalahannya di masa lalu, momen Lebaran adalah saat yang tepat untukmu saling memaafkan

jangan samperin dia (photo by: Alexis Brown) via unsplash.com

Advertisement

Momen Lebaran memang momen yang pas untuk berdamai dengan masa lalu. Buang rasa gengsi dan perasaan apa pun yang mengganjal di benakmu. Jangan ingat-ingat lagi kesalahannya, meskipun itu yang sempat mengacaukanmu. Ingat, nggak perlu lagi perhitungan, harus ikhlas.

2. Kalau tatapan kalian saling bertemu, tunggu reaksinya. Jika dia memberi lampu hijau, berikan senyuman tipis kepadanya sembari tetap stay cool, ya!

senyum tipis saja via www.bustle.com

Berada di satu acara yang sama, mau nggak mau bikin tatapan kalian saling bertemu. Nah, tahan dulu deh buat senyum atau menyapanya. Lebih baik tunggu ekspresi wajahnya, apakah mimik mukanya mengindikasikan bahwa ia nggak masalah jika bertatap muka, balas dengan senyum tipis saja dan tetap stay cool. 

3. Kalau rupanya dia menyebelahi kamu saat makan, pasang ekspresi terkejut yang elegan

ternyata dia disebelahmu via www.pinterest.com

Momen dadakan lainnya yang mungkin bikin kamu terkejut adalah sebelahan sama dia pas mau makan. Untuk itu, usahakan kamu sudah terlatih untuk berekspresi terkejut yang nggak lebay. Kamu bisa pasang mimik wajah terkejut elegan gitu yang bikin mantan malah jadi salah tingkah sendiri berada di sebelahmu. Hehehe…

4. Muncul dengan penuh percaya diri di tengah kerumunan orang yang datang. Nanti juga ada yang nyamperin dan bilang, “Eh, apa kabar? Mohon maaf lahir batin, ya!”

tiba-tiba ada yang samperin (photo by: StockSnap) via pixabay.com

Advertisement

Asyiknya sih kamu keluarkan aura penuh kebahagiaan dan percaya diri selama di sana. Dijamin deh keberadaanmu di sana jadi bawa aura positif. Dengan pembawaanmu yang seperti itu, niscaya bakal bikin mantan nyamperin kamu dan bilang “Eh, apa kabar? Mohon maaf lahir batin, ya!”. Jadi, kamu nggak perlu susah payah bersikap seperti apa di halalbihalal.

5. Tak perlu banyak basa-basi. Kalau sudah nanggepin permohonan maafnya, langsung kabur samperin yang lain saja

langsung cabut deh via www.dramapanda.com

Kalau sudah ketemu sama mantan dan saling bermaaf-maafan, nggak perlu banyak basa-basi, cukup nanggepin say hello-nya secukupnya saja. Kalau sudah, silahkan kabur untuk samperin yang lain atau langsung pulang, ya. Jangan lupa bilang “Eh, gue ke sana ya. Dipanggil sama si X”. Biar dia sadar kalau dirinya bukan orang penting lagi dalam hidupmu, di mana saat dia pengen ngobrol harus diiyain terus :))

6. Pas lagi ngobrol sama teman tiba-tiba ada mantan. Jangan bilang “selamat Lebaran” dulu kalau dia nggak ngomong duluan

biar dia yang bilang maaf duluan (photo by: Eliott Reyna) via unsplash.com

Berada dalam inner circle yang sama bikin kalian bertemu juga dalam suatu pembicaraan. Misalnya lagi ngobrol sama teman, eh dia tiba-tiba ada juga di sana. Nggak bisa dihindari, ya? Bersikaplah seperti nggak ada apa-apa. Ikut ngobrol santai kayak yang lain saja dan ingat, jangan bilang “selamat Lebaran” duluan kalau nggak dia bilang duluan.

7. Tapi, kalau si mantan ungkit masa lalu sambil minta maaf, segera saja potong obrolannya. Cukup bilang “saya sudah maafin”, terus langsung pergi deh~

cut saja omongannya via 10mag.com

Satu hal ini wajib diantisipasi. Mentang-mentang kamu nanggepin permintaan maafnya, mantan suka otomatis ungkit masa lalumu sama dia. Kalau sudah begini, langsung potong dan sudahi saja, lantas pergi. Jangan sambil kesal, tapi tetap dengan gestur tubuh dan raut wajah yang elegan. Dengan begitu, dia tahu kalau masa lalu kalian sudah nggak berarti apa-apa bagimu 🙂

Datang ke acara halalbihalal jadi momen yang ditunggu-tunggu. Tapi, tetap bersiaplah kalau-kalau si mantan juga hadir di sana. Coba saja kiat-kiat di atas tadi, siapa tahu membantu menghadapi situasi awkward semacam ini. Selamat menyambut Lebaran, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya